Langsung ke konten utama

Cara Unik Mensyukuri Kelahiran Buah Hati

Banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap hadirnya kehidupan baru di keluarga. Cara yang paling umum adalah dengan merayakan tanggal saat bayi tersebut lahir setiap tahunnya; yang kita kenal dengan hari ulang tahun. Selain memperingati hari ulang tahun, ada juga beberapa inspirasi bagaimana merayakan kehadiran seorang anak dengan unik dari anime.

Sebuah toko wagashi (kue khas Jepang) dikisahkan mengenang kelahiran putra pertama dengan membuatkan jenis camilan yang baru. Ryokushou, nama toko wagashi tersebut, merupakan sebuah toko yang menjadi latar cerita dalam anime Deaimon. Anime yang berlatar cerita di Kota Kyoto ini, bercerita tentang perjalanan Nagomu Irino untuk menjadi penerus toko kue Ryokushou yang sudah dikelola turun temurun. Ketika Nagomu lahir, sang kakek yang merupakan pendiri toko ini sangat senang dengan kelahiran cucu pertamanya. Ia mengenangnya dengan menambahkan menu baru pada daftar.

Nagomu lahir ketika titik balik musim dingin (winter solstice). Momen ini juga merupakan momen terdingin di musim dingin karena bumi berada di posisi yang paling jauh dengan matahari. Banyak orang rentan terserang flu pada waktu ini. Di Kyoto ada budaya mandi dengan air panas yang dicampur dengan jeruk yuzu. Aroma jeruk yang kuat dipercaya dapat menangkal penyakit serta membuat tubuh menjadi hangat dan nyaman.

Ketika keluarga Irino tahu bahwa hari perkiraan lahir cucu pertamanya sekitar 22 Desember, kakek Nagomu berkata, “Aku harus membuat sebuah cemilan manis berbahan yuzu.” Ia bahkan dengan cekatan langsung membeli alat pemeras jeruk. Sang kakek ingin mengenang momen kelahiran cucu pertamanya dengan membuat kue yang akan menjadi bagian dari tokonya. Hasilnya setiap bulan Desember toko ini menjual yuzu youkan, kue manis rasa yuzu yang populer di kalangan pelanggan.

Deaimon: Recipe for Happiness
Sang Kakek yang Sedang Menceritakan Filosofi yuzu youkan

           
Sang kakek menceritakan tentang makna dari yuzu youkan ini kepada Nagomu kecil. Nagomu jadi rajin membantu memeras jeruk-jeruk ini. Ia merasa yuzu youkan bagian dari dirinya. Ketika sudah dewasa dan kakeknya sudah wafat, kenangan bersama kakeknya ini merupakan salah satu pendorong yang membuat Nagomu mau berjuang sebagai penerus usaha ini.

            Anime lainnya ada juga yang menceritakan konsep yang mirip. Keluarga Kawachi di anime Usagi Drop memiliki kebiasaan menanam sebuah pohon setiap ada anak yang lahir di keluarganya. Pohon yang dipilih merupakan pohon kayu yang bisa tumbuh besar dan berusia panjang. Jadi bibit yang ditanam akan tumbuh bersama dengan dengan anak tersebut.

Misalnya ketika Daikichi Kawachi, yang merupakan karakter utama dari serial ini lahir, kakeknya menanam pohon olive tea (osmanthus). Tanaman yang sering dijadikan teh ini memiliki aroma yang harum. Tinggi pohon tersebut pada awalnya sama dengan perkembangan tinggi Daikichi. Lama kelamaan pohon itu terus bertumbuh hingga melebihi tinggi rumah. Sampai Daikichi besar dan bekerja sebagai pegawai kantoran, pohon osmanthus ini masih berdiri kokoh di rumahnya dulu.

Usagi Drop
Pohon osmanthus yang Ditanam Saat Daikichi Lahir

Ketika Daikichi membesarkan Rin, seorang anak yatim yang dititipkan kepadanya, ia teringat dengan kebiasaan keluarganya ini. Daikichi mengusulkan untuk menanam sebuah pohon untuk memperingati Rin yang mulai masuk SD. Rin meminta untuk menanam pohon plum karena ia suka manisan buah ini. Menanam pohon yang akan tumbuh bersama ini dapat menjadi cara untuk membuat memori. 

Menanam pohon untuk memperingati hari kelahiran seorang anak merupakan ide yang menarik. Tumbuhnya pohon dapat menjadi memori tumbuh kembangnya anak juga. Ketika si anak sudah lebih besar dan mengerti, ia dapat diajarkan untuk merawat tanaman yang ditanam bertepatan dengan kelahirannya. Sang anak pun bisa mengurus dengan lebih telaten karena merasa tanaman tersebut memiliki koneksi dengannya.

Selain memperingati hari kelahiran dengan merayakan ulang tahun seperti pada umumnya, ada juga cara lain untuk menunjukkan rasa syukur terhadap hadirnya sang anak ke dunia. Anime Deaimon mengisahkan seorang pemilik toko yang membuat varian kue baru untuk memperingati hadirnya cucu pertama. Cerita Usagi Drop memberikan inspirasi untuk menaman sebuah bibit saat seorang anak lahir. Dengan membuat sesuatu yang bermakna untuk mensyukuri kelahiran dapat membuat memori yang berkesan bagi si anak hingga dewasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali