Langsung ke konten utama

3 Teknik Persuasi dari Manga "Ayahku Seorang VTuber yang Imut"

 Saya tak menyangka bisa mendapatkan pelajaran teknik persuasi dari sebuah manga komedi tentang seorang remaja yang memiliki ayah seorang VTuber. VTuber, atau Virtual Tuber merupakan istilah yang diberikan bagi orang yang melakukan live stream (siaran langsung) dengan menggunakan avatar virtual. Poin humor dari manga yang berjudul Oyaji ga Bishoujo ni Natteta Hanashi (My Father Became a Cute VTube Girl) ini adalah sang ayah menyamar menjadi karakter remaja perempuan pada siaran daring tersebut. Sang ayah yang berusia remaja bisa menari dengan lincah dan menyanyi serta berperilaku imut layaknya idol yang sedang konser.

My Father Became A Cute Vtuber Girl!
Karakter Virtual Idolanya Ternyata Ayahnya Sendiri di Dunia Nyata

Chapter 6 pada manga ini mengambil latar cerita akhirnya sang ayah yang berhasil mengajak anaknya untuk ikut live stream bersama, namun awalnya si anak menolak untuk berkolaborasi untuk kedua kalinya. Sang anak merasa malu karena dia harus berperan sebagai karakter wanita juga ketika siaran langsung. Ada tiga teknik persuasi yang digunakan ayah untuk meyakinkan putra semata wayangnya untuk mau menjadi VTuber lagi.

1.      Double Bind Effect

Teknik ini biasa digunakan saat negosiasi untuk menggiring lawan bicara terhadap dua pilihan dan membuatnya memilih salah satu di antaranya. Untuk mengajak tampil kembali, sang ayah menanyakan apakah putranya mau tampil membawakan konten mengungkapkan kejujuran atau menari. Dua-duanya merupakan pilihan untuk muncul di layar, hanya beda bentuknya saja. Jika sang ayah hanya bertanya tentang apakah anaknya mau tampil atau tidak, sang anak yang pernah merasa malu pada peampilan pertamanya hampir pasti akan menjawab tidak. Tapi dengan menggunakan dua pilihan yang mengikat, lawan bicara akan cenderung memilih satu dari tawaran yang tersedua.

My Father Became A Cute Vtuber Girl!
Efek Ikatan Ganda

Untuk menghindari jawaban ‘terserah’ dari pasangan ketika ditanya mau makan apa, lebih efektif jika bertanya sedang pingin makan sate atau mie ayam. Untuk memberhentikan anak-anak yang sudah terlalu lama main, kita juga bisa memberikan pilihan. Anak bisa ditanya mau selesai main 5 atau 10 menit lagi. Kalau ditanya kapan mau berhenti main, jawabannya ya kapan-kapan. Sedangkan kalau diberikan opsi mereka cenderung akan memilih salah satu dari dua pilihan yang tersedia.

2.      Recency Effect

Trik efek kebaruan mengatakan bahwa hal yang ditawarkan lebih awal memiliki efek persuasi yang lebih besar dibandingkan hal yang ditawarkan berikutnya. Sang ayah mengatakan bahwa menjadi VTuber merupakan aktivitas yang menyenangkan, walau tampil di depan kamera memalukan. Kata menyenangkan sengaja ditaruh di depan membuat efek bujukannya lebih kuat. Si anak tidak dibuat fokus ke pengalaman yang membuat malu.

My Father Became A Cute Vtuber Girl!
Efek Kebaruan

Ketika meyakinkan kawan untuk mulai berolahraga di gym, penekanannya lebih ke manfaatnya. Kita bisa sampaikan berolahraga secara rutin dapat mencapai badan yang normal, bentuk tubuh yang ideal, serta punya lebih banyak energi. Perkara kalau baru awal angkat beban ada risiko otot terasa sakit, sebutkan belakangan. Bagian yang disebutkan pertama kali dapat lebih menarik untuk persuasi dibandingkan bagian yang disebutkan kedua atau berikutnya.

3.      Automaticity

Memberikan alasan terhadap sebuah tawaran dapat meningkatkan peluang lawan bicara untuk menerima tawaran tersebut. Apabila dilengkapi dengan pujian, efek ini dapat berlipat ganda kekuatannya. Sang ayah meyakinkan bahwa permintaan untuk tampil kembali bukan sema-mata dari dirinya seorang, tapi ada banyak penggemar lainnya yang menantikan keluarga tersebut aktif kembali. Bahkan sang ayah membuka hasil kenaikan jumlah viewers dan pendapatan yang diperoleh dari stream sebelumnya. Sang anak yang merasa butuh uang jajan tambahan akhirnya egonya tunduk dan menerima permintaan sang ayah untuk memainkan peran VTuber kembali.

My Father Became A Cute Vtuber Girl!
Otomatisitas

Seringkali saya menemui anak sekolah yang malas membawa bekal. Orang tua hanya memaksakan tanpa memberikan basis argument yang solid tentang mengapa anak perlu membungkus makanan dari rumah. Padahal dengan menjabarkan manfaat-manfaat membawa makan siang sendiri, seperti lebih sehat, bisa menghemat uang jajan untuk membeli barang kesukaan, serta mendukung perilaku ramah lingkungan, sang anak bisa lebih yakin dan akhirnya mau membawa kotak makanan dengan kesadaran sendiri.

-

Manga My Father Became a Cute VTube Girl memang menggambarkan penggunaan teknik double bind effect, recency effect, dan automaticity dengan usaha sang ayah meyakinkan anaknya memainkan peran wanita di platform siaran langsung daring kembali. Tetapi strategi-strategi persuasi tersebut juga dapat digunakan dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali