Langsung ke konten utama

Pengalaman Bermain dengan Trick Room

Umumnya, entitas yang punya kecepatan tinggi bisa bergerak duluan. Contohnya kuda yang bisa bergerak lebih dulu dibading kura-kura yang berjalan lebih pelan. Namun bagaimana jika hal tersebut dibalik, malah entitas yang lambat bergerak lebih dulu? Gim (game) Pokemon yang berbasis giliran, seperti catur, mempunyai mekanisme Pokemon yang memiliki nilai speed (kecepatan) yang lebih tinggi bisa bergerak lebih dahulu dibandingkan lawannya. Ada sebuah move (jurus) yang dapat membalikkan urutan tersebut.

Trick Room (TR) merupakah sebuah move yang diperkenalkan di generasi ke-4 pada main series Pokemon game dengan efek bisa membalikkan urutan bergerak berdasarkan kecepatan Pokemon. Pokemon dengan speed rendah bisa mengeluarkan move lebih awal dibandingkan Pokemon yang lebih cepat. Efek ini akan berlangsung selama lima putaran. Karena move ini memiliki priority bracket paling rendah, -7, maka move ini pasti dijalankan paling akhir di giliran aktivasinya. Jadi giliran efektifnya hanya empat turns saja. Hingga saat ini belum ada item atau cara untuk menambah giliran penggunaan efek TR. Hal ini berbeda dengan Light Screen dan Reflect yang bisa ditambah durasinya dengan Light Clay serta efek terrain yang bisa bertahan lebih lama dengan Terrain Extender.

Trick Room Pokemon
Aktivasi Trick Room

Ketertarikan untuk Menggunakan Trick Room

Gim Pokemon cukup seimbang dalam membuat distribusi stats. Pokemon dengan speed dan attack atau special attack yang tinggi seringkali diberikan HP (health point) dan defence atau special defence yang tidak terlalu tinggi. Pokemon yang punya prinsip “hit hard, hit fast” ini seringkali disebut dengan glass cannon. Serangannya kuat dan cepat, tapi ketahanannya cukup ringkih. Contohnya seperti Weavile dan Gengar. Ada juga Pokemon dengan nilai attack dan defence yang besar, biasanya speed-nya tidak terlalu tinggi. Penyerang yang biasa dipanggil bulky attacker ini misalnya Escavalier dan Ursaring. Bulky attacker bisa lebih bersinar dengan bantuan TR yang membalik kecepatan.

Sebelumnya saya tidak terlalu mempedulikan move ini. Awal ketertarikan saya untuk mencoba membangun tim yang berfokus pada penggunaan TR adalah saat membaca walkthrough (panduan) bermain gim Pokemon Reborn. Permainan buatan fan ini merupakan salah satu gim dengan tingkat kesulitan tinggi, yang membuat pemain harus merancang tim sedemikian rupa untuk dapat memenangkan pertarungan. Walkthrough yang dibuat oleh BIGJRA banyak menyarankan untuk penggunaan Trick Room. Apalagi Pokemon Reborn memiliki item Amplified Rock yang dapat menambah durasi penggunaan, dari yang semula lima turns menjadi delapan turns. Pemanfaatan TR jadi dapat lebih lama lagi. 

Pertama kali saya memainkan Pokemon Reborn, saya banyak menemui kesulitan dalam mengalahkan Gym Leader serta pertarungan-pertarungan mayor sepanjang cerita. Beragam strategi sudah dicoba tapi saya masih harus mengulang gim berkali-kali untuk dapat memenangkan perkelahian. Akhirnya dengan membuat rooster tim yang berorientasi untuk memanfaatkan TR, banyak battle yang dapat dimenangkan dengan mudah.

Amplified Rock Trick Room Pokemon Reborn
Item untuk Menambah Durasi Trick Room pada Gim Pokemon Reborn


Pilihan Pokemon dalam Trick Room Team

Berdasarkan pengalaman, setidaknya dalam satu tim perlu memiliki dua TR setter, Pokemon yang bertugas untuk mengeset Trick Room. Untuk single battle, kesukaan saya adalah menggunakan Carbink. Ia memiliki akses untuk Stealth Rock, salah satu entry hazard terbaik dalam gim, dan Explosion untuk dapat segera berganti dengan Pokemon yang dapat bergerak duluan dan menyerang dengan keras di TR. Carbink yang memiliki ability Sturdy juga dapat menjadi jaminan bahwa sekeras apapun serangan dari Pokemon lawan di giliran pertama, jika HP masih penuh, TR dapat tetap dijalankan. Pada double battle saya lebih senang menggunakan Oranguru. Instruct, signature move dari Pokemon ini, membuat partner dapat menggunakan kembali move terakhir yang dilakukannya. Terlebih Telepathy yang menjadi ability dari Oranguru juga membuatnya terhindar dari move yang menyerang semua, seperti Earthquake dan Boomburst, dari Pokemon kita yang lain.

Beberapa Pokemon yang menjadi Trick Room abuser favorit saya adalah Ursaring dan Vikavolt. Ursaring, dengan Attack 130 dan Speed 55, memiliki Guts sebagai salah satu ability-nya. Berikan si beruang coklat item Flame Orb, maka move Fa├žade akan memiliki Total 210 BP (Base Points) saat Ursaring memiliki kondisi burned. Ursaring juga memiliki banyak coverage moves seperti Brick Break untuk memecahkan Light Screen, Reflect, dan Aurora Veil, Shadow Claw untuk menyerang Ghost type, serta Play Rough untuk mengantisipasi Fighting type.

Jika Ursaring berperan sebagai physical attacker, Vikavolt menyerang dengan special attack. Dengan nilai special attack 145, menjadikan serangga ini Pokomen non-mythical, non-legendary, dan non-Mega yang memiliki special attack tertinggi. Pasangkan si kumbang listrik dengan item Life Orb, maka serangannya akan memberikan damage yang sangat besar. Levitate yang menjadi ability-nya dapat mengeliminasi ground type moves yang menjadi kelemahan Electric type.

Apabila boleh menambahkan Mega Pokemon, pilihan saya adalah Mega Camerupt. Dengan 120 base attack dan 145 base special attack, unta api ini bisa menjadi mixed attacker. Ditambah lagi ia dapat mempelajari move Growth, yang meningkatkan attack dan special attack sekaligus. Selain itu ability Sheer Force membuat moves seperti Earth Power, Heat Wave, dan Flash Cannon mendapatkan boost 30% kekuatan dengan mengabaikan additional effect-nya.

Trick Room Team Sample
Sampel Trick Room Team. Pada Pokemon Reborn Item Terrain Extender = Amplified Rock

Pada double battle, untuk memastikan bahwa TR dapat dipasang, support yang saya gunakan biasanya adalah Hariyama atau Amoongus. Hariyama dengan move Fake Out dapat meredam serangan dari satu Pokemon lawan dengan membuatnya flinched. Amoogus dengan Rage Powder dapat membuat semua serangan fokus kepadanya, untuk tetap membiarkan TR setter tetap bertahan dan menjalankan tugasnya.

Kustomisasi Pokemon untuk Trick Room team dikhususkan pada nature serta EV/IV (Earned Value/Intrinsic Value) spread. Para TR abuser diberikan nature Brave (+attack, - speed) atau Quiet (+ special attack, - speed). EV spread 252 HP, 252 attack atau special attack, dan 4 defense. Para TR setter biasanya punya Relaxed (+ defense, - speed) atau Sassy (+ special defense, - speed) nature. Pembagian EV adalah 252 HP, 252 defense dan 4 special defense, atau kebalikannya; 252 special defense dan 252 defense. Seluruh Pokemon dalam tim memiliki 0 speed IV untuk memastikan mereka memiliki speed yang lebih lambat dibandingkan lawannya.

Trick Room
Sebaran EV dan IV pada Pokemon di Trick Room Team 


Keseruan dan Hambatan Penggunaan Trick Room Team

Dalam bermain gim Pokemon, Trick Room (TR) team dapat dengan mudah menaklukkan tim-tim lainnya. Bahkan melawan weather team sekalipun, seperti rain dan sun team, TR team dapat menang dengan gampang. Rain dan sun team, yang biasanya memiliki Pokemon-Pokemon dengan ability untuk menggandakan kecepatan pada weather tertentu seperti Swift Swim dan Chlorophyl, pasti akan bergerak belakangan pada kondisi TR aktif. Tanpa sempat menyerang, lawan sudah dihabisi oleh Trick Room abuser.

Kelebihan lainnya adalah tidak butuh set up yang banyak. Bagi tim yang mengandalkan set up sweeper, biasanya di awal butuh Pokemon-Pokemon lain untuk mengkondisikan sang sweeper dapat melakukan set up dengan baik. Setidaknya dibutuhkan entry hazard seperti Stealth Rock, dual screen (Light Screen dan Reflect) atau Auroral Veil, serta Tailwind atau Sticky Web sebagai speed control. Persiapan yang dibutuhkan oleh TR team hanya cukup memastikan TR setter bisa mengaktivasi dengan selamat. Selebihnya TR abuser akan mengambil alih panggung permainan.

Dengan keungulan-keunggulan yang ada, bukan berarti pilihan menjalankan TR team tanpa kekurangan. Salah satu kendala tim berbasis TR adalah jika durasinya sudah habis, maka harus ada Pokemon lain yang men-set up ulang. Dan untuk berganti Pokemon agar bisa mengaktifkan kembali, seringkali kita harus mengorbankan penyerang yang sedang aktif terlebih dahulu. Setelah ia fainted oleh Pokemon lain, barulah setter TR yang kedua bisa masuk ke arena dengan aman. Masalahnya adalah jika dalam pergantian ini lawan berhasil melakukan set up, bisa jadi setter TR cadangan kalah duluan sebelum mengaktifkan ulang. Biasanya untuk mengantisipasinya TR kedua dipilih dari Pokemon yang memiliki defense dan special defense yang tinggi seperti Porygon2 atau Dusclops dengan item Eviolite. Dengan demikian, walaupun lawan sudah sempat menggunakan satu Sword Dance atau Dragon Dance, serangannya masih dapat “dimakan” oleh sang setter dengan selamat.

Tim lain yang sama-sama menggunakan TR juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika TR sudah aktif dan Pokemon lawan memiliki speed yang lebih rendah dari Pokemon kita, mereka bisa maju lebih dulu. Salah satu cara mitigasi jika melawan tim yang menggunakan strategi serupa adalah dengan menggunakan item seperti Iron Ball yang dapat mengurangi speed menjadi setengahnya, atau move seperti Hammer Arm, yang bisa mengurasi speed sebanyak satu stage setelah penggunannya.

 

Penutup

Penggunaan strategi Trick Room dalam permainan sudah seperti menggunakan cheat. Dengan banyaknya lawan yang berfokus untuk memiliki speed setinggi-tingginya untuk dapat bergerak lebih awal dalam tipe gim berbasis giliran (turn based game) ini, ketika kecepatan tersebut dibalik dalam Trick Room malahan Pokemon yang cepat akan bergerak belakangan. Para Trick Room abuser juga memiliki penggunaan yang niche. Jika dalam pertarungan normal mereka akan selalu bergerak belakangan akibat speed stats-nya yang rendah, maka dalam Trick Room mereka menjadi bintangnya. Tak ada satu jenis tim yang sempurna. Asalkan bisa menerapkan sinergi antar Pokemon dalam tim, maka tim tersebut dapat memaksimalkan kelebihan dan meminimasi kekurangan dalam pertarungan kompetitif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali