Langsung ke konten utama

Meningkatkan Daya Tarik Tujuan Wisata

 Darmawisata merupakan hal yang umum dilakukan oleh pelajar selain aktivitas hariannya menuntut ilmu di kelas. Kegiatan ini dapat memperkaya wawasan para murid tentang kebudayaan, adat, dan lingkungan yang berbeda dengan yang biasa ditemui sehari-hari. Selain manfaat-manfaat tersebut, acara ini juga dapat menjadi sarana penyegaran di tengah kepenatan tuntutan akademik.

Destinasi tujuan karyawisata bisa beragam di tiap sekolah. Ada yang memilih destinasi di dalam negeri. Sebagian sekolah ada juga yang mengajak siswa-siswinya ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Untuk destinasi domestik, tiga daerah yang populer menjadi pilihan untuk tempat kunjungan belajar adalah Kota Bandung, Yogyakarta dan Bali. Di bangku SMA, sekolah saya mengadakan tur budaya ke Bali. Ketika kuliah, himpunan mahasiswa kami pun mengadakan kuliah kerja dengan destinasi pulau dewata.

Dalam cerita anime dan manga, sering diceritakan pelajar di sekolah-sekolah yang tersebar di Jepang mengunjungi Kyoto untuk melakukan study tour. Misalnya ada sebuah arc di manga Mahou Sensei Negima! yang menceritakan murid-murid kelas 3 SMP pada salah satu sekolah swasta berwisata ke Kyoto dengan menggunakan kereta cepat dari Tokyo. Pada chapter 29 diperlihatkan anggota kelas yang kebetulan perempuan semua ini tampak antusias mengunjungi destinasi-destinasi utama di ibu kota barat (western capital) ini seperti Kuil Kiyomizu dan hutan bambu Arashiyama.

Mahou Sensei Negima! Kyoto
Anggota Kelas 3A Berpose di Salah Satu Kuil Suci di Kyoto, Kiyomizudera Temple

Beberapa alasan kenapa banyak pelajar yang berkunjung ke Kyoto di antaranya karena di ibu kota Jepang yang lama ini masih banyak terdapat bangunan bersejarah. Kota yang memiliki sebutan city of flowers ini juga masih kental dengan budaya tradisionalnya. Festival Daimonji (menjalakan api berbentuk karakter kanji di gunung) pada musim panas serta Gion Matsuri (festival di distrik yang terkenal dengan geisha–seniman penghibur tradisional) masih rutin diselenggarakan setiap musim panas. Kuliner khas Kyoto juga beragam dan semuanya memanjakan indra pengecap. Misalnya inari sushi, nasi yang dikepal dan dibungkus kulit tahu, merupakan makanan yang banyak dicari ketika perkunjung ke kota ini.

Berdasarkan destinasi yang umum dikunjungi di Indonesia dan di Jepang, ada satu benang merah yang dapat ditarik. Kota-kota tersebut digemari pengunjung karena memiliki unsur budaya yang unik. Budaya terdiri dari beragam hal, mulai dari seni musik, tari, makanan, pakaian, hingga bahasa. Tujuan sekolah mengizinkan murid-muridnya untuk liburan sambil belajar, salah satunya adalah agar para siswa mendapatkan perspektif yang lebih terbuka. Dengan melihat dan merasakan hal yang baru harapannya siswa dapat lebih kreatif, adaptif terhadap perubahan, dan rasa toleransinya meningkat.   

Jalan Malioboro Jogjakarta
Jalan Malioboro, Sentra Penjualan Batik yang Menjadi Ikon Wisata Yogyakarta (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sebagai kota yang sudah menjadi tujuan wisata, pemerintah daerah dan warganya perlu sadar untuk mempertahankan apa yang sudah ada, seperti mendaftarkan bangunan bersejarah menjadi cagar budaya dan mengelola dengan baik kawasan pariwisata. Untuk daerah yang belum terlalu sering dikunjungi pelajar untuk berdarmawisata, strategi yang dapat dilakukan diantarnya dengan lebih menonjolkan nilai kebudayaan dan tradisionalisme. Tempat wisata yang masih terbengkalai perlu dipugar. Usaha kecil dapat lebih didorong untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi barang dan jasa lokal. Dengan begitu daya tarik kota atau daerah sebagai tujuan karyawisata dapat semakin meningkat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali