Langsung ke konten utama

Setiap Tulisan Punya Segmen Pembacanya Masing-Masing

Tantangan menulis selama tiga puluh hari berturut-turut (30DWC, 30 Days Writing Challenge) jilid ke-40 sudah sampai di penghujung sesi. Sesi penggemblengan yang dimulai tanggal 16 Desember 2022 akhirnya seelsai pada tanggal 14 Januari 2023 Dengan bimbingan mentor Kak @rezky_passionwriter dan kak @rizkamamalia , beserta superteam kak @jirfani @spriscadewii. Tantangan yang saya rasakan sekarang berbeda dengan yang dulu dialami ketika mengikuti 30DWC jilid sebelumnya.

Tantangan kali ini cukup berat untuk saya pribadi karena dua alasan. Pertama rentang waktu challenge kali ini yang terbentang antara akhir tahun hingga awal tahun. Kedua waktu ini biasanya merupakan waktu denan beban kerja terbanyak. Akhir Desember dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih belum rampung dan awal tahun untuk persiapan dan perencanaan kegiatan selama setahun ke depan. Meluangkan waktu untuk menulis minimal dua ratus kata sehari bukanlah hal yang mudah.

Alasan kedua adalah karena topik yang dipilih adalah tentang gim. Ketika membuat bank ide tulisan di awal 30DWC, saya berniat untuk melanjutkan topik tentang anime dan manga seperti yang dilakukan pada 30DWC jilid sebelumnya. Tulisan beberapa hari awal yang berkutat di sekitar gim Pokemon membuat saya memutuskan untuk menamatkan tantangan menulis dengan tema seputar gim favorit saya ini. Namun ternyata pembatasan tema ini malah menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi saya suka untuk mengangkat cerita bermain Pokemon ke dalam sebuah tulisan. Pada sisi lain, kumpulan topik yang terpikir masih terbatas. Terlebih ada beberapa hari yang memiliki tantangan dengan tema khusus; tulisan harus menggunakan kata tertentu secara tertulis atau memiliki makna kata tersebut. Untungnya setelah memutar otak, ada celah dari permainan Pokemon yang dapat diangkat dan memenuhi tantangan tematik.

Pelajaran terbaik yang saya dapatkan dari 30DWC jilid ini adalah setiap tulisan memiliki segmennya masing-masing. Beberapa posting blog yang saya buat ditargetkan untuk pemain gim Pokemon atau orang yang familiar dengan franchise ini. Jadi ada beberapa istiliah khusus yang orang umum kurang paham. Jadi ketika ada fighter yang bukan penggemar Pokemon membaca tulisan-tulisan tersebut, banyak yang berkomentar bingung dengan kontennya. Namun saat pemain Pokemon mampir ke blog saya, mereka dapat langsung mengerti apa yang dimaksud.

Tulisan tentang pengalaman bermain dengan trick room merupakan salah satu contoh tulisan yang ditargetkan untuk segmen pemain Pokemon kompetitif. Sedikit banyak tulisan tersebut merupakan curahan hati pribadi yang berhasil menamatkan gim yang sulit dengan move (jurus) yang baru saya pelajari. Karya tersebut bukan bertujuan menjadi panduan untuk pemain yang ingin menambah kemampuan tentang gim. Maksud penulisannya hanya untuk berbagi apa yang saya rasakan saat berhasil menggunakan gimmick ini dengan baik.

Apresiasi sebesar-besarnya saya sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam 30DWC ini. Para mentor, Kak Rezky Firmansyah dan Kak Rizka memberikan banyak bimbingan dan feedback yang membangun bagi para fighter. Sesama penulis di grup kecil maupun besar saling menyemangati untuk sampai di tujuan dan saling memperkaya ilmu tentang kepenulisan. Terutama terima kasih banyak Squad 1, rumah saya di 30DWC #40, yang telah sama-sama berjuang menaklukkan tantangan ini. Tim admin yang trlah bertugas dengan baik dan konsisten setiap harinya juga membuat 30DWC ini dapat berlangsung dengan nyaman dan aman. Terlebih pada 30DWC ada kuis dan permainan baru yang menarik, seperti memenukan kata dan menyusun kalimat serta sambung cerita.

Tamatnya 30DWC jilid ke-40 ini bukanlah akhir dari perjalanan mengisi blog ini. Kebiasaan yang terbentuk, untuk konsisten menulis minimal dua ratus kata per hari, akan terus dijalankan. Semoga dari tulisan-tulisan yang diketik dapat dikumpulkan menjadi buku-buku dengan konten yang bermanfaat bagi para pembacanya.

#30DWCJilid40 #finalchallengejilid40

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali