Langsung ke konten utama

Nama Mandarin yang Baru

 Nama Mandarin yang diberikan teman saya ketika kuliah di Tiongkok katanya tidak bagus. Guru bahasa Mandarin saya di Bandung, mengatakan bahwa nama 活雷鋒 (huóléifēng) yang teman saya sematkan punya arti yang bermakna negatif. Guru yang merupakan orang Taiwan asli ini berkata di China daratan, nama ini merupakan seorang tokoh dari kampanye Chinese Communist Party (CCP) tentang teladan yang baik. Tapi orang dengan nama ini dikhawatirkan terus-terusan menolong tanpa pamrih, hingga mudah dimanfaatkan orang yang punya niat jahat. Intinya beliau tidak mau dengan menggunakan nama ini saya jadi orang yang sering diperalan orang lain hingga lelah sendiri.

Guru yang sudah tinggal di Indonesia lebih dari dua puluh tahun ini berjanji memberikan nama China yang baru, tapi harus mengenal lebih dekat pribadi saya dulu. Tujuannya agar nama yang dapat dipilih merepresentasikan kepribadian saya. Setelah kurang lebih tiga bulan berinteraksi, akhirnya di akhir bulan November 2022, beliau terpikir dengan nama Mandarin saya.

Nama tersebut adalah 阿勵 (Ā lì) atau ditulis 阿励 dalam aksara tradisional. Nama tersebut dipilih karena cukup mirip dengan nama panggilan saya, Adit. Beliau kurang bisa melafalkan kata ‘dit’ pada nama saya, sehingga sering terdengar seperti li. Karakter (Ā) dipilih karena nama depan saya juga yang dimulai dengan huruf ‘a’. Karakter (lì) memiliki arti mendorong, menyemangati, dan menggalakkan sebagai verba, serta arti penghargaan sebagai nomina.

Kamus Mandarin Indonesia
Arti Kata 'li' dalam Kamus Mandarin-Indonesia

Salah satu alasan pemilihan ini karena beliau berharap saya bisa mendoring dan menyemangati orang-orang di sekitar untuk maju bersama ke arah yang lebih baik. Beliau memang mengaspirasikan saya bisa jadi pemimpin dan figur publik di masa depan. Bahkan, sempat menyarankan saya menjadi calon presiden!

Untuk marga, saya sendiri yang mengajukan apakah boleh menggunakan (wáng). Marga saya pada nama yang sebelumnya, (huó), terdengar aneh untuk nama keluarga dan tidak umum di Tiongkok. Marga (wáng) merupakan salah satu keluarga yang sangat banyak digunakan. Arti dari karakter ini adalah raja’. Kebetulan nama tengah saya, Parama, punya arti ‘paling unggul’ dan ‘terbaik’. Orang yang diasosiasikan dengan sosok yang terbaik biasanya adalah raja.

Bahasa Mandarin memiliki banyak huruf yang homofon, pengucapannya sama tetapi artinya berbeda. Biasanya untuk lebih memperjelas nama seseorang dalam perkenalan, orang Tiongkok sudah punya rumus khusus nama dia diambil dari kata apa saja. Untuk mengenalkan nama 阿勵 (Ā lì), guru saya merekomendasikan untuk menyebutkan 阿里山 的 阿, 鼓勵的勵 (Ālǐshān de Ā, gǔlì de lì). Frase tersebut kurang lebih berarti karakter Ā diambil dari Ālǐshān-nya A dan karakter lì diambil dari gǔlì-nya lì. Alishan merupakan salah satu gunung tertinggi di Taiwan. Gǔlì punya makna mendorong, menggalakkan, dan menyemangati.

Alishan Mountain Taiwan
Pemandangan dari Puncak Alishan, Salah Satu Gunung Tertinggi di Taiwan

Kamus Mandarin Indonesia
Terjemahan kata 'Guli' di Kamus

Saya cukup suka dengan nama baru yang diberikan, nama 阿勵 (Wáng Ālì), yang diberikan oleh guru bahasa Mandarin. Nama ‘Ali’ mudah diucapkan dan artinya bagus. Marga ‘Wang’ merupakan nama yang banyak digunakan oleh orang Tiongkok asli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali