Langsung ke konten utama

Bagaimana Spy x Family menjadi Anime yang Paling Diantisipasi

Setelah sukses mengumpulkan rating yang cukup tinggi dari season 1 bagian pertama, anime Spy x Family akan dilanjutkan tayang bagian keduanya pada musim gugur tahun 2022. Ketika anime yang bercerita tentang keluarga unik yang terdiri dari mata-mata, pembunuh bayaran, dan pembaca pikiran ini pertama kali muncul, para penggemar dihibur dengan tingkah laku konyolnya Anya, sang mind reader. Meme yang menampilkan beragam ekspresi jenaka Anya bermunculan di berbagai platform online. Penonton anime pemula banyak yag menikmati anime ini.

Sebagai pengemar veteran, saya pun cukup menikmati menonton anime bergenre komedi ini. Tapi hanya sebatas senang saja karena sudah tahu ceritanya dari membaca manga. Dulu akhirnya menonton season 1 juga kerena terbawa hype penggemar yang lain. Biasanya kalau sudah tahu alur ceritanya dari komik, saya tidak mau menonton versi animasinya.

anime Spy X Family
Spy x Family Part II Menjadi Anime Paling Ditunggu Berdasarkan Voting dari Fan. Sumber: Anitrenz

Salah satu posting di forum 9gag menyebutkan bahwa anime yang diangkat dari manga berjudul sama karya Tatsuya Endo ini dapat memperoleh rekognisi yang tinggi dari para penggemar di seluruh dunia karena menampilkan what the world wants to see. Anime ini menggambarkan gambaran keluarga yang fungsional dalam dunia anime. Sang tokoh utama, Anya, memiliki sosok ibu dan ayah, serta menghabiskan waktu sehari-hari bersama mereka. Para fans ingin melihat tokoh utama anime berinteraksi dengan kedua orang tuanya sepanjang cerita berlangsung.

Biasanya tokoh utama dalam anime diceritakan dengan tidak memiliki orang tua yang lengkap. Misalnya Naruto sudah menjadi yatim piatu tak lama setelah lahir. Luffy dari anime One Piece, tidak dekat dengan ayah kandungnya. Bahkan sampai lebih dari 1.000 episode penonton belum tahu siapa ibu dari sang kapten kapal ini. Ichigo dalam anime Bleach hanya memiliki ayah karena ditinggal mati oleh ibunya. Orang tua pada anime biasanya tidak terlalu ditampilkan karena cerita berfokus kepada tokoh utama. Biasanya orang tua ditampilkan sebagai back story dari sang karakter.

Dalam anime Spy x Family, walaupun pernikahan dibuat berpurapura dan masing-masing anggota keluarga memiliki rahasia masing-masing, tapi sosok keluarga Forger digambarkan sebagai sosok keluarga yang utuh. Sejalan dengan pendapat salah satu pengguna 9gag, cerita keseharian keluarga ini mungkin yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Belum lagi grafik visual yang memanjakan mata dan macam-macam ekspresi Anya yang menggemaskan, membuat anime ini cocok ditonton bersama keluarga. Tak hanya menjadi anime paling dinanti sebelum muncul di TV, ketika sudah tayang beberapa pekan Spy x Family menempati urutan teratas top anime of the week.  

anime Spy X Family
Spy X Family Part II Menjadi Anime Terbaik Musim Gugur 2022 Berdasarkan Pilihan Fan. Sumber: Anitrenz

Pelajaran yang dapat diperoleh dari suksesnya anime ini antara lain adalah dengan membuat produk yang cocok dengan pasar. Dalam pengembangan produk dan pemasaran ada istilah analisis product to market fit. Bagaimana sebuah produk yang dibuat dan nantinya akan dipasarkan bisa cocok dengan kebutuhan pasar. Dalam konteks anime Spy X Family, cerita keseharian keluarga Forger yang harmonis dapat memenuhi kebutuhan pasar penggemar anime yang menantikan cerita keluarga karakter anime yang lengkap dan harmonis.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali