Langsung ke konten utama

Senang Main Gim Sulit

 Kuliah sudah berat, beban pekerjaan di kantor menumpuk, tanggung jawab di rumah pun padat. Tapi kenapa banyak pemain gim yang senang memainkan gim yang sulit?

Kalau dipikir salah satu tujuan orang bermain video game bukankah untuk mencari kesenangan? Seharusnya mereka suka memainkan gim yang ringan dan mudah. Tapi ternyata tidak berlaku untu semua pemain. Banyak di antara penikmat gim yang juga senang bermain gim dengan level kesulitan yang tinggi.

Gim sederhana tapi sulit yang sempat heboh seperti Flapply Bird tidak dapat ditamatkan dengan asal-asalan. Pemain harus fokus dan lincah untuk membuat si burung kecil pada layar dapat melompat-lompat melewati sususan pipa.

Saya jadi bertanya bagaimana bisa seseorang menambah beban pikirannya dengan mencoba gim yang sukar. Bukankah seharusnya agar tidak memenuhi kapasitas otak dengan stres lagi perlu mencoba gim yang fun?

Ketika sedang menunggu antrian untuk membayar belanjaan di kasir sebuah toserba, saya melihat bermain gim yang menurut saya ideal. Seorang ibu di depan saya yang juga sedang menunggu giliran memainkan Candy Crush di ponselnya. Ia terlihat dengan santai menggerakkan jari-jarinya di atas layar ponselnya. Waktu untuk menunggu ia isi dengan bermain gim. Bermain gim di waktu senggang tanpa stres merupakan kondisi yang ideal! Makanya saya bingung ketika ada orang yang sampai mengalokasikan waktu khusus untuk bermain gim yang malah menambah beban mental.

Beberapa penelitian yang membahas tentang ini menyebutkan bahwa salah satu alasan orang senang bermain gim yang sulit adalah untuk mencari kepuasan batin. Ketika berhasil menaklukkan tantangan yang sulit, mereka akan merasa senang. Otak mengeluarkan hormon endorfin yang membuat rasa senang mengalir ke seluruh tubuh.

Saya pun mengalami sensai yang sama ketika bermain Pokemon Reborn. Gim Pokemon ini merupakan gim buatan fan (fan made game) yang terkenal dengan tingkat kesulitannya yang jauh melebihi gim resmi keluaran Gamefreak. Untuk menamatkannya tidak dapat bermain kasual seperti biasa dan perlu menerapkan strategi khusus. Saya sampai mempelajari tentang competitive battle (pertarungan kompetitif), yang biasa dimainkan pada kejuaraan esport Pokemon tingkat dunia. Walaupun sudah melengkapi diri dengan ilmu baru, tetap saya ada beberapa tantangan di dalam gim yang sangat sulit untuk ditaklukkan.

Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa keberhasilan yang dicapai dapat menimbulkan rasa puas tersendiri. Saat berhasil memenangkan pertarungan di Pokemon Reborn, ada peraaan berhasil mencapaian suatu tujuan. Pencapaian kecil ini dapat membuat mood lebih baik dan meningkatkan semangat.

Di sisi lain saya kurang setuju apabila bermain gim yang sulit dijadikan sebagai alat untuk kabur dari realita. Ada pemain gim yang karena merasa pekerjaannya sulit dan tanggung jawabnya berat akhirnya melarikan diri dengan menguburkan dirinya dalam tumpukan gim. Pencapaiannya sebagai tokoh gim menjadi substitusi perasaannya yang tidak bisa mencapai tujuan sesuai keinginan di dunia nyata. Karena sudah terlalu asyik terjerat di dalam candu bermain gim, kehidupan nyata jadi terlupakan.

Sering kita mendengar anak sekolah, mahasiswa, atau bahkan anggota masyarakat sosial yang sudah bekerja yang hidupnya berantakan akibat candu gim ini. Mereka lebih tertarik dengan mengukirkan pencapaian-pencapaian di dalam gim daripada menyelesaikan tanggung jawabanya. Fenomena ini merupakan masalah kompleks yang tidak dapat diselesaikan dari sisi pemain saja. Perlu dukungan orang-orang terdekat untuk mengembalikan orang yang sudah tersesat ini ke jalan yang benar.

Sebagian orang lebih senang bermain gim yang sulit. Walaupun secara logika gim yang sukar malah menambah beban pikiran, bertentangan dengan konsep gim sebagai hiburan yang menyenangkan, penelitian membuktikan sebaliknya. Berhasil menyelesaikan gim yang sulit membuat pemain memperoleh sense of accomplishment. Tujuan ini baik jika bisa membuat aktivitas lebih produktif. Namun jika sudah sampai menjadi scapegoat dan candu, perlu segera beralih dari cengkeraman keseruan bermain gim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali