Langsung ke konten utama

Menjelaskan Perbedaan Jurusan Tanpa Mendiskreditkan

 Institut Teknologi Bandung (ITB) punya banyak jurusan yang terdengar mirip, misalnya ada program studi Teknik Geologi dan Teknik Geodesi. Ada juga Teknik Material dan Teknik Metalurgi, padahal kedua beda fakultas. Orang umum masih banyak yang belum tahu mengenai perbedaan antara beberapa jurusan di ITB. Bahkan mahasiswa atau sivitas akademika lainnya di kampus gajah ini masih banyak yang bingung kalau ditanya apa bedanya jurusan satu dengan lainnya.

Open House Pendidikan ITB merupakan salah satu kegiatan untuk mengenalkan jurusan-jurusan yang ada di ITB, mulai dari pendidikan, penelitian, fasilitas, kemahasiswaan, program khusus, dan kegiatan lainnya, kepada masyarakat secara luas. Calon mahasiswa, orang tua, dan guru dapat menggali beragam informasi mengenai ITB dan program studi yang ada.

Ada 12 stan yang mengakomodasi setiap sekolah dan fakultas, yang dipasang pada event pameran pendidikan sarjana yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung ini. Banyak anak SMA dan SMK yang datang untuk bertanya dan diskusi tentang jurusan mana yang kira-kira cocok untuk mereka pelajari. Saat menjaga booth, selalu ramai pengunjung datang untuk mendapatkan informasi.

Open House Pendidikan ITB 2022
Para Calon Mahasiswa yang Semangat Bertanya tentang Jurusan yang Ingin Dimasukinya

Di booth Fakultas Teknologi Industri (FTI), salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan adalah tentang perbedaan antar jurusan. Salah satunya adalah apa bedanya jurusan Teknik Industri dengan Manajemen Rekayasa, dua jurusan dalam fakultas ini yang keilmuannya banyak beririsan. Ada lagi yang bertanya tetang bedanya Teknik Fisika dan Teknik Kimia dengan jurusan Fisika dan Kimia di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Selain itu ada yang penasaran tentang perbandingan Teknik Pangan, salah satu jurusan yang baru dibuka di FTI, dengan Teknologi Pangan.

Beberapa jawaban dari mahasiswa atau dosen yang menjaga stand ketika ditanya perbedaan-perbedaan tersebut ada yang menarik, tetapi ada juga yang bagi saya kurang sreg. Untuk menjawab perbedaan, tak akan lepas untuk melakukan komparasi. Masalahnya, ada jawaban yang menurut saya terkesan agak merendahkan jurusan lain.

Contohnya ada salah satu mahasiswa yang ketika ditanya apa yang dipelajari di jurusan Teknik Fisika dengan Fisika murni, ia memberikan jawaban bahwa kalau di Fisika murni hanya belajar teori-teori saja.  Tetapi kalau di Teknik Fisika mahasiswa belajar bagaimana aplikasi konsep fisika untuk mengembangkan teknologi di industri. Ia menambahkan contoh bahwa di program studi Fisika belajar bagaimana menurunkan rumus Hukum Pascal. Kalau di Teknik Fisika rumusnya tinggal pakai untuk mendesain alat pengangkat hidrolik. Mahasiswa tersebut menutup dengan pernyataan bahwa Fisika murni belajar dasar-dasarnya, kalau Teknik Fisika belajar penerapan konsep tersebut di industri.

Pada kasus lainnya, ada penjelasan yang saya suka untuk mempertegas perbedaan antara jurusan-jurusan yang terdengar mirip. Misalnya ada mahasiswa yang ketika ditanya hal yang sama, perbedaan Teknik Fisika di FTI dengan Fisika di FMIPA, ia menjawab dengan cukup baik. Katanya Fisika murni belajar mengenai bagaimana fenomena alam terjadi. Orang-orang fisika yang menemukan hukum dan teori sains terbaru. Mereka belajar secara mendalam dan punya spesialisasi di bidang ini. Teknik Fisika menggunakan konsep fisika yang sudah dikembangkan dari teman-teman fisika murni untuk diterapkan dalam mengembangkan produk atau teknologi yang dapat diimplementasikan pada industri. Namun Teknik Fisika tidak mempelajari secara mendalam bagaimana persamaan-persamaan fisika dapat muncul. Mereka fokus kepada penggunaan persamaan yang telah ditemukan.

Penjelasan seperti itu memberikan kesan bahwa kedua jurusan ini saling komplementer. Keilmuan pada program studi Teknik Fisika dan Fisika saling melengkapi. Sama sekali tidak menimbulkan persepsi bahwa satu jurusan lebih baik dari jurusan yang lainnya.

Saat menjelaskan perbedaan antara jurusan yang kesannya bidang kajian mirip, perlu mengambil sudut pandang yang tepat untuk melakukan komparasi. Kita perlu bercerita tanpa mendiskreditkan dalam perbandingan. Karena pada dasarnya semua jurusan itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

“Semua jurusan di ITB baik. Tapi jurusan terbaik adalah jurusan yang paling sesuai dengan minat dan bakat Anda.”

– Prof. Dwiwahju Sasongko –

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali