Langsung ke konten utama

Tantangan Terberat Ketika Berpuasa: Naik Gunung di Alishan

 “Kalau sudah mengalami hal yang lebih berat, biasanya ketika mengalami hal yang tidak seberat itu akan lebih kuat.”

Dalam keadaan berpuasa, hal terberat yang pernah saya lakukan adalah naik gunung. Sebelumnya saya berpikir kalau sedang berpuasa lebih baik membatasi kegiatan fisik, agar tidak lapar dan haus. Jadi setiap bulan Ramadhan saya jadi lebih jarang bergerak. Salah satu aktivitas terberat waktu berpuasa adalah ketika mengikuti LMD (Latihan Mujtahid Dakwah) yang diselenggarakan oleh Masjid Salman ITB yang terdapat aktivitas hiking di daerah Cimeyan, Kabupaten Bandung. Tapi ketika LMD, proporsi bergeraknya tidak terlalu besar, lebih banyak mengikuti kelas di alam terbuka.

Ketika bulan Ramadhan tahun 2022, saya dan teman-teman beasiswa Bahasa Mandarin di Taiwan memutuskan untuk mendaki Alishan National Forest Recreation Area. Walaupun sedang berpuasa kami memutuskan untuk tetap berangkat karena jadwalnya merupakan jadwal yang cocok. Ada 8 orang yang naik bus malam langsung dari Taipei dan 3 orang yang berangkat dari Tainan. Di bulan Januari 2022 sebelumnya saya pernah jalan-jalan ke Alishan bersama teman sekelas. Ketika itu kami jalan kaki dari pagi hingga matahari terbenam. Sempat istirahat di tengah-tengah, tapi total waktu berjalan kami kurang lebih 8 jam.

Sisters' Pond di Alishan National Forest Scenic Area
Sisters' Pond di Alishan National Forest Scenic Area

Ketika berangkat kedua kalinya ke Alishan, saya agak pesimis bisa tetap kuat puasa. Awalnya kami mau mencoba berpuasa dulu. Namun jika tidak kuat saya sempat berniat akan membatalkan puasa dengan alasan musafir. Kami sarapan dan sahur di stasiun Alishan dengan temperatur 4 derajat celcius. Setelahnya langsung naik kereta ke Zhushan station dan berjalan naik kurang lebih 3 km untuk mencapai sunrise viewing spot. Setelah melihat matahari terbit, kami sempat mampir ke salah satu café untuk ikut ke toilet. Di sana saya & Mas Alfin malah ditawarkan secangkir teh hangat setelah membantu memasangkan lampu. Di momen itu saya sempat galau untuk meminum teh dari high mountain Alishan. Tapi akhirnya kami mengurungkan niat dan tidak jadi meminumnya. Teman-teman yang lain sempat heboh karena melihat kami keluar dari café dengan membawa gelas teh di tangan.

Alishan National Forest Scenic Area
Sahur di Alishan Station yang Dingin

Kami menghabiskan seharian berjalan-jalan menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar taman nasional Alishan. Sempat berhenti beberapa waktu untuk istirahat. Tapi kami terus bergerak dan berjalan. Untungnya ketika itu musim semi di Taiwan dan temperatur di puncak Alishan berkisar antara 8 – 9 derajat celcius. Kalau panas, kami pasti akan merasa sangat kehausan. Beberapa teman mengeluh lelah dan haus tapi mereka tetap semangat untuk berjalan. Saya salut sekali, dengan semangat mereka saya pun merasa tetap kuat.

Alishan National Forest Scenic Area
Masih Kuat? Masiih!!

Kami turun dari Alishan menuju Chiayi HSR station jam 16.30. Perjlanan memakan waktu sekitar 2 jam, sehingga waktu berbuka puasa datang ketika masih di bus. Tegukan air pertama yang masuk ke kerongkongan terasa amat menyegarkan. Teman-teman yang berpuasa semuanya dapat menyelesaikan puasanya dengan penuh. Dari yang awalnya sempat berpikir untuk berbuka di jalan,  alhamdulillah ketika dijalankan kami kuat tidak makan dan minum hingga berbuka.

Belajar dari pengalaman hiking di Alishan ketika sedang berpuasa, saya tidak lagi berpikir bahwa puasa harus membatasi aktivitas fisik. Bahkan olahraga ringan seperti jogging pagi pun tidak akan membuat kepalaran dan kehausan selama menjalankan ibadah puasa. Karena sudah punya pengalaman aktivitas yang berat saat sedang shaum, maka jika ada aktivitas-aktivitas fisik lainnya tidak akan terasa terlalu berat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali