Langsung ke konten utama

Dokumentasi Lab untuk Foto di Website

 ITB memang suka mendadak. Mengabarkan kalau ada pengambilan foto dan video untuk kepentingan publikasi pun baru H-2. Pada hari Senin saya mendapatkan kabar dari fakultas kalau ada tim dari Biro . . . .yang akan datang ke jurusan Teknik Industri dalam rangka dokumentasi untuk promosi ITB.

Ruangan dan laboratorium yang akan dipilh alah Lab PTI (Perancangan Teknik Industri), LSP (Laboratorium Sistem Produksi) dan LRSKE (Lab Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi). Pertama saya memberitahukan kepada ketua-ketua lab mengenai rencana dokumentasi ini dan meminta izin penggunaan ruangan. Selanjutnya saya mencari mahasiswa yang bersedia menjadi model. Agak sulit untuk mencari anak kuliah yang senggang di pekan UAS (Ujian Akhir Semester) seperti sekarang. Akhirnya ada lima orang yang mengerima tawaran menjadi model foto dan video.

Saya janjian dengan mahasiswa untuk berkumpul di taman batu bagian timur dari Labtek III terlebih dahulu. Sambil menunggu fotografer datang, saya sempat cerita kepada mahasiswa bahwa pada saat Open House Pendidikan ITB pekan sebelumnya, saya masih melihat video profil jurusan yang diambil belasan tahun lalu. Wajah-wajah yang menjadi model merupakan teman-teman seangkatan saya. Jadi siap-siap jika sampai beberapa tahun ke depan wajah mereka terpampang di website atau media publikasi kampus.

Hari Rabu jam 13.30-an, tim dokumentasi datang diantar Pak Agus, Pak Dede, dan Mas Ronggo dari fakultas. Kami langsung menuju laboratorium yang sudah direncanakan untuk diambil gambar dan videonya. Urutannya mulai dari Lab PTI, LRSKE, kemudian LRSKE.

Mahasiswa diminta menjadi model menggunakan perlatan praktikum dan penelitian yang ada di lab. Beberapa alat seperti conveyor belt dan production line dengan stasiun kerja tidak benar-benar dijalankan. Jadi mereka hanya berpose sambil seolah-olah menggunakan alat.

Sambil mendokumentasikan, saya juga mendapatkan informasi kalau tujuan utama pengambilan gambar ini adalah untuk stok foto yang akan digunakan di website ITB. Presepsi saya bahwa kegiatan dokumentasi ini adalah untuk membuat video profil per jurusan ternyata salah. Bahkan narasi penjelasan lab dan peralatan yang saya minta koordinator asisten dari masing-masing lab tidak terpakai. Mahasiswa hanya di­-shoot sedang mengoperasikan alat tanpa harus berbicara.

Motion Capture Device
Pengambilan Dokumentasi Penggunaan Alat di Lab

Di LRSKE terdapat banyak sekali perlengkapan untuk penelitian terkait ergonomi dan sistem kerja. Mulai dari motion capture, simulasi masinis kereta, virtual reality dome, sampai aclimatic chamber menurut saya menarik untuk diambil gambarnya karena menggambarkan penelitian salah satu cabang keilmuan di Teknik Industri. Kami menghabiskan paling lama waktu di sana. Belum seluruh alat sempat didokumentasikan penggunaannya, tim dokumentasi bilang sudah cukup.

Katanya nanti hanya akan lima gambar per fakultas yang akan ditampilkan. Fakultas Teknologi Industri (FTI) memiliki enam jurusan: Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Teknik Pangan, serta Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Jadi belum tentu semua gambar yang diambil pada sesi ini bisa tampil semua. Hmm . . . effort yang cukup besar namun tidak bisa semua dipublikasikan hasilnya.

Setelah sesi pengambilan gambar dan video selama kurang lebih 1,5 jam, tim dokumentasi merampungkan pekerjaannya. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada para perugas lab dan memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang bersedia meluangkan waktunya. Mari kita tunggu bagaimana hasilnya dan foto mana yang terpilih untuk dipajang di website.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali