Langsung ke konten utama

Kematian Orang yang Baik

 “Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali."

Paman saya, Boy Sidharta Setiaboedi, wafat di usia 51 tahun pada siang hari Jumat, 9 Desember 2022. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Edelweiss Bandung. Diagnosa dari dokter menyebutkan bahwa menyebabnya adalah gagal nafas. Sehari sebelumnya paman saya sempat dibawa ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) karena sesak nafas. Sepuluh tahun yang lalu, almarhum pernah di rawat di rumah sakit karena penyakit jantung.

Di usianya yang relatif muda, ada dua orang anak yang ditinggalkan almarhum. Gandhi Mahardika Setiaboedi, yang berusia 14 tahun dan duduk di bangku kelas 3 SMP, serta Braga Bhaskara Setiaboedi, yang pada saat itu baru berulang tahun ke-8 dan menginjak kelas 2 SD.

Saya tidak bisa berkata banyak kepada mereka berdua karena dulu ketika ditinggalkan ayah waktu kecil, saya merasa bingung. Walaupun banyak orang mengatakan untuk tabah dan sabar, tapi ketika itu rasanya masih belum bisa menerima.

Satu hal yang saya dapati, banyak pelayat yang datang mengatakan bahwa almarhum orang baik. Paman saya kencang kalau bersedekah. Apalagi kalau setiap hari Jumat, tak pernah putus ia membagikan ratusan nasi bungkus ke berbagai tempat. Hari wafatnya beliau juga merupakan hari baik.

Paman yang sering panggil dengan sebutan “Om Ke” oleh para keponakannya merupakan orang yang pandai bergaul. Temannya berasal dari banyak kalangan. Ia dapat dengan mudah akrab dengan siapa saja. Makanya pelayat yang datang juga berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Jenazah beliau dikebumikan di pemakaman Karang Anyar Bandung, yang juga berdekatan dengan makam para Bupati Bandung. Istri paman saya yang ini memang masih ada garis keturunan dengan Bupati Bandung terdahulu. Jadwal pemakamannya pukul 9 pagi pada hari Sabtu, 10 Desember 2022, setelah disolatkan terlebih dahulu di masjid dekat rumah.

"Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu"
"Ya Allah! Ampunilah almarhum,berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali