Langsung ke konten utama

Inspirasi Pembagian Kelompok dari Manga World Trigger

World Trigger, salah satu serial manga paling populer di Jepang, memberikan ide untuk pembagian kelompok yang menarik. Cara membagi anggota tim akan seru apabila diterapkan di kelas.

Komik ini memiliki premis cerita yang mirip dengan film bioskop Pasific Rim. Tiba-tiba ada portal dari alam lain yang terbuka dan dari dalamnya keluar monster-monster besar yang meluluh-lantakkan dunia. Awalnya umat manusia terdesak dengan serangan makhluk asing tersebut. Namun akhirnya dengan memanfaatkan teknologi alien itu manusia dapat membuat senjata untuk menyerang balik.

Pada cerita World Trigger, sumber energi yang menjadi penggerak makhluk dari portal tersebut dinamakan dengan Trion. Trion inilah yang menjadi basis manusia membangun kekuatan militer dan mempersenjatai para petarung untuk melawan para musuh yang datang menginvasi.

Pada salah satu arc (bagian cerita) manga bulanan ini dikisahkan organisasi militer yang gencar melawan serangan makhluk asing ingin mengirimkan kadet-kadetnya dalam misi penjelajahan melalui portal yang terhubung ke dunia lain. Karena kapasitas pesawat ekspedisi terbatas, mereka mengadakan seleksi untuk mencari taruna dan taruni yang potensial untuk berangkat. Mereka membuat rangkaian seleksi yang terdiri dari dua tahap: bekerja dalam ruang tertutup selama tujuh hari dan seleksi pertarungan antar tim berdurasi lama. Seleksi ini dilakukan dalam tim. Pembagian kelompok untuk seleksi inilahyang memantik inspirasi saya.

Terdapat empat puluh empat orang yang mengikuti seleksi. Pertama, sang direktur mengumumkan sebelas orang yang akan menjadi ketua tim. Jadi akan ada sebelas tim yang mengikuti tahap rekrutmen. Dari tiga puluh tiga orang sisanya, tidak langsung dibagi-bagi secara acak. Ketua kelompok diberi kesempatan untuk memilih anggotanya. Namun mereka tidak langsung memilih. Ada unsur random dalam pemilihannya.

World Trigger
Tiga Pool dengan Daftar Nama Anggota yang Dapat Dipilih

Kedua, orang yang belum masuk tim dikelompokkan ke dalam tiga pool. Masing-masing pool terdiri dari sebelas orang yang dikelompokkan secara random. Berikutnya para ketua kelompok mengambil undian yang menentukan urutan memilih anggota dari grup yang tersedia. Jika mendapatkan undian angka 1, maka si ketua kelompok mendapatkan kesempatan untuk memilih satu di antara sebelas orang pada pool pertama untuk menjadi anggota kelompoknya. Apabila undian yang ditarik berangka 2, ketua kelompok berikutnya dapat memilih satu orang dari sepuluh orang yang tersisa pada pool ke-1. Begitu seterusnya hingga pilihan dari grup pertama habis. Ketua kelompok yang mendapatkan angka 11 secara otomatis akan mendapatkan anggota kelompok dari orang yang tersisa.

Setelah satu pool habis, undian pengambilan akan diulang. Para ketua kelompok memilih anggota timnya dari pool ke-2 sesuai urutan angka kocokan. Cara yang sama juga dilakukan pada pool ke-3 hingga semua peserta masuk ke dalam kelompok.

World Trigger
Pengambilan Lotre untuk Urutan Pemilhan Anggota

Dari sisi para ketua kelompok, cukup seru jika mengetahui apa yang mereka pikirkan. Para kandidat yang ikut seleksi tidak semuanya merupakan teman dekat, tapi setidaknya mereka sudah kenal satu sama lain. Sebagian pernah juga bekerja dalam tim yang sama. Jadi mereka bisa menilai performansi satu sama lain dalam kerja kelompok. Sangat mungkin ada ketua yang berpikir keras dengan berbagai pertimbangan seperti kepintaran, kekuatan, energi, kecerdikan dalam mengatur strategi, dan sebagainya.  Mungkin juga ada yang pertimbangan pemilihannya hanya dari kedekatan personal. Bayangkan jika karena mendapat nomor yang besar saat menarik undian, seorang ketua tim jadi kesal karena anggota tim yang diincarnya sudah dipilih duluan oleh ketua tim lainnya.

Dari sudut pandang anggota tim yang menjadi objek pemilihan, menarik juga jika bisa diketahui perasaannya. Mungkin ada yang berharap-harap cemas ketika menunggu namanya dipanggil. Pikiran diri seolah menjadi objek lelang mungkin akan bersemayam di hati para anggota. Bayangkan jika ada anggota tim yang kenal dekat dengan salah satu ketua tim dan berharap masuk ke tim yang sama. Namun pada gilirannya ketua tim tersebut malah memilih orang lain. Apakah akan timbul konflik di masa depan? Bagaimana rasanya apabila ia jadi yang terakhir untuk dipilih ketua tim? Apakah mungkin muncul rasa tidak diinginkan?

World Trigger
Sedih Karena Terakhir Dipilih

Setelah sebelas tim yang masing-masing terdiri dari empat orang terbentuk, tugas pertama yang diberikan oleh direktur adalah sang ketua tim harus memaparkan alasan pemilian anggota tim. Jawaban masing-masing ketua bisa berbeda.

Pada komik terbitan Shonen Jump ini, para ketua memilii alasan yang beragam. Ada yang pertimbangannya memilh teman yang sudah dikenal karena salah satu tahapan seleksi setiap tim harus tinggal dalam satu tempat tertutup selama tujuh hari berturut-turut. Kalau sudah kenal, interkasi bisa lebih terbuka. Ada juga ketua tim yang memilih anggota yang memiliki kapasitas Trion yang besar dan kemampuan bertarung yang mahir untuk dapat memperoleh nilai tinggi pada seleksi pertarungan jangka panjang. Ada pula yang dasar pemilhannya hanya dari keasamaan usia. Ia ingin mengumpulkan tim yang terdiri dari anggota yang seumuran.

World Trigger
Skuad dengan Anggota Berumur 16 Tahun

Saya tertarik untuk menerapkan ide pembagian kelompok ini saat mengajar di kelas. Pada pembagian kelompok di mata kuliah, seringkali pilihannya adalah dosen yang membagi grup secara acak atau mahasiswa dibebaskan memilih anggotanya sendiri. Metode pembagian kelompok di manga World Trigger ini mengkombinasikan antara unsur random dari undian, dan kebebasan untuk memilih dari setiap pool. Kira-kira fenomena apa yang akan terjadi dari sisi anggota kelompok dan ketua kelompok apabila sistem ini dicoba?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali