Langsung ke konten utama

Setiap Anime Punya Penggemarnya Sendiri, Setiap Produk Punya Pasarnya Sendiri

Anime yang memiliki rating penilaian tertinggi belum tentu disukai oleh semua orang. Anime yang bagus menurut sebagian orang bisa jadi dibilang jelek bagi sebagian orang lainnya. Tidak ada satu anime yang memuaskan banyak orang. One Piece yang merupakan salah satu anime terbaik sepanjang masa sekalipun masih memiliki haters. Penggemar bilang film terbaik karya sutradara Makoto Shinkai. Tapi bagi saya Tenki no Ko lebih berbekas di hati.

One Piece Enies Lobby Arc

Saya pribadi kurang cocok dengan beberapa anime populer yang menurut cerita banyak orang sangat fantastis. Shingeki no Kyojin adalah salah satu contohnya. Walaupun anime berjudul bahasa Inggris Attack on Titan ini memiliki kelompok fan fanatik yang terbilang besar, saya agak kurang sreg saat menonton adegan ibu si tokoh utama dimakan oleh monster titan pada episode pertama. Adik sepupu saya sangat menggemari anime Tokyo Revengers. Bagi saya alur cerita dan animasi dari kartun ini biasa saja. Konosuba digadang-gadang sebagai anime isekai terbaik, tapi saya agak sulit untuk menikmati menonton film ini karena belum menemukan pelajaran yang dapat dipetik.

Genre anime yang cocok untuk saya sepertinya slice of life. Anime yang bercerita tentang kehiduan sehari-hari seperti Barakamon, Gin no Saji, dan Natsume Yuujinchou merupakan beberapa anime yang masuk dalam top 10 anime favorit. Menonton anime adalah bentuk mencari hiburan bagi saya. Selain mendapatkan kesenangan, saya juga ingin memetic sebuah pelajaran baru dari ceritanya. Hingga saat ini, judul anime favorit saya adalah Sora Yori mo Tooi Basho, yang mengangkat kisah anak-anak SMA yang mengikuti tim ekspedisi ke kutub selatan. Tiap episodenya terdapat makna kehidupan yang dapat dijadilkan teladan.

Sora Yori mo Tooi Basho

Jika ada orang lain yang meminta rekomendasi anime untuk ditonton, saya tidak dapat sembarangan memberikan judul. Perlu tahu anime apa saja yang sudah ditonton dan dia menikmatinya. Atau kalau belum pernah melihat anime sama sekali perlu ditanya dahulu genre film favoritnya seperti apa. Tidak cocok apabila mencekokkan semua orang rekomendasi Dragon Ball, yang basis ceritanya berada di seputaran pertarungan dan perkelahian.

Dalam konteks produk atau jasa, masing-masing punya pasarnya tersendiri. Produk perawatan wajah misalnya ada yang menyasar konsumen dengan gaya dan kepercayaan tertentu seperti Wardah dengan tagline ‘kosmetik yang halal’. Operator seluler dengan jaringan terluas di Indonesia, seperti Telkomsel, belum bisa menguasai pasar sepenuhnya karena ada orang-orang yang lebih memperhatikan harga paket data yang murah dibandingkan sinyal yang kuat. Berbelanja online, ada orang yang lebih suka menelusuri Tokopedia dan Sebagian lainnya rajin berburu kode diskon di Shopee.

Agar produk dan jasa lebih efektif diterima oleh konsumen, produsen perlu mengimplementasikan konsep STP (Segmenting-Targeting-Positioning) dengan baik. Hal yang pertama dilakukan adalah membagi-bagi segmen pasar berdasarkan beberapa kriteria seperti faktor demografis, psikografis, dan demografis. Produk utilitas yang menjadi kebutuhan dasar setiap orang seperti air dan listrik sekalipun punya segmennya masing-masing. Contohnya PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Bandung memiliki konsumen di area Bandung Raya secara geografis.

Segmenting Targeting Positioning

Kemudian berdasarkan kelompok-kelompok profil pelanggan dipilih satu atau beberapa segmen yang paling potensial untuk disasar. Selanjutnya produk atau jasa perlu diposisikan dengan menggunakan jargon, harga, dan citra produk agar dapat menanamkan persepsi yang unggul di benak konsumen. Dengan menspesifikkan target pasar biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat lebih minim karena tidak menargetkan untuk memuaskan semua orang. Dalam merancang strategi penjualan juga dapat lebih fokus agar lebih tepat sasaran.

Masing-masing judul anime ditujukan kepada segmen penggemar dengan tipe kesukaan tertentu. Anime yang cocok bagi sebagian fan belum tentu dapat menjadi favorit kelomok lainnya. Produk dan jasa yang dipasarkan pun menggunakan prinsip yang sama. Agar dapat menyasar target pasar yang sesuai perlu dilakukan pembagian segmentasi, pemilihan kelompok pelanggan yang akan dilayani, dan memposisikan manfaat dan keunggulan produk di pikiran konsumen secara presisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali