Langsung ke konten utama

Memori yang Tertinggal di Wano

 One Piece merupakan manga yang favorit bagi banyak orang. Manga yang menceritakan tentang seorang pemuda yang ingin menjadi raja bajak laut ini sering mengaduk-ngaduk perasaan pembacanya. Mengikuti cerita demi cerita, pembaca dibuat senang, sedih, terharu, dan pastinya penasaran terhadap kelanjutan kisah petualangannya.

              One Piece juga menjadi manga yang paling saya suka. Namun sudah sejak lama saya tidak melanjutkan membaca komiknya. Terakhir kali saya membaca manga karangan Eiichiro Oda-sensei ini pada tahun 2019, saat cerita baru memasuki arc Wano. Pilihan untuk tidak lagi membaca ketika itu bukan karena tidak suka dengan ceritanya. Malahan saya sangat suka dengan bagian tersebut, yang membuat saya tidak mau merasa penasaran setiap selesai membaca sebuah chapter yang keluar setiap minggu. Saya ingin menunggu jumlah chapter yang keluar lebih banyak, jadi bisa membaca sekaligus.

              Ternyata setelah lebih dari tiga tahun, saya belum melanjutkan kembali membaca judul ini. Walaupun tidak membaca, sedikit banyak saya tahu kelanjutan ceritanya. Banyak spoiler yang ditampilkan di media sosial maupun pembahasan cerita di YouTube. Oh, Luffy sudah berhasil mengalahkan Kaido. Wah, ternyata Yamato, si Putra dari Kaido, tidak jadi bergabung dengan tim Luffy. Sekarang kru bajak laut Topi Jerami sudah meninggalkan Wano dan menuju Elbaf ya. Sayangnya banyaknya bocoran cerita ini belum bisa meyakinkan untuk melanjutkan membaca.

              Malahan saya sering melihat meme yang menyakinkan orang untuk mengikuti cerita One Piece hingga yang terbaru. Bagi penggemar baru yang baru mulai membaca manga atau menonton anime One Piece, fan lama sering memberikan meme yang mengatakan, “Aku akan tunggu di Negeri Wano. Kamu harus datang.” Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1999, sudah ada lebih dari 1.000 chapter dan 1.000 episode yang ditayangkan. Kebetulan cerita sedang masuk ke bagian cerita di Wano, Negeri Para Samurai. Jadi maksudnya penggemar yang memulai dari awal perlu melakukan apapun agar dapat menghabiskan cerita yang telah dikisahkan selama lebih dalam 20 tahun ini agar bisa sampai ke cerita teranyar.

One Piece Wano
"Kutunggu Kau di Wano". Sumber: 9gag

              Momen yang menjadi panggilan untuk melanjutkan membaca cerita adalah pesan dari Eiichiro Oda yang mengatakan bahwa cerita di tahun 2023 akan ada pertarungan yang epik. Karakter yang tidak disangka-sangka oleh penggemar akan bertarung. Sang pengarang menyebutnya sebagai The Great Battle Royale. Pertempuran ini pasti akan lebih seru dibandingkan dengan perang di Marine Ford sebelumnya. Saya tidak ingin ketinggalan hype dan terganggu oleh spoiler dari arc perang besar ini. Jadi saya memutuskan untuk membaca lagi.

One Piece
Pernyataan Eiichiro Oda tentang Rencana Perang Besar di 2023

              Arc Wano memiliki struktur seperti pertunjukan Kabuki tradisional yang memiliki lima babak. Babak pertama merupakan protasis sebagai prolog dan pembuka cerita. Babak dua dan tiga berindak sebagai epitasis yang mulai memunculkan konflik dan menaiki puncak. Babak keempat dan kelima merupakan catastrophe ketika alur cerita mulai turun dari klimaksnya.

Cerita Lima Babak. Sumber: Storyboardthat

              Memori saya tentang cerita One Piece masih tertinggal di babak pertama arc Wano. Setelah empat tahun lebih tidak membaca cerita nampaknya banyak tokoh yang tidak saya ingat dan beberapa bagian cerita terlupa. Sepertinya perlu membaca ulang bagian sebeumnya agar dapat mengikuti ceritanya dengan lebih lancar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali