Langsung ke konten utama

Belum Terlambat untuk Belajar dari Unit Kegiatan Mahasiswa

 Saat bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) biasanya teman-teman sesama anggota baru merupakan teman seumuran. Tapi ketika mendaftar Unit Kebudayaan Aceh (UKA) di kampus pada taahun 2013, saya bersama mahasiswa baru di Tahap Persiapan Bersama (TPB). Saya satu-satunya anggota baru yang bukan tingkat satu.

Unit Kebudayaan Aceh UKA ITB
Malam Keakraban UKA di Lembang. Sumber: M. Ridha Ridwan

Merasa Lebih Muda

Ada beberapa hal unik yang saya rasakan ketika menjadi ca-UKA (calon anggota UKA) pada semester V. Penerimaan anggota baru di unit ini meliputi perkenalan antar teman seangkatan, pengenalan budaya, latihan tari tradisional, kegiatan kebersamaan seperti olahraga dan nonton bersama, hingga berkenalan dengan kakak tingkat. Saya pun mengerjakan semua tugas seperti membuat buku perkenalan dan catatan latihan, berfoto dengan sesama ca-UKA 2013 dan meminta profil diri mereka, hingga mewawancari “kakak tingkat di UKA” yang sebenarnya angkatannya di bawah atau sama dengan saya.

Berkenalan dengan teman-teman tingkat awal seru juga. Mendengarkan mereka bercerita tentang aktivitas kampus seperti belajar Kalkulus, Kimia, Fisika, memulai praktikum, hingga mencari makan murah di sekitar kostan dan agenda jalan-jalan akhir pekan. Ketika sudah disibukkan di mata kuliah jurusan, saya sempat kehilangan rasa asyik ikut kuliah yang dirasakan di awal ketika masih di fakultas. Serasa ada angin segar berbincang-bincang dengan teman yang lebih muda angkatannya. Apalagi ada ca-UKA yang beraral dari fakultas yang sama, Fakultas Teknologi Industri. Saya bisa update apa yang terjadi dan membandingkan dengan pengalaman saya ketika tingkat satu dulu. Dengan Nadia, ca-UKA dari FTI ini berdiskusi tentang jurusan mana yang sebaiknya dipilih ketika tingkat dua.

Diospek sambil Mengospek

Menjadi angkatan yang tertua di ca-UKA 2013 membuat saya dipanggil dengan “Bang”. Ketika latihan dan diklat anggota, angkatan 2012 yang menjabat sebagai pengurus juga memanggil saya “Bang”. Angkatan 2012 pada waktu itu sedang mejalankan ospek jurusan. Kebetulan ada anggota UKA angkatan 2013 yang masuk Keluarga Mahasiswa Teknik Industri, himpunan jurusan yang sama dengan saya. Yudha di jurusan MRI (Manajemen Rekayasa Industri) dan Rania bergabung dengan TI (Teknik Industri) angkatan 2012. Ospek jurusan untuk angkatan 2012 dijalankan oleh angkatan 2011. Jadi ketika di UKA Yudha & Rania mendiklat saya, ketika di himpunan saya yang membina mereka berdua.

Lebih Aktif di Unit

Prioritas ketika tingkat tiga juga biasaya sudah bergeser ke himpunan jurusan atau Keluarga Mahasiswa (KM) yang merupakan bentuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) di ITB. Sedangkan saya yang memilih untuk mengikuti latihan menari rutin di unit yang baru didaftarkan. Latihan UKA biasanya dilakukan di tunnel, terowongan yang menghubungkan kampus Ganesha dengan Saraga (Sasana Olahraga Ganesha). Ketika latihan selesai jam 9 atau 10 malam, saya sering bertemu dengan teman-teman yang pulang untuk mengambil kendaraan di parkiran Saraga. Responnya pun bermacam-macam, ada yang kagum, ada yang biasa saja, ada juga yang bertanya “lho, kok masih latihan nari?”.

Beberapa teman saya juga mempertanyakan kenapa saya baru daftar unit pada tingkat tiga. Saya pun bercerita tentang terpukaunya dengan tari Saman dan ingin belajar tarian tersebut seperti yang dituliskan pada tulisan sebelumnya. Saya diingatkan kembali tentang kutipan “tidak ada kata terlambat untuk belajar”. Tidak hanya berlaku untuk konteks kembali ke sekolah atau mengambil pelatihan keterampilan, tapi juga berlaku untuk mulai belajar menari walau dengan baru mendaftar UKM saat akan lulus. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali