Langsung ke konten utama

Bahan Kain Seersucker yang Nyaman untuk Daerah Tropis

Baru-baru ini saya dikenalkan oleh kakak kepada sebuah kain bernama seer sucker. Jenis kain ini dibuat dari katun dengan motif strip selang-seling. Ketika diraba, akan terasa tekstur timbul dari pola stipnya. Material yang ringan, kuat, dan nyaman dikenakan membuat kain jenis ini biasa digunakan sebagai bahan membuat baju jas, kemeja, gaun, atau jubah musim panas di negara sub tropis. Kain dengan pola warna biru-putih ini cocok juga dikenakan untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Sayangnya kain yang namanya diadopsi dari bahasa Persia shir-o-shakhar yang berarti susu dan gula ini cukup sulit ditemukan di Indonesia. Jarang ada toko tekstil yang punya persediaan kain ini. Berkeliling ke cukup banyak penyedia bahan kain di Kota Bandung, tak satupun menjual bahan jenis ini. Mayoritas pelayan toko pun kurang familiar ketika disebutkan nama bahan ini. 

Ketika mencari di online marketplace, hanya ada satu penjual yang memajang stok kain yang diperkenalkan tahun 1907 di New Orleans ini dalam etalasenya. Namun ketika saya memesan bahannya, kebetulan warna strip biru dan putih sedang kosong. Rencana ingin menjahit blazer terpaksa harus ditunda karena penjual belum bisa mengonfirmasi kapan akan stok warna ini tersedia kembali.

Kebetulan saya tidak sengaja berkunjung ke salah satu factory outlet di Bandung yang menyediakan pakaian second. Di antara beragam baju preloved ini ada sebuah jas dan beberapa setel celana yang menggunakan bahan yang cocok digunakan di iklim yang panas dan lembab ini. Ketika merabanya, momen tersebut adalah pertama kali saya merasakan nyamannya mengenakan pakaian berbahan seersucker.

Walaupun sudah dikenakan orang lain, kualitas setelan jas dan celananya cukup baik. Tidak ada noda yang terlihat signifikan pada permukaanya. Kekurangannya hanya terdapat sedikit bagian yang benangnya lepas pada jas. Jas hanya tersedia ukuran XXL, dan celana tersedia ukuran 32, 35, dan 40. Biasanya saya menggunakan ukuran kombinasi atasan XL dan celana dengan lingkar pinggang 38. Ukuran yang besar sebenarnya masih dapat dikecilkan.

Biaya untuk mengecilkan jas sekitar Rp700.000, dan harga setelah atas seersucker di toko tersebut Rp280.000. Kalau ditotal menjadi Rp950.000. Jika beli kain, untuk menjahit blazer dibutuhan bahan sepanjang 3 meter, dengan harga per meter Rp50.000. Penjahit langganan saya mematok harga Rp750.000 untuk pengerjaan atasan jas. Beli bahan dan ongkos jasanya menjadi Rp900.000.

Saya sempat galau apakah membeli atau tidaknya baju tangan kedua ini. Akhirnya setelah berkonsultasi dengan kakak via telepon, saya memutuskan untuk menunda keputusan untuk membawa pulang barang tersebut. Lagipula kakak menyakinkan awal tahun biasanya penjual kain akan melakukan restock. Lebih baik beli kain baru dan menjahitnya menjadi setelah jas, daripada membeli pakaian bekas kemudian dikecilkan dengan biaya yang kemungkinan lebih tinggi namun hasil yang kurang maksimal.

Bahan jenis seersucker yang diperkenalkan di Amerika cocok untuk digunakan untuk bahan pakaian di cuaca yang cenderung panas dan lembab dan membuat penggunanya berkeringat. Kain yang bahannya ringat, memiliki durabilitas yang tinggi, dan nyaman saat dikenakan ini cocok untuk digunakan di daerah yang dekat dengan khatulistiwa seperti di Indonesia. Namun sayangnya penjual lokal yang memiliki stok bahan jenis ini masih sangat terbatas. Jika pembaca menemukaannya, seersucker bisa menjadi alternatif bahan untuk menjahit pakaian yang adem dan modis. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali