Langsung ke konten utama

Teka Teki Sulit, Otak Jungkir Balik

Dalam gim bergenre RPG (Role Playing Game), adanya puzzle yang perlu dicari solusinya bagaikan cabai rawit yang menemani makan gorengan. Tanpa puzzle, gim tetap menarik untuk ditamatkan. Namun apabila dilengkapi dengan pengasah otak, petulangan dalam gim menjadi lebih pedas.

Pokemon Reborn, salah satu gim Pokemon buatan fan, terkenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Kesukaran tersebut tidak hanya dari pertarungan antar Pokemon yang sangat menantang, tetapi juga karena puzzle yang tak kalah sulit untuk dipecahkan. Otak pemain benar-benar diperas hanya untuk menyelesaikan sebuah puzzle.

Banyak jenis puzzle yang ditambahkan oleh pencipta gim Pokemon Reborn, mulai dari angka, gambar, pola, tebak-tebakan, hingga tangga nada musik. Puzzle klasik yang ada pada gim resmi keluaran developer Gamefreak, seperti ice puzzle, juga tidak lupa dimasukkan. Ice puzzle adalah teka-teki yang menuntut pemain meluncur di atas permukaan es yang licin untuk dapat mencapai tujuan. Dalam Pokemon Reborn seluncur es yang dijalankan jauh lebih kompleks. Jikalau seluncur es di gim biasa itu ibarat membuat origami angsa kertas, pada Pokemon Reborn bagai merakit bentuk dinosaurus dari material yang sama.

Pada forum diskusi daring, puzzle yang paling sulit bagi pada penggemar adalah Colkendur Puzzle. Puzzle berjenis rotasi 4x4 ini sangat tricky. Bayangkan di awal ada kotak yang terdiri dari empat kolom dan empat baris. Masing-masing kotak memiliki gambar yang harus dirotasi agar keenam belas kotak menjadi gambar yang sempurna. Tantangan terbesarnya adalah jika memutar sebuah kotak, kotak di sebelah kiri, kanan, atas dan bawahnya juga ikut berputar. Saling putar memutar yang seakan tak pernah selesai inilah yang membuat Colkendur Puzzle memicu frustasi para pemain yang menghadapinya.

Puzzle Rotasi 4x4

Salah satu teka-teki favorit saya di Pokemon Reborn adalah gem puzzle. Pada teka-teki ini pemain diberikan keterangan tentang beberapa jenis batu mulia, kemudian perlu mencari permata mana yang bersesuaian. Pada puzzle pertama terdapat empat jenis berlian: ruby, sapphire, amethyst, dan emerald. Petunjuk terdiri dari potongan-potongan penjelasan tentang karakteristik masing-masing, contohnya:

  1. tidak ada dua kristal yang memiliki kulitas yang sama,
  2. tingkat kekerasan ruby adalah 7,
  3. ruby lebih besar dari amethyst, tapi bukan yang paling besar,
  4. emerald tidak semurni ruby, tapi lebih murni dari sapphire,
  5. dan lima petunjuk lainnya.

Dari keterangan yang diberikan kita perlu memposisikan masing-masing kristal berdasarkan ukuran, tingkat kekerasan dan tingkat kemurnian. Untuk menemukan karakteristik masing-masing lebih enak dengan corat-coret menggunakan kertas dan pensil. Jika mau menggunakan tabel di Ms. Excel juga bisa. BIGJRA, salah satu fan yang menuliskan walkthrough (panduan permainan) memberikan templat untuk pengerjaannya.

Template untuk Memecahkan Puzzle

Salah satu hal yang saya syukuri dari developer Pokemon Reborn adalah adanya check point penyelesaian. Banyak pemain yang senang mengulang gim setelah tamat dengan mencoba tantangan yang berbeda-beda. Jika pada kali pertama pemain sudah pernah menyelesaikan puzzle yang sulit, pada permainan berikutnya pemain dapat membuka check point dan memilih apakah puzzle tersebut akan diselesaikan secara otomatis karena pada save file sebelumnya sudah terpecahkan, atau mau mengulang dari awal lagi. Fitur ini sangat menghemat waktu jika ingin fokus ke pertarungan Pokemon di dalam gim.

Berdasarkan pengalaman saya menamatkan Pokemon Reborn, puzzle yang disebar sepanjang alur cerita gim memang berat. Waktu dan fokus pikiran yang perlu dialokasikan untuk memecahkannya relatif besar. Walaupun demikian jika bisa menyelesaikan tanpa membuka buku panduan, ada kepuasan batin tersendiri.  

Apresiasi untuk developer yang berpikir keras untuk mendapatkan ide teka-teki yang sulit. Terima kasih juga kepada pembuat walkthrough yang telah memecahkan dan membuat panduan langkah demi langkah untuk menyelesaikannya. Bagaimana mengkomunikasikan cara menyelesaikan pekerjaan sulit dengan bahasa yang sederhana memiliki tantangan sendiri. Seperti pada tulisan sebelumnya tentang penulisan panduan bermain gim, untuk objek yang sama dua orang yang berbeda dapat menulis solusi dengan sudut pandang yang berbeda.

Puzzle yang didapatkan dari gim ini saya catat ke dalam stok ide permainan. Kalau ada acara di kampus yang membutuhkan permainan asah otak atau ice breaking yang melibatkan tebak-tebakan, puzzle-nya dapat ditampilkan. Sudah terbayang keseruan memecahkan teka-teki ini bersama teman.

Puzzle menambah unsur keasyikan dalam bermain. Namun kalau udah terlalu sulit malah bikin stres. Untungnya di komunitas online saling bahu membahu dalam memecahkan atau mencari solusi terbaik untuk puzzle yang sulit. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali