Langsung ke konten utama

Kenal Lebih Dekat Profesi Orang Terdekat

 “Anak-anak, kalau sudah besar cita-citanya mau jadi apa?” tanya sang guru.

Murid-murid di kelas menyebutkan beragam jawaban. “Saya mau jadi polisi,” seru salah satu siswa. “Mau jadi pilot,” kata anak yang lain. Ada yang bilang, “Mau jadi dokter”. Terdengar juga ada yang mengatakan, “Jadi YouTuber, Bu.”

Saat ditanya pekerjaan yang diinginkan di masa depan, siswa SD kebanyakan akan menjawab profesi yang banyak dikenal seperti polisi, insinyur, dokter, atau perawat. Kalau dahulu profesi yang juga sering disebutkan ada presiden dan astronot. Belakangan ini cukup sering saya mendengar anak yang ingin jadi YouTuber, TikToker, atau influencer. Jawaban tersebut mungkin karena pengaruh media sosial yang membuat anak-anak banyak terekspos dengan para pembuat konten ini.

Mengenal Profesi dari Orang Terdekat

Biasanya anak mengenal profesi dari orang dewasa yang dilihatnya sehari-hari. Profesi pertama yang dikenal bisa dari orang tuanya. Cukup banyak proporsi pelajar yang memilih karir karena ingin mengerjakan hal yang sama adengan orang tuanya. Saya pun dulu pernah berpikir ingin jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), mengikuti jejak kedua orang tua yang kebetulan berperan sebagai pelayan publik ini.

Anak tahu profesi orang tua dari seragam yang dikenakan, peralatan kerjanya, atau cerita-cerita dari  sang ayah atau ibu. Jika orang tua bisa menceritakan secara terbuka apa yang mereka lakukan sehari-hari, anak bisa memperoleh gambaran yang jelas tentang apa yang dilakukan orang tuanya. Namun kadang kala ada orang tua yang kalau tidak ditanya maka tidak akan terpantik untuk menjelaskan apa tanggung jawabnya di tempat kerja.  

Anime Spy X Family memberikan inspirasi tugas sekolah untuk membantu anak mengenal profesi orang tuanya lebih dalam. Anya Forger, yang merupakan siswa kelas 1 SD, diberikan pekerjaan rumah dari gurunya untuk mewawancari orang tua terkait profesi mereka. Loid Forger, ayah Anya, bekerja sebagai psikiater di rumah sakit umum dan Yor Forger, sang ibu, menjadi PNS di balai kota.

Karena pekerjaan ibunya banyak melakukan hal administratif dan berurusan dengan dokumen, Anya diarahkan untuk mengenal lebih dekat profesi sang ayah. Akhirnya Loid mengatur waktu untuk Anya dapat melihat secara langsung apa yang dikerjakannya di rumah sakit.

Spy X Family
Detektif Anya Memulai Penyelidikan Profesi Psikiater

Anak kecil biasanya akan merasa bersemangat saat mengunjungi tempat baru untuk pertama kali. Apalagi kalau tempat tersebut adalah tempat kerja orang tuanya. Hal ini pun yang dirasakan Anya. Selama menemaninya, Loid banyak bercerita tentang bagaimana peran psikiater dalam menangani pasien-pasiennya. Di ruang praktik Loid, Anya diajak untuk mencoba bentuk analisis psikologi yang biasa digunakan untuk diagnosa awal pada pasien.

Spy X Family
Anya Disambut dengan Baik oleh Rekan Kerja sang Ayah

Anya jadi lebih terbayang apa yang dilakukan oleh dokter ahli penyakit jiwa. Beberapa bayangan si anak di awal banyak yang terpatahkan. Misalnya awalnya Anya mengira di ruang kerja psikiater ada mesin pemindai otak. Ternyata tidak ada alat pembacaan otak seperti yang sering gadis ini lihat di film. Psikiater mengenal dan menyelami kondisi psikologis lebih banyak dengan dialog atau alat tes lainnya.

Spy X Family
"Dimana Mesin untuk Memperbaiki Otak?" tanya Anya

Kemudian ketika pekerjaan rumah ini dipresentasikan di kelas, Anya dapat dengan bangga menceritakan apa yang dilihatnya di rumah sakit tentang profesi ayahnya. Gadis berambut merah muda ini jadi lebih menghormati sang ayah yang alasan memilih pekerjaan sebagai psikiater ini untuk membantu orang lain yang merasakan gangguan di pikirannya. Ia juga menjadi lebih menghargai apa yang sang tulang punggung keluarga lakukan untuk menghidupi Anya dan ibunya.

Kenal Beragam Profesi Sejak Dini

Seperti halnya saya yang ketika kecil bercita-cita jadi PNS, sepupu saya ada juga yang pilihan karirnya mengikuti keluarga. Braga (Braga Bhaskara Setiaboedi), sepupu saya yang paling kecil, sering diajak ke kantor Tante Vit (Vitriannie Setiaboedi) dan melihat pekerjaannya. Tante saya ini berprofesi sebagai notaris di Cianjur. Melihat kegiatan di kantor kenotariatan membuat Braga yang masih masih duduk dibangku SD ini bercita-cita ingin menjalankan profesi tersebut di masa depan. Kalau sudah tahu pekerjaan impian dari awal, persiapan dapat dimulai sedini mungkin, seperti memperkuat mata pelajaran yang mendukung, memilih jurusan yang sesuai, hingga mengembangkan jejaring.

 Sayangnya tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan informasi tentang berbagai pilihan profesi. Untungnya ada gerakan-gerakan yang bertujuan untuk mengenalkan beragam jenis pekerjaan. Kelas Inspirasi (KI) adalah salah satunya. KI memberikan fasilitas bagi para profesional yang telah bekerja minimal dua tahun untuk menceritakan tentang profesinya kepada anak-anak SD. Sekolah yang biasa menjadi sasaran kegiatan ini dipilih dari sekolah-sekolah marginal, bukan sekolah yang siswanya berasal dari kelas ekonomi atas. Tujuan lain dari kegiatan KI selain mengenalkan profesi adalah ingin memberikan para siswa SD motivasi untuk terus melanjutkan studi dan bercita-cita tinggi.

Kelas Inspirasi Bandung 5 SD Cibeunying
Kapten John, Seorang Seniman yang Memberikan Inspirasi Bagi Siswa di SD Cibeuying Bandung. Sumber: Dokumentasi Kelas Inspirasi Bandung

Beberapa tahun terlibat pada kegiatan Kelas Inspirasi Bandung, banyak hal yang saya apresiasi.  Relawan KI berasal dari beragam latar belakang pekerjaan dan usia. Tidak hanya profesional muda, tetapi para pekerja di usia senja pun masih mau turun untuk memberikan pengenalan terhadap pekerjaannya. Saat sesi inspirasi, tidak hanya siswa yang belajar jenis profesi baru, saya pun jadi tahu aktivitas-aktivitas yang tidak saya kenal sebelumnya. Salah satunya ada trauma healer, profesi yang aktivitasnya banyak membantu orang yang punya trauma, atau korban suatu musibah, untuk pulih dari luka batinnya.  

Pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru sekolah Anya pada serial Spy X Family dapat membantu anak mengenal lebih jauh dan mengapresiasi apa yang dikerjakan orang tuanya. Namun di Indonesia jarang saya dengar ada sekolah yang memberikan tugas semacam ini. Padahal kalau diterapkan bisa memberikan banyak dampak positif, baik bagi siswa maupun walinya. Untungnya ada beberapa kegiatan, seperti Kelas Inspirasi, yang memfasilitasi pengenalan profesi ini, seperi Kelas Inspirasi. Dengan mengenal lebih banyak pilihan pekerjaan, anak-anak dapat membangun impian yang tinggi dan memulai persiapan lebih awal. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali