Langsung ke konten utama

Seri Seminar Kapita Selekta untuk Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa ITB

 Pada kurikulum sarjana Teknik Industri (TI) dan Manajemen Rekayasa (MR) di Institut Teknologi Bandung (ITB), terdapat beberapa mata kuliah yang menarik yang ditempatkan di semester 7. Diantaranya ada Proyek Rekayasa Interdisiplin yang membuat mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri (FTI) berkolaborasi dengan mahasiswa jurusan lain untuk menyelesaikan masalah keteknikan (engineering problem), Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi IV bagi TI dan Praktikum Manajemen Rekayasa IV bagi MR, serta Kerja Praktik dan Kapita Selekta yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja dengan magang di industri.

Pada semester ganjil ini, salah satu mata kuliah favorit saya adalah Kerja Praktik dan Kapita Selekta. Mahasiswa dapat belajar softskill yang tidak diperoleh di berkuliahan dengan bentuk ceramah di kelas saja. Banyak hal yang dapat dipelajari saat melakukan internship di berbagai industri dan bekerja pada skala perusahaan yang berbeda-beda.

Kapita Selekta TI MR ITB
Beberapa Contoh Poster Kegiatan Kapita Selekta Tahun 2022

Terdapat perbedaan pada mata kuliah ini antara Kerja Praktik (KP) ketika saya mengambilnya sebagai mahasiswa tahun 2014 dengan mata kuliah pada kurikulum baru. Kalau dahulu tidak ada pertemuan khusus untuk KP pada semester 7. Saya dan teman-teman seangkatan melakukan magang pada jeda antara semester 6 dan 7 yang durasinya bisa mencapai tiga bulan. Kegiatan yang dilakukan pada semester ganjil ini hanya menulis laporan dan kemudian mempresentasikan laporannya kepada dosen pembimbing KP di akhir semester.

Kapita Selekta TI MR ITB
Alumni Membawakan Materi dengan Menarik & Interaktif

Mulai dari pengembangan kurikulum tahun 2019, ada nilai-nilai softskill lainnya yang dititipkan pada mata kuliah ini. Mahasiswa tidak hanya melakukan pemagangan pada jeda semester saja, tetapi ada perkuliahan yang juga harus diikuti. Kelas-kelas ini diisi oleh para alumni yang berbagi mengenai pengalaman dan pekerjaannya. Pada kelas yang diberi nama Kapita Selekta (Kapsel) ini awalnya alumni bebas bercerita mengenai pengalaman berkarya di industri, membangun karir, pekerjaan di posisinya yang sekarang, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan keilmuan TI & MR. Sekarang Kapsel mulai diberikan tema khusus setiap pertemuannya. Kuliah dengan beban 1 SKS (Sistem Kredit Semester) yang dulu namanya hanya Kerja Parktik saja, sekarang ditambahkan menjadi Kerja Praktik dan Kapita Selekta.

Kapita Selekta TI MR ITB
Annisa F. Wijayanti, yang Menceritakan Pengalamannya Sebagai Alumni Awal Jurusan Manajemen Rekayasa

Alumni memberikan sharing pengalaman dengan mengacu kepada tema yang diberikan. Misalnya tentang Time Management dibawakan oleh Irsan Pawennei, alumni TI ITB angkatan 2003. Sang alumni menekankan bagaimana beliau menerapkan konsep manajemen waktu ini dalam aktivitas profesional dan personalnya sehari-hari, yang dikaitkan dengan amanah yang diembannya di tempat kerja sebagai konsultan kebijakan publik. Mariena Syamsu (TI angkatan 2002), alumni yang diundang untuk mengajarkan konsep long life learning (belajar sepanjang hayat), menyiapkan presentasi tentang learning journey serta bagaimana membangun dan memperkuat expertise dalam kapasitas beliau sebagai satu dari empat orang Industrial Hygienist di Indonesia.

Kapita Selekta TI MR ITB
Sesi Long Life Learning dari Mariena Syamsu

Selama satu semester, total ada 12 sesi Kapsel yang diselenggarakan dengan durasi masing-masing sesi selama 2 jam. Pembicaranya seluruhnya alumni jurusan TI dan MR. Sesi Kapsel diikuti oleh mahasiswa TI Ganesha, TI Cirebon, dan MR. Karena peserta yang jumlahnya lebih dari 200 orang, biasanya tempatnya di ruang aula pertemuan yang besar seperti Aula lantai 3 CRCS (Center for Research and Community Service) di kampus Ganesha. Pernah juga ada sesi Kapsel khusus untuk mahasiswa TI Cirebon yang dilangsungkan di kampus Arjawinangun dan Kapsel untuk MR yang dibawakan oleh alumni-alumni awal jurusan yang relative baru ini. Dari 12 sesi yang dilaksanakan, mahasiswa wajib hadir minimal 10 pertemuan agar nilai mata kuliah ini bisa keluar.

Kapita Selekta TI MR ITB
Penuhnya Ruang Aula CRCS saat Kapita Selekta

Berdasarkan feedback dari peserta dan pembicara, respon terhadap penyelenggaraan sesi Kapsel cukup baik. Mahasiswa mengatakan beruntung mendapatkan kesempatan belajar langsung dari alumni, membangun jaringan dengan senior yang sudah lebih dahulu terjun ke industri, hingga mendapatkan gambaran mengenai bagaimana prospek karir setelah mendapatkan gelar sarjana. Alumni pun merasa senang mendapatkan kesempatan untuk berbagi kepada mahasiswa, nostalgia mengenang kampus kembali, hingga melakukan aktualisasi diri dengan berkontribusi kepada almamater.

Kapita Selekta TI MR ITB
Keseruan Interaksi dengan Pembicara

Selain komentar positif tersebut masih ada juga kritik terhadap Kapsel, misalnya mahasiswa merasa tiga sesi dalam sehari terlalu melelahkan dan beberapa poin yang disampaikan ada yang berulang. Misalnya alumni yang bercerita tentang leadership dengan alumni yang mendapatkan tema tentang networking dan communication sama-sama membicarakan tentang etika profesional. Ada mahasiswa yang mengatakan cukup bosan mendengar hal yang sama.

Kapita Selekta TI MR ITB
Mahasiswa Pemenang Kuis yang Berfoto Bersama dengan Pembicara

Terdapat beberapa perningkatan kualitas penyelenggaraan mata kuliah Kerja Praktik dan Kapita Selekta. Salah satunya adalah menghadirkan alumni untuk berbagi pengalaman yang bertujuan untuk menanamkan softskill kepada mahasiswa. Respon yang diberikan terhadap penyelenggaraan kuliah ini cukup baik dari kedua pihak: mahasiswa sebagai penerima materi dan alumni sebagai pemantik diskusi. Namun masih ada bebera hal yang bisa menjadi masukan untuk program studi agar terus memperbaiki penyelenggaraan kuliahnya agar semakin baik setiap tahunnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali