Langsung ke konten utama

Berapa Seribu Dikurang Tujuh?

Apa yang biasa dilakukan saat menunggu transportasi datang, giliran periksa ke dokter, atau wahana permainan?

Saat waktu senggang tersebut, ada yang memilih untuk membaca atau mengobrol dengan temannya. Namun ketika sedang menunggu sendirian kebanyakan orang sekarang lebih memilih untuk beraktivitas dengan gawainya, entah itu membalas chat di aplikasi, melihat time line media sosial, belanja online, ataupun kegiatan lain.

Interaksi dengan ponsel yang semakin tinggi membuat kita tidak bisa lepas dari alat ini. Padahal banyak guru yang menyarankan untuk mengurangi screen time untuk melepaskan ketergantungan terhadap genggaman ponsel yang membelenggu. Salah satu sarannya dengan mencoba mengamati lingkungan sekitar dan fenomena yang terjadi.

Tidak semua orang bisa langsung mengalihkan pikiran dari gawai. Kemungkinan akan sulit untuk melepaskan begitu saja kebiasaan melihat handphone di waktu menunggu. Ibarat orang yang ingin berhenti merokok memilih untuk mengunyah permen karet sebagai subsitusi untuk menghilangkan perasaan kosong di mulutnya, untuk mengubah fokus pikiran terhadap ponsel juga perlu ada penggantinya.

Subsitusi pikiran dari rasa ingin mengecek layar di handphone saat sedang menunggu, salah satunya bisa dengan berhitung. Anime Tokyo Ghoul memberikan saya inspirasi terhadap perhitungan angka yang dapat mengalihkan perhatian ini.

Diceritakan Kaneki Ken, si tokoh utama, pernah diculik sebuah organisasi antagonis dan ditahan selama sepuluh hari. Sepanjang masa tahanan tersebut, Kaneki, Kaneki menjadi sasaran berbagai teknik penyiksaan fisik dan psikologis yang kejam, mulai dari, sengatan listrik, pemotongan anggota tubuh hingga pemaksaan untuk melakukan kanibalisme.

Tokyou Ghoul Kaneki Torture
Kaneki yang Disekap dan Disiksa

Si penyiksa menyuruh Kaneki untuk berhitung dari 1.000 dikurangi angka 7 secara bertahap. Jadi akan membentuk barisan bilangan 1.000, 993, 986, 979 dan seterusnya. Tujuannya adalah membuat yang disiksa sadar selama mungkin dan tetap fokus merasakan sakitnya siksaan yang diberikan. Jika tidak membuat otak berpikir, penderitan yang dirasakan akan membuatnya pingsan. Dan tujuan tersebut tercapai. Kaneki tetap sadar selama proses penyekapannya dan merasakan setiap jenis penganiayaan yang diberikan.

Bukan dalam konteks penyiksaan, tetapi dalam keadaan menunggu aktivitas sehari-hari, menghitung mundur di otak ini dapat membuat pikiran fokus dan mengalihkan terhadap distraksi. Fokusnya melakukan perhitungan bahkan akan membuat kita tidak sempat mengecek notifikasi yang muncul di ponsel. Tiba-tiba giliran kita dipanggil tiba atau moda transportasi yang ditunggu datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali