Langsung ke konten utama

Adegan Idol Dance Anime Terbaik Justru Bukan dari Anime Idol

Anime memiliki beragam genre, mulai dari fantasi, komedi, hingga idol. Anime idol banyak disukai sebagai hiburan karena mirip seperti menonton penampilan boyband atau girlband idola. Bagian yang ditunggu dari anime idol biasanya adalah pertunjukan para tokoh yang menyanyi sambil menari.

Gerakan tarian para karakter ketika bernyanyi jika mau dianimasikan dengan baik akan membutuhkan biaya produksi yang tinggi. Diperlukan puluhan bahkan ratusan ribu lembar gambar untuk menghasilkan animasi gerakan yang halus. Akibatnya biasa prodiksi menjadi tinggi.

Untuk menghemat biaya produksi, beberapa studio yang mengeluarkan anime idol ada yang memilh menggunakan teknologi CGI (Computer-Generated Image) untuk membuat animasi karakter yang bergerak. Pengeluaran studio memang bisa ditekan, tetapi kualitas jadi dikorbankan. Animasi 3D hasil CGI gerakannya akan terlihat kaku dan tidak sehalus hasil animasi lewat gambaran tangan.

Saya tidak menonton anime idol karena banyak membaca kritik dan komplain para penggemar tentang kebayakan anime dengan genre ini yang memiliki kualitas buruk. Bagian menanyi dan menari pada idola merupakan inti dari anime. Apabila penggambarannya menggunakan CGI yang hasilnya mengecewakan, wajar jika penonton juga kecewa. Ibaratnya ada sebuah toko roti, jualan rotinya keras, rasanya tidak enak, bahkan ada yang sudah berjamur. Roti yang seharusnya menjadi komoditi unggulan malah kualitasnya tidak terlalu baik.

Disaat anime dengan genre idol tidak dapat membuat animasi group dance yang memuaskan, malahan ada anime dengan genre lain yang bisa menghadirkan tayangan visual yang memuaskan. Kyoukai no Kanata (Beyond the Boundary) merupakan anime yang genrenya bukan idol, tetapi memiliki animasi menari dan menyanyi yang sangat baik. Anime yang diproduksi oleh studio animasi Kyoto Animation ini bercerita tentang anak SMA yang memiliki kekuatan untuk mengalahkan siluman yang disebut sebagai youmu.

Pada anime fantasi ini, ada salah satu episode yang menampilkan adegan idol group dance yang dikatan para fan sebagai salah satu animasi menari terbaik. Pada episode 6 diceritakan pada sekolah tokoh utama ada youmu yang menyerang. Monster tersebut sangat sulit untuk dikalahkan. Tokoh utama dan temannya sudah mencoba beragam cara namun belum bisa menaklukannya. 

Ada sumber yang mengatakan kalau si monster sangat suka dengan idol. Jadi para pemburu monster ini selama seminggu berlatih untuk menari dan menyanyi sebagai satu kesatuan grup idola. Rencananya mereka akan menampilkan tarian grupnya sambil bernyanyi untuk menangkap perhatian si monster. Saat perhatiannya teralih, monster tersebut akan diserang untuk dimusnahkan.

Kyoukai no Kanata Yakusoku no Kizuna
Melawan Monster dengan Tarian dan Nyanyian

Adegan ketika para tokoh membawakan lagu "Yakusoku no Kizuna" (Bonds of Promise) mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para penonton. Banyak fan yang memuji halusnya animasi karakter saat menari. Wajah karakter digambarkan secara ekspresif. Perpindahan antar gerakan juga mulus. Bahkan gerakan tim terlihat natural.

Kyoukai no Kanata Yakusoku no Kizuna
Kelompok Pembasmi Siluman yang Mendadak Menjadi Idol Group

Saat menari dalam grup, tidak mugkin semua orang dapat bergerak dengan benar-benar seragam. Mungkin akan orang yang gerakannya delay sepersekian detik. Hal ini pun dipertimbangkan oleh studio yang membuat animasi. Studio Kyoto Animation memang terkenal jago dalam urusan membuat animasi gerakan manusia.

Adengan sepanjang lagu yang berdurasi sekitar empat menit ini juga memuat beberapa potongan gambar flashback ketika grup tersebut latihan. Terlihat para karakter berlatih menyanyi dan menari menggunakan pakaian training sepulang sekolah. Ada adegan berlatih di pantai saat matahari tenggelam. Ada juga scene mereka sedang melihat meteor jauh bersama, seperti sedang mengikuti training camp. Bahkan ada adegan drama salah satu karakter yang terlihat menyerah dan karakter lainnya menyemangatinya di bawah guyuran hujan. Potongan-potongan adegan tersebut mirip seperti adegan training camp yang dilakukan para idol untuk persiapan sebelum penampilan. 

Kyoukai no Kanata Yakusoku no Kizuna
Latihan Sepulang Sekolah

Beberapa fan jadinya banyak yang melakukan komparasi Kyoukai no Kanata dengan anime idol. Ada yang mengatakan, “Seharusnya anime idol belajar dari Kyoukai no Kanata ini. Beginilah seharusnya adegan menyanyi dan menari dalam anime idol ditampilkan.” Ada juga yang menambahkan, “Flaschback scene dari lagu ‘Yakusoku no Kizuna’ jauh lebih bagus dibandingkan seluruh arc karantina persiapan penampilan dari anime idol.

Dalam perbandingan dengan anime idol, adegan group idol dance pada Kyoukai no Kanata jauh lebih unggul dalam hal animasi yang memukau dan detail. Setiap adegannya memberikan pengalaman visual yang tak terlupakan bagi para penonton. Padahal adegan menari dan menyanyi dalam anime Kyoukai no Kanata bukanlah bagian inti dari anime ini, hanya sebagai filler (pengisi saja). Namun tim animator mencurahkan usaha terbaiknya untuk menghasilkan karya yang indah seperti ini.

Kyoukai no Kanata Yakusoku no Kizuna
Adegan Drama saat Berlatih

Walaupun belum pernah menonton anime idol dengan animasi 3D yang buruk, membaca komentar dari para fan di internet cukup meyakinkan saya bahwa kebanyakan anime idol ada masalah di bagian animasinya. Adegan tarian grup pada anime Kyoukai no Kanata dapat dijadikan sebagai referensi bagi para penggemar yang mencari tampilan idol dengan kualitas animasi yang tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali