Langsung ke konten utama

Inspirasi Ramalan Teknologi dari Anime Sword Art Online

Bayangkan jika bermain online game pengalamannya sama dengan bermain di dunia nyata. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa merasakan masuk ke dalam alam fantasi secara virtual. Tidak hanya melihat, tapi juga mencium aroma rumput di sekitarmu, merasakan manis, asin dan pedasnya sebuah masakan, mendengar suara gemerisik daun, hingga menggengam senjata kesukaan di dunia yang tak nyata tersebut. Mimpi ini terkesan tak realistis. Tapi kenyataannya teknologi ini tidak hanya isapan jempol belaka.

Menyelam Menjadi Karakter Andalan di Gim Sword Art Online

NerveGear merupakan alat permainan yang memungkinkan seseorang dapat merasakan sepenuhnya masuk ke dalam dunia digital (full dive). Alat ini menggunakan teknologi Virtual Reality yang mengendalikan kesadaran pemakai dengan mengarahkan sinyal-sinyal dari otak kepada tubuh dan mengirimkan gelombang mikro elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk menstimulasi kelima panca indera. Dengan mengenakan NerveGear, pengguna dapat merasakan seolah-olah berada di dalam dunia gim. Beberapa game yang kompatibel dengan alat ini antara lain gim bertipe puzzle, permainan lingkungan, serta permainan berbasis pendidikan.

NerveGear Sword Art Online
NerveGear yang Berbentuk Helm

Setelah NerveGear diproduksi masal dan diadopsi oleh banyak penggemar di seluruh dunia, salah satu online game yang paling mendapatkan ketertarikan paling tinggi adalah Sword Art Online. Game yang berjenis MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) ini diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2022. Pemain dapat memilih satu buah avatar sebagai model dalam permainan yang berlatar era abad pertengahan. Game RPG (Role-Playing Game) yang melibatkan unsur fantasi seperti sihir, naga, dan monster ini menantang pemain untuk dapat menaiki kastil Aincrad yang terdiri dari 100 lantai.

Sword Art Online Anime 2012
31 Oktober 2022, Gim Sword Art Online Dipublikasikan di Seluruh Dunia

Untuk dapat berprogres ke lantai berikutnya, terlebih dahulu pemain harus menaikkan level dan mengalahkan bos musuh.  Di awal peluncurannya 10.000 pemain dijebak sehingga tidak dapat log out dari gim dan kesadarannya tak dapat kembali ke dunia nyata. Sang pengembang game memberikan pengumuman kepada seluruh pemain untuk menaklukkan seluruh lantai di benteng terbang Aincrad agar mereka dapat keluar dari permainan.

Sword Art Online Anime 2012
Jendela Menu yang Dapat Muncul di Udara Secara Virtual

Premis cerita tadi merupakan kisah dari anime berjudul Sword Art Online. Anime yang mengadaptasi light novel berjudul sama ini tayang pada bulan Juli tahun 2012. Pada cerita disebutkan tanggal diluncurkannya game Sword Art Online adalah pada tahun 2022. Hal ini menarik karena seolah mereka dapat memprediksi teknologi di masa depan.

Peramalan Teknologi untuk Keunggulan Bersaing

Perkembangan teknologi hari ini sudah mulai mengarah ke model dunia digial. Terlebih dengan didukung oleh teknologi virtual reality dan augmented reality yang semakin canggih, bukan tidak mungkin alat seperti NerveGear pada cerita yang dapat memindahkan kedasaran dan merangsang seluruh panca indera dapat ditemukan.

Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi global, secara rutin mengeluarkan trend perkembangan teknologi yang digambarkan dalam diagram Hype Cycle for Emerging Technology. Para perusahaan berbasis teknologi yang ingin memiliki keunggulan bersaing akan berlomba-lomba berinvestasi pada teknologi baru yang diprediksi akan naik penggunannya. Teknologi yang sudah memasuki fase turun dalam siklus hidupnya biasanya tidak menjadi prioritas.

Gartner Technology Hype Cycle 2022
Siklus Tren Teknologi Menurut Gartner. Sumber: Gartner

Pada tahun 2022, salah satu teknologi kritis untuk mendukung pengalaman masuk ke dunia digital yang sedang muncul adalah metaverse. Menurut (Perry, 2022), metaverse adalah ruang bersama virtual 3D kolektif, yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik dan digital yang terus disempurnakan. Sekarang teknologi ini masih terbatas dan belum banyak pengguna yang mengadopsinya. Tetapi dengan melihat visi para pengembangnya, akan sangat memungkinkan bagi manusia untuk dapat memiliki karakter lain dan berintraksi dengan sesama di dunia digital seperti berkomunikasi secara fisik di dunia nyata.

Prediksi Gartner menyebutkan bahwa puncak teknologi metaverse akan dicapai dalam waktu 10 tahun ke depan. Walaupun sekarang metaverse masih berupa lingkungan berbentuk kotak-kotak yang terasa seperti kartun dan baru indera penglihatan dan pendengaran yang dirangsang menggunakan kaca mata virtual reality, ke depannya teknologi masih terus berkembang. Bukan tidak mungkin alat NerveGear dan gim virtual seperti Sword Art Online dapat diproduksi dan dimainkan secara luas.  

Menonton anime Sword Art Online atau anime science fiction lainnya mengingatkan kembali tentang mengikuti perkembangan teknologi. Beberapa perusahaan sudah melakukan prediksi tren teknologi, seperti Gartner. Jika perusahaan dan pelaku usaha, terutama di bidang teknologi, ingin meraih keunggulan bersaing di pasar, mereka perlu mengadaptasi teknologi terbaru yang sedang berkembang. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan publikasi riset yang sudah dilakukan oleh perusahaan peramal teknologi untuk menjadi pertimbangan dalam implementasi teknologi baru secara internal.

 

Referensi

Perry, L. (2022, Agustus 10). What’s New in the 2022 Gartner Hype Cycle for Emerging Technologies. Disadur dari Gartner: https://www.gartner.com/en/articles/what-s-new-in-the-2022-gartner-hype-cycle-for-emerging-technologies

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali