Langsung ke konten utama

Jangan Ikuti Kata-Kata Seminar Motivasi

 “Jangan hiraukan kata orang. Fokus saja pada impianmu!”

            Kalimat di atas seringkali kita dengar di sesi motivasi atau dukungan semangat dari kawan. Sekilas nampak tidak ada yang salah dari susunan kata di atas. Terkadang ada perkataan orang lain yang malah membuat kita ciut untuk mengejar impian.

“Enggak usah capek-capek ngejar cita-cita. Hidup santai aja.”

“Ngapain kerja terus, sekali-kali nongkrong juga lah.”

“Kamu enggak akan mungkin bisa kuliah ke luar negeri. Kuliah ke luar negeri mahal.”

Beberapa perkaatan yang bisa mengurungkan niat untuk meraih cita-cita malah terkadang terucap dari teman terdekat.

Dalam mengejar cita-cita kita perlu bekerja keras dan cerdas. Tidak mendengarkan kata-kata yang bisa membuat down dan tidak semangat merupakan salah satu langkah konkret dalam fokus menggapai cita-cita. Fokus kepada impian memang baik. Namun ada kalanya kita perlu juga mempertimbangkan peringatan orang lain dan tidak bersikap egois. Sebuah anime bercerita tentang seseorang yang fokus meraih cita-citanya hingga mengorbankan banyak orang.

Anime Tenki no Ko atau Weathering with You mengisahkan tentang seorang remaja bernama Hodaka yang bertemu dengan seorang gadis bernama Hina yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca. Namun, kemampuan ini memicu bencana alam yang mengancam kota Tokyo. Hodaka, yang berusaha untuk membantu Hina, terus menggunakan kekuatan gadis itu untuk menghentikan hujan meskipun sudah menerima peringatan alam tentang bencana yang akan terjadi. Orang-orang di sekitarnya juga sudah mengingatkan mengenai bahayanya menggunakan kekuatan magis tersebut terus menerus. Namun Hodaka tidak mengidahkan peringatan tersebut dan keras kepada.

Hodaka bahkan berkata kepada Hina, “Siapa peduli kalau kita tidak melihat sinar matahari lagi. Aku menginginkanmu lebih dari langit biru. Biarkan saja cuaca kacau!”Ia fokus terhadap keinginannya untuk selalu berada di samping Hina, walau dengan konsekuensi langit bergemuruh dan hujan terus menerus turun.

Hingga akhir cerita gara-gara fokusnya seorang remaja d alam mengejar impian untuk bersama gadis yang dicintainya, seluruh kota Tokyo mengalami fenomena hujan yang tidak pernah berhenti. Akhirnya, kota Tokyo terendam banjir karena kelalaian manusia yang tidak mengindahkan peringatan alam.

Dalam anime ini, terdapat pesan tentang betapa pentingnya kita untuk menyadari tanda-tanda yang diberikan oleh alam. Kita harus mendengarkan dan mengambil tindakan saat alam memberikan peringatan tentang bahaya yang akan terjadi. Hal ini sejalan dengan situasi lingkungan saat ini. Kita seringkali mengabaikan peringatan alam dan terus merusak lingkungan.

Perumahan dan penginapan terus dibangun di daerah lereng gunung yang seharusnya menjadi area resapan air. Sekali dua kali banjir yang terjadi belum bisa mengingatkan pengembang properti untuk berhenti mengeksploitasi lingkungan. Izin ilegal yang diberikan pejabat korup pun malah memperlancar pelaku bisnis yang hanya fokus untuk profit tanpa kepedulian terhadap lingkungan. Barulah ketika bencana tanah longsor terjadi dan memakan korban jiwa rasa penyesalan terasa.

Selain tentang peka terhadap pertanda dari alam, anime ini juga mengingatkan untuk peka terhadap tanda-tanda dari tubuh sendiri. Ada kejadian yang sempat menghebohkan karena ada mahasiswa yang meninggal seusai mengerjakan skripsi. Ia fokus ingin lulus. Mahasiswa tersebut tidak mempedulikan tanda-tanda kelelahan dari tubuhnya yang merupakan sinyal untuknya beristirahat sejenak. Ia memaksakan tubuhnya untuk bekerja melewati batas fisik kesanggupannya.

Ada juga mahasiswa yang terlalu giat untuk belajar dan mengejar target IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi. Ia rela tidak tidur dan tidak makan agar bisa mengerjakan soal ujian dengan maksimal. Akibatnya di akhir semester sakit tipus dan perawatan di rumah sakit menyambutnya. Kesehatan, apalagi nyawa, merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Tidak sepadan jika mengorbankan hal tersebut untuk terlalu ambisius dalam mengejar impian.  

Bersemangat dalam mengejar impian merupakan sesuatu yang positif. Malah diharuskan. Namun apabila melebihi batas hingga akan berbalik merugikan diri. Seperti dalam pesan yang disampaikan pada anime Tenki no Ko tentang peka terhadap tanda-tanda dari alam, saat berjuang menggapai cita-cita kita juga perlu terbuka terhadap sinyal-sinyal dari tubuh untuk tahu kapan rehat sejenak, agar tidak membahayakan jiwa dan raga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali