Langsung ke konten utama

Mencoba Tantangan Pokemon Monotype Run (Part 1)

Terdapat 151 ekor Pokemon pada saat generasi pertama game ini dipublikasikan pada tahun 1996. Hingga game generasi ke-8 dijual ke pasar terdapat lebih dari 900 jenis Pokemon. Walaupun jumlahnya banyak, tidak semua Pokemon dipilih pemain dalam pertarungan. Pada lini gim utama (main game line) seperti Pokemon Red dan Pokemon Blue, untuk bertarung pemain hanya dapat menggunakan maksimal enam ekor Pokemon saja.

Untuk memilih enam ekor Pokemon dari total hampir 1000 pilihan yang ada untuk menjadi partner hingga menamatkan permainan, merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang. Ada tipe yang senang menggunakan starter Pokemon, makhluk yang pertama kali didapatkan oleh pemain saat memulai permainan, dan tetap menggunakannya sampai akhir. Ada yang suka berganti-ganti tim tergantung Pokemon mana yang ditemuinya. Ada juga yang konsisten menggunakan Pokemon dengan tipe tertentu.

Pembatasan pilihan satu tipe tertentu dalam bermain game sering dikenal dengan tantangan monotype run. Challenge ini mewajibkan pemain menamatkan permainan hanya dengan menggunakan satu tipe Pokemon. Terdapat enam belas tipe Pokemon, seperti water, grass, dan fire. Setiap tipe memiliki type effectiveness-nya masing-masing. Misalnya serangan dari tipe water menjadi super effective terhadap serangan tipe api, tetapi serangan tipe grass kurang efektif jika ditujukan kepada tipe fire. Monotype run mengunci pemain dengan tipe tertentu dan membuatnya harus memikirkan strategi untuk memaksimalkan kelebihan tipe dan mengantisipasi kelemahannya.

Konsep monotype ini sebenarnya digunakan juga oleh para gym leader. Pada gim Pokemon, untuk menjadi champion pemain harus mengalahkan tantangan dari beberapa gym yang ada di region tersebut. Masing-masing gym dipimpin oleh seorang leader yang biasanya menggunakan tim dengan komposisi satu tipe tertentu. Misalnya Pokemon Red dan Blue punya rock gym, yang dipimpin oleh Brock. Pokemon-pokemon milik Brock, seperti Geodude dan Onix, semuanya memiliki tipe rock.

Pokemon Reborn
Monobug Team Rooster

Untuk mengalahkan para gym leader, biasanya pemain cukup membawa Pokemon dengan tipe yang serangannya sangat efektif melawan tipe gym yang akan ditantang. Jika tipe rock memiliki kelemahan terhadap tipe water, grass, fighting, steel, dan ground, maka pemain bisa menggunakan Pokemon yang memiliki serangan dengan tipe-tipe tersebut. Untuk mengalahkan gym leader yang menggunakan sebuah tipe yang sama, biasanya relatif cukup mudah.

Jika pemain berinisiatif membatasi pilihan kombinasi enam Pokemon dalam timnya dengan tipe tertentu, akan menjadi tantangan tersendiri untuk menamatkan permainan. Untuk pemain yang memilih water monotype misalnya, jika berhadapan dengan gym bertipe grass dan electric yang merupakan kelemahan dari tipe ini, pemain harus tetap berjuang dengan tim yang seluruhnya memiliki kelemahan terhadap Pokemon dari gym yang ditantang.

Untuk mengantisipasi kekurangan ini, perlu dibuat strategi tim yang solid. Salah satunya adalah dengan menyiapkan Pokemon atau moves yang kuat terhadap kelemahan tim. Misalnya electric type hanya memiliki satu kelemahan, yakni ground type. Untuk menyusun mono-electric team, butuh untuk memitigasi kelemahan ini dengan menyiapkan Pokemon dengan tipe atau moves yang kuat terhadap ground type seperti ice, grass, dan water. Salah satu kunci dalam tim untuk meminimasi kelemahan electric team adalah Rotom-Frost, Pokemon dengan dual type electric/ice.

Alternatif lainnya adalah mengajarkan move yang super effective terhadap tipe yang menjadi kelemahan monotype ini. Saat menyusun tim mono-flying, perlu mempertimbangkan adanya move untuk melawan rock type yang menjadi kelemahan tipe flying ini. Kelemahan rock type salah satunya adalah ground type. Strategi yang dapat diimplementasikan misalnya dengan menempatkan move earthquake, salah satu move bertipe ground, dalam salah satu dari empat slot move yang bisa digunakan oleh Dragonite yang bertipe dragon/flying.

(bersambung ke Part 2)

Komentar

  1. Wah seru. Pengetahuan baru buat saya. Squad 1 gaskeun untuk jadi numero uno

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya, Kak Pena Tari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali