Langsung ke konten utama

Terkenang Ingatan Memberikan Dukungan dari Gurauan di Manga Spy x Family

 Manga Spy x Family yang bercerita tentang kehidupan keluarga mata-mata yang masing-masing menyimpan rahasia ini bergenre komedi. Namun banyak dapat diambil pelajaran yang penuh arti. Pada chapter 28 manga karya Tatsuya Endo ini diceritakan salah satu teman sang tokoh utama yang sedang bersekolah di SD elit terancam harus berhenti sekolah karena perusaan farmasi milik keluarganya bankrut.

Teman-teman sekelasnya berusaha menghibur di hari terakhir sekolahnyau itu dengan mentraktik makan, memberikan kenang-kenangan, dan menyanyikan lagu yang rencananya akan ditampilkan di pagelaran akhir semester. Harapannya dengan melakukan hal tersebut si anak yang akan putus sekolah memiliki kenangan terakhir yang indah bersama teman sekelasnya. Walaupun ternyata terjadi kesalahpahaman tentang kebankrutan bisnis keluarganya dan sang murid bisa melanjutkan sekolah seperti biasa.

Manga Spy x Family Chapter 28
Penampilan Paduan Suara yang Dipercepat. Sumber: Manga Spy x Family

Membaca cerita tersebut saya jadi teringat momen bersama teman SMA ketika merangkul teman yang mau berhenti sekolah. Ada salah satu teman sekelas yang despresi akibat kedua orang tuanya bercerai. Dia sempat tidak masuk sekolah beberapa hari, bahkan status Friendsternya mengindikasikan ada tendensi untuk melukai diri sendiri. Oleh karena itu, kelas kami berencana memberikan dukungan moral kepadanya.

Manga Spy x Family Chapter 28
Meninggakan Sekolah dengan Memori Indah. Sumber: Manga Spy x Family

Kami membuat spanduk bertuliskan ucapan penyemangat dan kata-kata yang memotivasi teman sekelas tersebut agar mau kembali bersekolah. Saya bertugas untuk beli kain putih yang nantinya akan ditambahkan ucapan dengan menggunakan spidol papan tulis. Di toko kain di Pasar Kosambi kain yang murah dan mudah menyerap tinta tidak banyak jenisnya. Pilihan saya akhirnya jatuh pada kain kafan. Kain ini murah. Harganya Rp6.000/meter ketika itu. Dan jika ditulis dengan spidol tintanya langsung menyerap. Uang patungan dari teman sekelas saya pakai untuk membeli 10 meter kain.  Teman kelas yang lain tahu bahwa kain yang dipakai untuk menulis spanduk penyemangat adalah kain yang biasa digunakan untuk membungkus orang meninggal. Rahasia ini tentu tidak kami buka kepada si penerima ucapan.

Di sekolah kami menulis ucapan saat istirahat, di sela-sela jam pelajaran, dan setelah bel pulang dibunyikan. Karena kainnya tidak pendek, ketika anggota kelas kami menulis juga menarik perhatian teman dari kelas lain. Mereka pun ikut menyumbangkan kata-kata dukungannya. Akhirnya seluruh sekolah berkontribusi memenuhi kain ucapan yang cukup panjang ini.

Saya agak lupa bagaimana persisnya teman kami yang mau drop out ini akhirnya mau kembali ke sekolah. Tetapi saya ingat betul momen ketika kafan semangat ini dibentangkan dari atas gedung. Kelas kami terletak di lantai 3, lantai tertinggi di bangunan sekolah. Bangunan kelas kami ada di tengah sekolah yang menghadap ke taman dan dikelilingi oleh bangunan kelas lainnya. Jadi ketika kain dilemparkan dari kelas ke taman di bawah, kelas lain pun dapat menyaksikannya. Seluruh sekolah bersorak dan menyerukan dukungan kepada teman sekelas saya yang sedang berdiri di taman. Ia terlihat tersentuh namun berusaha menutupi tangis harunya. Akhirnya dia mau melanjutkan sekolah kembali dan kami bisa lulus bersama-sama.

Manga Spy x Family Chapter 28
Apa Bahasa Lainnya Air Asin yang Keluar dari Mata ya? Sumber: Manga Spy x Family

Pada masa SMA, Kesehatan mental belum terlalu digembor-gemborkan. Tapi kami sadar bahwa jika ada teman yang sedang sedih kita perlu hibur dan beri dukungan. Terlambat memberi perhatian dan kita pun akan menyesal. Kala itu juga belum ramai media social dan kami murni mengumpulkan ucapan untuk memberikan bantuan moral, bukan untuk membuat konten yang diharapkan menjadi viral. Dukungan yang kita berikan kepada teman jika diberikan dengan tulus maka akan dapat menyentuh hati sang penerima pesan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali