Langsung ke konten utama

Berkenalan Lebih Dekat dengan Jurusan-Jurusan di Fakultas Teknologi Industri ITB

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), mahasiswa tidak langsung masuk jurusan seperti pada perguruan tinggi kebanyakan. Mahasiswa pada tahun pertama masuk ke dalam fakultas terlebih dahulu dan menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB). Ketika naik tingkat dua barulah mahasiswa masuk ke salah satu dari jurusan yang ada di bawah fakultas atau sekolah.

Fakultas Teknologi Industri (FTI) di kampus Ganesha menaungi memiliki empat jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, dan Manajemen Rekayasa. Sebelum pengumuman masuk jurusan akan ada seleksi kembali karena biasanya ada jurusan-jurusan yang peminatnya melebihi kapasitas. Misalnya Teknik Industri yang kapasitasnya 100 orang, kalau peminatnya ada 150 perlu diseleksi berdasarkan beberapa kriteria. Salah satu kriterianya adalah minat masuk jurusan. Di tahun pertama, mahasiswa akan diminta mengisi kuesioner peminatan jurusan sebanyak tiga kali. Dan biasanya jika konsisten mengisi pilihan jurusan yang sama dari setiap kuesioner maka peluang masuknya lebih besar karena membuktikan memang minatnya pada jurusan tersebut.

Selama menjalani masa TPB, FTI mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk mengenal lebih jauh jurusan dingin dimasuki. Salah satunya fakultas mengadakan kegiatan pengenalan jurusan yang dibagi menjadi tiga tahap. Pengenalan jurusan tahap 1 mengundang para ketua prodi untuk bercerita mengenai akreditasi, struktur kurikulum, kegiatan akademik, dosen, dan kerja sama dengan perusahaan atau universitas lain. Selain itu diceritakan juga mengenai prestasi mahasiswa, peluang karir, hingga profil alumni.

Tahap berikutnya mengundang alumni-alumni untuk lebih menceritakan bagaimana gambaran karir dari lulusan masing-masing jurusan dan bagaimana ilmu yang dipelajari selama menempuh studi dapat bermanfaat dalam karir. Pengenalan tahap kedua ini dikemas dalam acara yang bernama FTI Motivation Day, karena alumni secara tidak langsung juga memberikan motivasi bagi mahasiswa karena melihat sosok yang menjadi role model.

Pengenalan tahap terakhir ditutup dengan mengunjungi fasilitas dan laboratorium penelitian dan pengajaran yang ada pada masing-masing jurusan. Tahap ini dikenal juga dengan sebuatan tur lab. Banyak kasus mahasiswa yang galau memilih jurusan akibat melihat-lihat fasilitas yang canggih pada jurusan tertentu. Di angkatan saya misalnya ada beberapa orang yang agak kecewa melihat laboratorium di jurusan Teknik Industri yang hanya komputer saja dan laboratorium di jurusan Manajemen Rekayasa yang hanya ada meja untuk diskusi saja. Mereka antusias melihat sound chamber dan climate chamber di Teknik Fisika dan laboratorium yang terasa beneran karena masuknya harus pakai jas lab dan alat pengaman diri di Teknik Kimia.

Pada tahun ajaran 2022/2023 ini kegiatan pengenalan program studi yang pertama berlangsung pada hari Jumat, 30 September 2023 di ruang multifungsi lantai 3 gedung CRCS kampus Ganesha. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Pak Brian Yuliarto yang sekarang sedang menjabat menjadi Dekan FTI ITB. Kemudian mahasiswa mendengarkan pemaparan tentang akademik yang dibawakan dengan jenaka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Pak Yogi Wibisoni Budhi.

Penjelasan masing-masing kaprodi memiliki gayanya masing-masing. Pak Hary Devianto, yang merupakan Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Kimia dengan santai “menakuti-nakuti” mahasiswa dengan kegiatan dan program yang ada di Teknik Kimia. Misalnya ada praktikum yang dikerjakan selama dua hari berturut-turut dan mengumpulkan laporan keesokan harinya. Selain itu ada juga ujian komprehensif selama 8 jam yang membahas semua mata pelajaran dari awal masuk jurusan hingga menjelang kelulusan. Tapi meskipun demikian Teknik Kimia merupakan jurusan penyumbang lulusan dengan predikat Cum laude terbanyak di fakultas. Dan beragam lab proses kimia yang canggih pun banyak yang merupakan bentuk apresiasi dari para alumni.

Penjelasan jurusan Teknik Kimia disampaikan oleh Bu Estiyanti Ekawati, yang juga merupakan Kaprodi. Bu Esti memulai penjelasan dengan konsep engineering physics. Bagaimana engineering physics berbeda dengan fisika murni dan fisika terapan. Selain itu beliau juga menceritakan bagaimana perkembangan keilmuan Teknik Fisika di negara maju dan universitas terkemuka dunia. Penjelasan diperkaya dengan salah satu contoh aplikasi keilmuan Teknik Fisika pada aplikasi teknologi di dunia nyata. Konten presentasi lainnya yang menurut saya efektif adalah menampilkan sampel alumni muda yang sudah mencapai posisi yang tinggi di perusahaannya dengan bidang yang relevan.

Pengenalan profil jurusan Teknik Industri kali ini unik dan berbeda dari biasanya. Di awal, Bu Hasrini Sari sang ketua jurusan, bilang tanpa beliau promosi pun jurusan Teknik Industri sudah banyak peminatnya. Jadi beliau hanya fokus menyampaikan 10 kelebihan jika mahasiswa masuk jurusan ini. Kelebihan yang disampaikan pun menyeluruh mulai dari keilmuannya yang mempelajari beragam disiplin ilmu, termasuk mempertimbangkan faktor manusia, relevansi dengan prosek lima tahun ke depan, struktur kurikulum yang menyesuaikan dengan perubahan, staf pengajar yang kompeten, hingga profil alumni yang dapat bekerja di beragam sektor industri.

Terakhir, sebagai jurusan yang paling baru di FTI Ganesha, jurusan Manajemen Rekayasa dikenalkan lebih lanjut oleh Bu Made Andriani. Pengenalan kali ini ditekankan tentang apa perbedaan jurusan Manajemen Rekayasa dan Teknik Industri. Hal ini adalah pertanyaan sejuta umat yang sering sekali ditanyakan. Manajemen Rekayasa merupakan anak dari jurusan Teknik Industri yang akhirnya berdiri terpisah karena bidang kajiannya yang sudah terlalu luas. Tidak lupa dikenalkan jalur konsentrasi proses kimia dan manufaktur, yang memberikan kesempatan mahasiswa Manajemen Rekayasa untuk mengambil mata kuliah dari Teknik Kimia dan Teknik Mesin untuk memperdalam konsep pengembangan produknya.

Penjelasan dari Kaprodi Manajemen Reyakasa sudah cukup menggambarkan profil jurusan. Tapi berdasarkan diskusi dengan beliau, kami masih perlu menemukan sebuah penjelasan singkat namun bisa langsung tepat sasaran. Penjelasan ini diharapkan dapat langsung membuat orang ngeh “ooh ini toh Manajemen rekayasa”. Ini masih menjadi pekerjaan rumah saya sebagai salah satu alumni jurusan ini.

Fakultas memberikan gambaran awal mengenai apa yang akan dipelajari ketika sudah masuk jurusan dan bagaimana kira-kira peluang kerja yang terbuka setelah memegang ijazah dari jurusan yang dipilih. Selain kegiatan yang selenggarakan fakultas, mahasiswa juga masih bisa mendapakan eksposure tentang jurusan dari kakak kelas di Unit Kegiatan Mahasiswa, melihat kegiatan yang diadakan oleh himpunan jurusan, membaca blog pengalaman kuliah, dan sumber-sumber lainnya. Semoga dengan satu tahun ekstra yang didapatkan untuk memilih jurusan, mahasiswa dapat masuk ke jurusan terbaik yang dapat memaksimalkan minat, bakat, dan potesinya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali