Langsung ke konten utama

Periksa Stok Obat Secara Rutin

Obat yang diproduksi memiliki tanggal kadaluarsanya masing-masing. Mengkonsumsi obat yang sudah melewati masa kadaluarsa dapat berbahaya bagi tubuh. Salah satu bahayanya adalah keracunan obat.

Setelah membeli dan menggunakan obat, terkadang kita menyimpan obat yang belum habis. Semakin lama disimpan, semakin terlupakan obat tersebut. Pembaca mungkin pernah mengalami ketika misalkan sedang flu dan sudah membeli obat, ternyata di rumah masih ada stok obat yang sama. Selain menambah tempat di rumah, menyimban obat yang masa konsumsinya sudah habis juga bisa berisiko terminum dan membuat keracunan.

Kita perlu secara rutin mengecek tanggal berlaku obat yang disimpan di rumah. Pemeriksaannya minimal enam bulan sekali. Saya pertama kali belajar untuk mengecek stok obat-obatan secara berkala ketika bekerja di Balikpapan. Kebetulan saya diberi tanggung jawab sebagai ADO (Area Duty Officer) yang menjadi penanggung jawab gedung tempat bekerja. ADO memiliki peran utama untuk memastikan evakuasi pengguni gedung berjalan dengan lancar ketika ada keadaan darurat. Selain itu ADO juga diminta untuk memeriksa kotak obat. Jika ada obat yang sudah expired maka obat tersebut harus dibuang.

Tanggal Kadaluarsa Obat
Informasi Tanggal Kadaluarsa Pada Kemasan Obat

Membuang obat yang sudah tidak dapat dikonsumsi tidak dapat dilakukan dengan cara biasa. Jika dibuang begitu saja, ada risiko obat bisa diambil dari tempat sampah dan digunakan ulang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pertama, obat berbentuk kapsul dan tablet harus dikeluarkan dari kemasannya satu per satu. Obat yang bentuknya cair dapat langsung dituang ke saluran pembuangan air.

Kedua, obat harus dihancurkan. Ada yang digiling, digerus, atau dipukul-pukul hingga menjadi bubuk. Selanjutnya masukan bubuk obat ke dalam plastik yang diikat atau tutup rapat. Pembuangannya kalau bisa dipisah dengan sampah biasa dan dikelompokkan ke dalam limbah berbahaya dan beracun.

Sebagian orang ada yang menyarankan langsung disiram ke dalam toilet. Namun ada yang berpendapat kandungan di dalam obat yang dibuang dapat membunuh bakteri yang hidup di dalam septic tank (tangka kotoran).

Setelah mendapatkan ilmu mengecekkan tanggal kadaluarsa obat, saya rutin memeriksa kotak obat di rumah. Biasanya sekali dalam enam bulan. Namun ketika pendemi saya kelupaan untuk mengeceknya. Saat kebetulan sedang luang di akhir pekan, saya memeriksa strip-strip obat yang ada di lemari. Mayoritas sudah kadaluarsa tahun 2020 sampai 2022. Akhirnya banyak obat yang terpaksa harus dibuang. Kebanyakan obat yang bisa dibeli langsung tanpa resep dokter seperti obat flu, batuk, diare, dan alergi.

Obat Kadaluarsa
Kumpulan Obat yang Kadaluarsa

Jika memiliki stok obat di rumah, sebaiknya rutin mengecek tanggal kadaluarsa minimal setahun dua kali. Dengan rajin mengecek, kita bisa terhindar dari risiko keracunan akibat mengonsumsi obat kadalursa dan tempat di kotak obat dapat lebih kosong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali