Langsung ke konten utama

Makin Tinggi Ilmu, Makin Mudah untuk Berbagi

Banyak orang yang semakin mendalami suatu bidang, semakin mudah juga untuk berbagi. Peribahasa yang biasa kita dengar tentang ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, membuat saya berpersepsi bahwa semakin pintar seseorang maka ia perlu menjadi semakin tertutup. Namun anggapan saya dipatahkan dengan contoh orang-orang yang tinggi ilmunya malah semakin terbuka untuk membagikan pengetahuannya.

Kemurahan Hati Juara Dunia untuk Berbagi

Pokemon merupakan salah satu franchise permainan yang paling populer. Selain bermain menggunakan konsol seperi Nintendo Switch, para penggemar juga senang menantang diri dengan bermain competitive Pokemon game secara daring. Permainan kompetitif ini mengarahkan pemain untuk menyusun tim dan merancang strategi untuk dapat mengalahkan lawannya. Bahkan terdapat kejuaraan dunia untuk kompetisi ini.

Kemampuan untuk bersaing secara kompetitif ini belum tentu bisa diperoleh hanya dengan bermain biasa saja. Lini gim Pokemon yang utama (main series Pokemon game), seperti Pokemon Red dan Blue serta Pokemon Scarlet dan Violet yang terbaru, ditujukan untuk anak-anak. Sehingga tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi. Pemain yang menamatkan permainan secara kasual, bisa jadi akan menemui tantangan yang berat saat diterjunkan ke dalam permainan kompetitif untuk mengalahkan pesaingnya.

PokemonShowdown, website yang menyediakan fasilitas pemain untuk melawan pengguna lain secara daring, memiliki daftar peringkat para pengguna dari seluruh dunia. Untuk menaiki tangga peringkat, pemain harus bisa mengalahkan pemain lain yang rankingnya lebih tinggi. Secara bertahap, kemenangan demi kemenangan akan menuntun kepada tingkatan yang lebih tinggi.  Kekalahan dapat berakibat jatuhnya peringkat. Pertama kali saya bermain, tim saya langsung dibantai oleh user lain dengan tim yang lebih siap. Oleh karena itu, pemain perlu menyusun siasat yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan dan menempati angka ranking yang lebih kecil.

Jika ingin belajar bermain Pokemon secara kompetitif, media untuk menambah ilmu secara daring salah satunya adalah situs Smogon University. Website ini menyediakan informasi game data (seperti kekuatan serangan, kemampuan, dan jurus yang bisa dipelajari) tentang masing-masing Pokemon serta tips untuk menyusun strategi yang solid. Selain informasi dasar yang disajikan di website, diskusi lebih detil terdapat pada forum kampus Smogon. Para pengguna forum akif bertanya dan saling menjawab tentang bagaimana pengalaman masing-masing dalam bermain secara kompetitif dan mendaki ranking secara global. Traffic di forum bahkan lebih aktif di bandingkan materi di website utama.

Awalnya saya mengira pemain yang memiliki tujuan untuk mendapatkan peringkat dunia yang tinggi jarang yang mau membagikan ilmunya. Ternyata pikiran saya keliru. Para user yang lebih berpengalangan dan dapat mengalahkan lawan-lawannya dengan mudah, malah lebih dermawan. Mereka dengan sangat terbuka memberikan ulasan tentang detil bagaimana menyusun tim yang terdiri dari enam ekor Pokemon, hingga berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Pemain-pemain veteran ini pun aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan penggemar baru yang masih belajar. Orang yang baru terjun ke dalam competitive Pokemon game banyak yang mem-posting tim yang dirancangnya, kemudian pemain lain memberikan masukan untuk meningkatkan daya saing tim tersebut.

Sekitar tahun 2015, pertarungan Pokemon secara daring sempat dihebohkan oleh salah satu pemain yang menggunakan strategi Baton Pass. Ia menyusun tim yang berpusat pada strategi boost (menguatkan) status masing-masing Pokemon pada timnya, kemudian mengestafetkan hasil akumulasi boost ini kepada seekor Pokemon yang akan menjadi sweeper (penyapu) tim lawan. Tim yang disusunnya terdiri dari Pokemon yang biasa saja, bahkan beberapa merupakan Pokemon yang jarang digunakan, bukan Pokemon legendaris yang sering dipakai karena kekuatannya yang besar. Namun si pemain bisa mengatur strategi yang harmonis sehingga dengan mudah memupuskan mimpi lawan-lawannya. Karenanya pengelola gim sampai mengeluarkan peraturan pembatasan penggunaan jurus Baton Pass ini. Dari yang sebelumnya dalam penyusuan tim dibebaskan, setelah hal ini terjadi hanya dibolehkan paling banyak tiga Pokemon dalam tim yang memiliki jurus Baton Pass.

Sang pemain Baton Pass tidak pelit ilmu. Di forum Smogon, secara terbuka ia mengungkapkan langkah-langkah bagaimana menyusun tim. Data kustomisasi Pokemon seperti item, moveset (jurus yang digunakan), ability, nature, hingga EV spread (distribusi poin kekuatan) dijabarkan dengan detil. Bahkan ia juga menuliskan apa kelemahan dari susunan tim ini dan bagaimana langkah mitigasinya.  Setiap orang dapat dengan mudah menduplikasi susunan tim yang sempat ditakuti ini. Ia tidak menutup-nutupi rahasianya sampai dapat mendaki puncak leaderboard. Berbagi strategi tidak membuatnya jatuh dari puncak peringkat permainan. Saya pun pernah mencoba susuan tim ini dalam gim dan sangat membantu mengalahkan NPC (non-playable character) yang kuat ketika bermain.

Keterbukaan Peneliti dalam Memberikan Akses Paper

Murah hatinya pemain dalam membagikan strategi membuat saya teringat dengan para peneliti yang terbuka untuk memberikan ilmunya. Ada artikel yang membahas mengenai cara mendapatkan paper penelitian secara gratis. Biasanya untuk dapat membaca artikel ilmiah secara lengkap kita perlu membayar sejumlah uang ke penerbit. Alternatifnya jika kampus atau institusi kita sudah berlangganan, atau paper tersebut diterbitkan di jurnal yang open access, tidak perlu ada dana yang dikeluarkan. Namun, ternyata peneliti lebih senang jika ada orang yang menghubungi untuk mendapatkan dokumen penelitiannya, jika orang tersebut tidak memiliki akses yang terbuka. Dengan meminta secara langsung, penulis merasa lebih diapresiasi. Kalau kita membayar untuk membeli sebuah paper, mayoritas uang yang dibayar akan masuk ke kas penerbit. Penulis biasanya akan juga senang karena bisa menambah jumlah sitasi (kutipan) dari penelitiannya.  

Pernah ada peneliti dari negara lain yang meminta file publikasi saya yang berjudul Segmentation of online buyers and its implication in determining marketingstrategies (Indonesian case study). Saya pun dengan senang hati mengirimkan versi PDFnya. Tidak ada kerugian yang saya alami, malahan jika penelitian dari tugas akhir ini dirujuk dapat menambah jumlah sitasi. Kebetulan saya belum pernah mencoba meminta dokumen secara langsung kepada penulis jika tidak memiliki akses untuk mengunduh paper. Biasanya saya mengandalkan langganan journal dari kampus atau meminta bantuan Sci-hub. Jika di kemudian hari ada paper yang sulit diakses, saya akan sangat mempertimbangkan untuk mengirim surel langsung kepada penulis. 

Pemain yang berada di ranking atas kompetisi Pokemon dengan senang hati membagikan strateginya. Dan peneliti yang sudah menerbitkan penelitian di jurnal yang bereputasi ringan tangan dalam membagikan paper risetnya. Peribahasa “bagai ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk” itu memang nyata terjadi. Semakin berilmu, orang biasanya semakin rendah hati. Salah satu bentuk kerendahan hari adalah dengan dengan terbuka untuk berbagi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali