Langsung ke konten utama

Memberikan Nama yang Unik

Di dunia anime dan manga, biasanya nama jurus atau item dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Nama-nama tersebut biasanya terdiri dari dua sampai tiga kata. Beberapa jurus terdiri dari satu kata, seperti fireball misalnya.

Nama Item dan Spell di Overlord

Overlord memiliki beberapa nama yang menurut saya unik untuk perlengkapan dan jurusnya. Ada item yang bernama Depiction of Nature and Society. Benda yang dalam Indonesia namanya akan menjadi Penggambaran Alam dan Masyarakat ini berupa sebuah gulungan besar yang berfungsi memerangkap lawannya. Ada juga perlengkapan bernama Downfall of Castle and Country yang berbentuk jubah berwarna putih ini memiliki efek untuk mengendalikan pikiran lawannya.

Perlengkapan dan jurus sihir pada anime yang diadaptasi dari light novel dengan judul yang sama ini juga ada yang memiliki nama yang pendek, seperti anime lain pada umumnya. Namun dengan nama yang lebih cocok menjadi judul dongeng atau buku cerita anak ini membuat benda atau mantra tersebut jadi terdengar unik dan menarik.

 

Nama Acara dengan Singkatan yang Unik di SMAN 3 Bandung

Mengenai nama yang unik dan menarik, saya jadi teringat kebiasaan SMA saya jika membuat sebuah acara. Biasanya baik kegatan dari OSIS maupun ekstrakulikuler memiliki budaya membuat nama acara dengan singkatan. Singkatannya kadang terdengar agak memaksa dan seolah tidak berkaitan dengan acaranya.

Di bulan November ada dua momen yang biasa diperingati secara luas di Indonesia. Pertama ada hari Pahlawan pada tanggal 10 November dan kedua ada hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November. Siswa dan guru di SMAN 3 Bandung menyelenggarakan acara Nagabonar Terharu, yang merupakan singkatan dari ‘Nasionalisme Warga SMAN 3 di Bulan November dan Tergabung dengan Hari Guru’. Kebetulan di tahun tersebut baru tayang film Nagabonar 2 di bioskop, jadi sedikit banyak nama acara ini juga ikut menaiki ombak popularitas film tersebut.

Ketika penerimaan peserta didik baru, ada kegiatan orientasi dengan nama PLiST (Pengenalan Lingkungan Sekolah Tiga). Setelahnya dilanjutkan dengan demo ekstrakulikuler Peninsula (Pengenalan Organisasi dan Ekstrakulikuler Tiga). Setiap akhir tahun ajaran biasanya ada perlombaan olahraga antar kelas. Acara yang biasa disebut POR (Pekan Olah raga) atau PORAK (Pekan Olah Raga Antar Kelas) di sekolah lainnya, di SMA ini namanya adalah Dewa Athena. Pemilihan nama ini bukan merujuk kepada dewi kebijaksanaan, strategi, dan kerajinan tangan dari bangsa Yunani kuno. Istilah ini merupakan singkatan dari ‘Olimpiade Siswa: ajang tunjuk kebolehan, kekompakan, dan eksistensi siswa’.

Untuk siswa kelas 12, biasanya sekolah mengundang para alumni yang sudah masuk perguruan tinggi untuk kembali ke sekolah dan mengenalkan jurusannya. Pada acara satu hari ini biasanya para alumni membuka stan untuk pameran dan menceritakan jurusannya, serta ada sesi motivasi dari alumni yang berprestasi. Kami menamakan acara ini dengan Lajur Misi (Pengenalan jurusan dan seminar motivasi).

Bisanya nama acara terdiri dari dua kata. Namun ada juga acara dengan singkatan satu kata seperti Permadani (Pertemuan buka bersama di Ramadan ini). Masih banyak lagi nama acara unik lainnya yang

Untuk saya yang pernah menjadi panitia acara-acara di SMA, cukup membuat harus memutar otak hingga dapat keluar dengan singkatan yang bagus. Saya dan tim biasa berdiskusi dengan menuliskan nama acaranya secara lengkap dan mencoba mencari kombinasi kata yang menarik dari huruf-huruf yang ada. Kalau diperhatikan singkatan yang muncul seringkali bukan hanya dari huruf depan dan belakang nama acara, tetapi huruf di tengah kata juga bisa tiba-tiba muncul.

Bagi siswa, guru, dan peserta lainnya nama acara yang terdengar catchy ini diharapkan dapat membangun ketertarikan untuk mengikuti acara yang diselenggarakan ini. Saat melihat media sosial pengurus OSIS SMA, ternyata nama acara yang angkatan kami buat, beberapa ada yang masih digunakan sampai sekarang. Misalnya nama Dewa Athena yang diusulkan tahun 2009, sampai 13 tahun setelahnya masih tidak berubah.

Nama item dan spell yang unik dapat menjadi ciri khas sebuah anime atau manga. Nama acara yang unik juga dapat menjadi poin yang menarik bagi peserta. Walaupun terdengar agak memaksakan, contoh-contoh nama kegiatan di SMAN 3 Bandung ini bisa menjadi ikon khas dari kegatan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali