Langsung ke konten utama

Cerita Kelam Fan Made Pokemon Game

Main series Pokemon game yang dikeluarkan oleh developer Gamefreak, tidak dapat memenuhi kepuasan seluruh pemainnya. Game yang ditujukan untuk anak-anak ini biasanya memiliki cerita yang ringan dan mudah dipahami. Premis ceritanya tidak jauh dari seorang anak kecil yang bertualang dengan Pokemon untuk mengalahkan beberapa gym leader, membantu menghentikan tim antagonis menjalankan rencana jahat mereka, hingga mengalahkan trainer terkuat untuk menjadi Pokemon champion. Rencana dari tim jahat (evil team) pun sebenarnya tidak jahat-jahat amat, misalnya ada perusahaan yang ingin membiarkan Pokemon hidup bebas dan kemudian merayu para Pokemon trainer untuk melepaskan Pokemon miliknya. Sayangnya cerita yang biasa ini terkadang menimbulkan ketidakpuasan dari kalangan penggemar tertentu.

Saat pertama kali memainkan game Pokemon ketika kecil, saya anggap ceritanya seru dan permainannya asyik. Tetapi ketika sudah dewasa dan masih memainkan Pokemon, saya setuju dengan pendapat beberapa orang yang mengatakan bahwa game Pokemon butuh menambahkan unsur cerita yang lebih berat untuk fans yang bukan anak kecil lagi. Jika biasanya evil team terkesan seperti kelompok lawak, maka bisa dibuat lebih kejam dan tujuannya lebih serius. Misalnya dengan membuat mereka benar-benar menanamkan teror pada masyarakat dan menggunakan Pokemon untuk mendukung tindakan kriminalnya.

Di dunia Pokemon sendiri, jika ceritanya lebih realistis kehidupan akan lebih mengerikan. Bayangkan seorang anak kecil memelihara tikus yang dapat mengeluarkan listrik dengan daya 100.000 volt. Atau pikirkan jika setiap orang bisa memelihara dengan bebas naga yang bisa menyemburkan api. Bisa jadi pemadam kebakaran tak hentinya bertugas memadamkan gedung yang terbakar akibat ketidaksengajaan. Bahkan dalam pertarungan Pokemon, ada move (jurus) yang bisa mendatangkan bencana, misalnya earthquake, yang menguncang bumi dan bisa menimbulkan kerusakan untuk bangunan-bangunan di sekitarnya.

Charizard Flamethrower
Pokemon Naga Bernafas Api

Selain kekuatan Pokemon yang berbahaya jika salah penggunannya, menurut entry Pokedex (ensiklopedia tentang Pokemon) banyak juga Pokemon yang memiliki kebiasaan yang menyeramkan. Salah satunya adalah Drowsee, pokemon tapir yang senang menghipnotis korbannya untuk kemudian “memakan” mimpinya. Korban yang sudah tertidur karena hipnotis tidak akan dapat bangun, hingga akhirnya mati.

Banyak fans Pokemon yang kurang puas dari game yang di-release oleh developer resmi kemudian membuat game dengan versinya masing-masing. Permainan yang dikembangkan secara tidak resmi ini biasanya ketika sudah jadi publik dapat menikmatinya secara cuma-cuma. Karena fans yang membuat game tidak perlu mengikuti aturan-aturan khusus, seperti menggunakan bahasa yang sederhana dan alur cerita yang ringan untuk ditujukan kepada anak-anak, maka gim buatan penggemar ini bisa berkreasi sesuka hati. Mereka bisa membuat permainan Pokemon yang ceritanya mengikuti lore yang ada, bahkan alurnya dibuat kelam.

Salah satu gim buatan Pokemon dengan alur cerita yang lebih dewasa adalah Pokemon Reborn. Game ini pertama kali diluncurkan tahun 2012 dan secara berkala diterbitkan dalam 19 episode yang akhirnya selesai pada tahun 2022. Premis ceritanya adalah kita sebagai protagonist datang ke sebuah kota yang bernama Reborn City. Namun ada tim jahat, yakni team Meteor, yang sedang merusak kota tersebut. Kita diminta tolong oleh sang champion dari region ini untuk membantu mengalahkan antagonisnya.

Pokemon Reborn
Disclaimer di Awal Bahwa Konten Permainan Belum Tentu Cocok untuk Semua Orang

Alur cerita saat memainkan game ini cukup suram. Evil team yang menjadi lawan tokoh utama benar-benar jahat dan melakukan aksi terorisme. Saat pertama datang ke Reborn City menggunakan kereta, ternyata kereta pemain sudah dipasangi bom yang dibuat meledak saat sampai ke stasiun. Untungnya tokoh utama dan champion yang sama-sama menaiki kereta selamat. Namun banyak orang malang yang harus merenggang nyawa dari teror tersebut. Tak lama setelah kejadian tersebut mereka membuat gangguan lagi dengan menggunakan Pokemon yang dimodifikasi hingga membuat kota hancur. Dalan serangan tersebut, tak terhitung jumlahnya korban jiwa yang tak bersalah. Ketika bos team meteor menantang salah satu gym leader dan berhasil mengalahkannya, menggunakan Pokemonnya ia menebas tubuh gym leader tersebut hingga terbelah menjadi dua bagian.

Bagian kesadisan dalam cerita yang paling mengagetkan untuk saya adalah ketika Devon corp. raid (penyerangan kepada perusahaan Devon). Alkisah setelah dilakukan penyelidikan, ditemukan bahwa markas team meteor tersembunyi di basement salah satu gedung milik perusahaan Devon. Karakter kita bersama champion (Pokemon trainer terkuat di region tersebut) dan beberapa orang gym leader berencana untuk melakukan penyerangan terhadap bangunan yang dimaksud dengan tujuan menggempur langsung markas musuh. Ternyata yang ditemui karakter kita bersama teman-teman lainnya adalah jebakan.

Team meteor sudah mengantisipasi kedatangan kita. Mereka mengangkan dan memenjarakan para penyusup yang masuk. Kemudian mereka memaksa tim kita saling bertempur satu sama lain dalam pertaruan satu lawan satu. Karakter yang menang dapat lanjut ke lantai berikutnya untuk kemudian sampai ke jantung inti markas musuh ini. Mekanik game mewajibkan pemain untuk menaklukkan lawan yang merupakan kawan sendiri. Total ada tiga buah pertarungan yang harus dijuarai. Setelah menang pemain dapat keluar dari kurungan dan melanjutkan perjalanan.

Pokemon Reborn Devon Corp Raid
Terpaksa Harus Melawan Teman Sendiri

Tetapi takdir yang menimpa kawan kita yang kalah cukup mengkhawatirkan. Rekan yang pertama kita kalahkan dihukum sengan setruman listrik dengan voltase yang sangat tinggi di kerangkengnya hingga pingsan dan kejang. Kawan kedua yang kalah melawan kita teralis besinya dipanaskan hingga kulitnya mengalami luka bakar. Hukuman yang menanti teman kita yang ketiga inilah yang paling parah. Salah satu bola matanya dicongkel sebagai bayaran atas kekalahannya.

Singkat cerita Ame, sang champion, sudah lebih dulu merangksek ke ruang control markas musuh ini. Ame berhadapan dengan Lin, bos dari tim teroris tersebut. Ame menantang Lin dalam duel Pokemon. Sayangnya dewi fortuna tidak sedang bersama Ame. Setelah kekalahannya, salah satu Pokemon milik Lin, Hydreigon, mencaplok kepala Ame. Ketika pemain datang, ia hanya menemukan tubuh sang champion, yang sudah memandunya dari awal permainan, terbujur kaku tanpa kepala. Penyerangan terhadap markas musuh gagal dan tim antagonis menderita kehilagan yang berat. 

Pokemon Reborn Devon Corp Raid
Kepalanya Hilang, Pokemonnya juga Dicuri.

Selain pertarungan dengan evil team, cerita Pokemon Rebon yang cukup gelap juga ditemukan dalam menerapkan keterangan dari Pokedex untuk beberapa Pokemon tertentu. Misalnya Gardevoir, diceritakan bisa membuat mendistorsi dimensi dan membuat black hole mini untuk melindungi trainer-nya. Pada salah satu tertarungan tersulit di game ini dikisahkan bahwa Gardevoir milik Radomus, gym leader bertipe psychic, rela mengorbankan dirinya dengan membuat lubang hitam untuk menghancurkan robot musuh dan menyelamatkan Radomus. Setelahnya, pemain diperlihatkan bangunan yang sudah hancur dan menyisakan lubang besar yang muncul di tanah akibat kekuatan super tersebut. Dari dialog pemain mendapatkan gambaran juga bahwa ada lubang besar di hari Radomus setelah kehilangan Pokemon kesayangannya.

Pokemon Reborn
Lubang Besar Hasil Dark Hole Gardevoir

Beberapa side quest juga menginkorporasikan entry Pokedex Pokemon yang mengerikan. Misalnya ada Drifloon, pokemon balon hantu, yang digambarkan suka menculik anak kecil dengan menyamar menjadi balon dan menggiring si korban ke alam baka. Ada misi dari NPC (Non-Playable Character) yang meminta bantuan pemain untuk mencari anaknya yang hilang. Setelah melalui proses pencarian, akhirnya ditemukan sang akan hampir masuk ke alam arwah karena ditarik oleh Pokemon berwujud balon ini. Untungnya pemain tepat waktu ketika menyelamatkannya dan si anak masih bisa berkumpul kembali dengan ibunya.

Drifloon Pokedex Entry
Keterangan Pokedex Drifloon 

Terdapat juga tokoh-tokoh yang menggunakan kekuatan Pokemon untuk kepentingan pribadinya yang bisa mencelakakan. Dr Sigmund Cornell, adalah seorang psikiater yang mengelola panti asuhan. Tokoh ini dikisahkan sering memberikan “perawatan” dengan berupa kejutan listrik kepada anak-anak panti yang dia anggap bermasalah dengan Electrivire, Pokemon listrik miliknya. Kejutan listrik bertengangan tinggi ini sering membuat anak yang sedang duduk di kursi konsultasi berteriak histeris hingga kehilangan kesadaran. Pokemon memang sebuah entitas yang memiliki kekuatan di luar batas. Jika ada di tangan orang yang niatnya tidak benar, sangat mungkin kekuatan ini digunakan untuk mencelakakan.

Game buatan penggemar seperti Pokemon Reborn bebas meramu cerita dan gameplay-nya. Tidak ada batasan genre dan usia pemain yang bisa menghalangi kreativitas developer. Mereka dapat menggunakan lore dan entry Pokedex yang tidak bisa digunakan jika target pasar utama adalah anak-anak dan remaja.

Cerita yang kelam ini juga memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Pemain game yang sudah lebih dewasa dan menyukai dongeng yang lebih kompleks akan lebih menikmati fan made game seperti Pokemon Reborn. Saya pribadi merasa jalan cerita game ini malah lebih realistis dibandingkan main series game. Dengan kemampuan Pokemon yang beragam dan potensi tarung yang tinggi, bukan tidak mungkin orang yang berniat jahat menyalahgunakan Pokemon dalam menjalankan aksi terornya.

Pengembangan game yang bebas dari restriksi ini membuat saya teringat dengan penggunaan pembatasan penggunaan dana di instansi pemerintahan yang membatasi kreativitas. Bekerja di institusi negeri membuat saya mempertanyakan tentang kebijakan tahun anggaran. Anggaran yang sudah ditetapkan untuk sebuah unit kerja pada satu tahun harus habis pada tahun tersebut. Misalnya untuk Dinas Perindustrian pada suatu kabupaten mendapatkan jatah anggaran sebesar Rp200 milyar pada tahun 2022. Dana sebesar itu harus habis selama 2022. Jika sampai akhir waktu tutup buku masih ada sisa, uang yang belum terpakai harus dikembalikan kepada pemerintah. Selain itu tahun berikutnya dinas terkait akan mendapatkan potongan anggaran akibat dinilai dana yang dialokasikan terlalu besar dan dinas ini tidak dapat menghabiskannya.

Di akhir tahun, apabila masih banyak anggaran yang belum terserap biasanya orang-orang di Lembaga pemerintahan akan kebingungan untuk menghabiskannya. Mereka menghindari pemotongan anggran di tahun depannya. Biasanya untuk menghabiskan dana dibuatlah agenda-agenda yang “kurang penting”. Di bulan November dan Desember saya cukup sering mengikuti rapat di hotel, bahkan sampai menginap. Padahal hotelnya berada di kota domisili. Pemindahan rapat dari kantor ke hotel merupakan salah satu cara yang sering dipilih untuk menghabiskan anggaran. Jikalau rapat diadakan di tempat kerja biasa dengan memesan makanan yang enak, biaya bisa lebih dihemat.

Apabila anggaran dapat dikumpulkan selama dua tahun atau lebih, hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Misalnya ada alokasi untuk darmawisata tahunan sebesar Rp10 juta per orang. Dengan nominal ini, seringkali jalan-kalan hanya direalisasikan ke kota atau daerah yang dekat saja. Kalau misalnya anggaran ini bisa dikumpulkan selama dua atau tiga tahun, opsi kunjungan untuk liburan bisa lebih luas lagi. Bahkan memungkinkan untuk pergi ke luar negeri sekalian untuk merasakan musim yang tidak dapat ditemui di dalam negeri.

Satu sisi saya mengapresiasi adanya peraturan untuk menghabiskan alokasi dana dalam satu tahun anggran sebagai langkah untuk mengontrol dana pemerintahan yang berasal dari publik. Tapi di sini lain jadi membuat batasan yang mempersempit pilihan. Sebaiknya konstitusi yang dibuat memang perlu tegas, tapi tetap memberikan kesempatan untuk lebih fleksibel terhadap beberapa hal. Dalam konteks alokasi tahun anggaran misalnya memungkinkan untuk “menabung” dana selama lebih dari setahun agar dapat mendapatkan luaran yang lebih besar.

Gim buatan penggemar Pokemon dapat mengekspresikan cerita yang gelap karena tidak ada limitasi target pasar. Kebebasan ini membuat developer lebih kreatif, yang membuat game banyak disukai oleh fans yang lain. Berkaca ke penyerapan anggaran di lembaga pemerintahan, menurut saya aturan tahun anggaran yang diterapkan memang dapat mengatur agar penyerapan dana sesuai dengan kebutuhan, tapi terkadang bisa menjadi pembatas kreativitas. Jadi jika ada peluang untuk penyesuaian, aturan ini bisa mengakomodasi lebih banyak pilihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali