Langsung ke konten utama

Kemampuan Berinteraksi dengan Orang Tua

Beberapa orang merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang tua. Ada yang merasa canggung, hingga ketakutan saat hendak memulai obrolan dengan orang yang lebih senior. Padahal jika kita memiliki kemampuan untuk berinteraksi secara luas dengan orang yang sudah sepuh, banyak kebaikan yang bisa diperoleh.

Mendadak Dapat Warisan Rumah

Manga berjudul Hirayasumi bercerita tentang Hiro, seorang pria berusia 29 tahun, yang menjalani hidup dengan sesuka hatinya dan bagaimana ia berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya yang sedang berjuang dengan hidup mereka. Hiro adalah seorang pemuda dari kampung yang memiliki impian untuk menjadi aktris. Setelah lulus sekolah ia memutuskan untuk mengadu nasib ke Tokyo. Setelah bermain di beberapa film layar lebar, ia menyadari bahwa beradu akting bukan keinginan besarnya. Akhirnya ia memutukan untuk hidup sederhana dan bekerja di sebuah kolam pemancingan di ibukota.

Tokoh Hiro digambarkan memiliki kelebihan mudah bergaul dengan orang yang lebih tua. Ia dapat cepat akrab dengan nenek-nenek yang ditemuinya di pasar. Ia juga dikenal ramah oleh para ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya. Tetapi ia memiliki kekurangan tiba-tiba menjadi gugup jika yang diajak mengobrol adalah perempuan muda yang sesuai dengan tipe wanita ideal bagi Hiro.

Hirayasumi

Pemuda yang tidak segan berinteraksi dengan sepuh ini diceritakan dekat dengan seorang nenek yang tingggal sendirian di rumah sederhananya di jantung kota Tokyo. Nenek yang sudah berusia 83 tahun ini biasanya hidup hemat, tetapi ia rutin memasak makan malam untuk Hiro yang merupakan orang asing baginya setiap hari Senin dan Kamis. Hingga akhirnya sebelum wafat sang nenek yang tidak pernah menikah ini menulis surat wasiat yang menyatakan bahwa ia mewariskan rumah tuanya kepada Hiro.

Membaca bab pada manga bergenre slice of life ini mengingatkan kembali tentang kemampuan untuk mengobrol dengan orang tua. Keterampilan ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk membiasakan diri agar dapat akrab dengan orang yang lebih tua memiliki tantangan tersendiri. Misalnya kita yang sudah takut duluan ketika mau berbicara dengan orang yang sudah lanjut usia. Di sisi lain banyak juga remaja yang sudah meremehkan di awal karena sang orang tua sudah terlalu sering mengulang cerita yang sama.

Hirayasumi

Intinya Lebih Banyak Mendengarkan

Kunci untuk berdialog dengan orang tua adalah membuka hati untuk mendengarkan. Kebanyakan para orang tua membutuhkan diri kita untuk hadir menyimak cerita-cerita mereka. Malahan ketika mereka menuturkan kisah hidupnya, kita tidak perlu menyiapkan apa-apa dan cukup menjadi mendengar yang baik. Dari pengalaman-pengalaman para senior kita bisa belajar banyak dan mengambil kearifan hidup.

Saya mendapatkan banyak cerita menarik dari mendengarkan seorang dosen senior dari jurusan Teknik Industri (TI) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kala itu sedang ada kegitan perayaan ulang tahun dan peluncuran buku untuk persembahan kepada Prof. Matthias Aroef, pendiri keilmuan Teknik Industri di Indonesia. Acara berlangsung di Jakarta. Saya dan panitia yang lain berangkat dari Bandung. Dalam perjalanan pulang setelah acara selesai, saya ikut dalam mobil travel yang sama dengan Prof. Frans Mardi Hartanto, salah satu dosen yang juga merintis jurusan Teknik Industri bersama Pak Matthias. Selama waktu tempuh antar kota, beliau banyak menceritakan tentang sejarah dibentuknya jurusan TI dan perjuangan dalam merintisnya. Ternyata untuk mendapatkan persetujuan pembukaan jurusan TI di ITB mendapatkan banyak pertentangan di awal karena banyak pihak yang mengira jurusan dengan bobot manajemen yang cukup banyak ini lebih cocok jika dibuka di fakultas ekonomi kampus lain.

Ketika saya kuliah S1, Pak Mardi sudah purnabakti sehingga saya tidak sempat diajar oleh beliau. Informasi yang beliau paparkan kebanyakan baru saya dengar. Menyimak cerita lika-liku membangun TI di ITB dan Indonesia ini semakin memperkaya perspektif terhadap akar keilmuan ini dan potensi perkembangan di masa depan. Biasanya kalau menjadi penumpang saya lebih sering menghabiskan waktu dengan tidur. Tapi kali itu saya banyak mendapat pengetahuan baru.

Kemampuan untuk dapat akrab dan berdialog dengan orang yang lebih tua menurut saya merupakan suatu keterampilan yang baik untuk dimiliki. Tidak semua orang terlahir dengan kemampuan ini secara alami. Tapi seperti kemampuan komunikasi lainnya, kecakapan ini dapat dipelajari. Dengan menjaga komunikasi yang baik dengan para senior kita bisa mendapatkan beragam pelajaran dari pengalaman hidup mereka yang sudah lebih banyak. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali