Langsung ke konten utama

Mengapa Ada Penggemar yang Suka Tokoh Jahat (Part 2)

 Ainz yang merupakan seorang undead tinggal di sebuah tempat bernama Makan Besar Nazarick (The Great Tomb of Nazarick). Pada season ke-3 dikisahkan ada petualang yang ingin menelusuri Makam Besar Nazarick, yang merupakan tempat tinggal Ainz. Tanpa basa-basi, saat para perualang baru memijakkan kaki ke makam tersebut, mereka langsung dibantai dengan kejam oleh bawahan Ainz. Sebagian juga ada yang diculik untuk dijadikan bahan percobaan yang tidak manusiawi oleh salah satu penghuni makam.

Masih pada season yang sama Ainz yang juga merupakan seorang penyihir dikisahkan menggunakan sihir tingkat tinggi dalam sebuah peperangan. Ainz memanggil beberapa monster raksasa berwarna hitam dan memiliki banyak tentakel bernama Dark Young. Monster ini menginjak-nginjak orang-orang di medan perang. Dengan menggunaka satu mantra saja, lebih dari 180.000 prajurit terbantai.Medan perang bagaikan neraka. Kengerian ini digambarkan di novel dengan satu halaman penuh yang bertuliskan kata “Splat Splat Splat” yang menggambarkan suara daging yang diratakan oleh kaki Dark Young.

Overlord Splat Splat Splat
Kata Bunyi Splat (Bunyi Benda Basah yang Terinjak) Memenuhi Halaman

Di tengah pembantaian tersebut Ainz malah tertawa dan berkata, “Berikan tepuk tangan atas kehebatanku.” Ainz tidak merasakan emosi apa-apa saat menyaksikan pembantaian tersebut. Sungguh tokoh yang jahat.  

Season terbaru juga tidak luput dari menceritakan bagaimana beringasnya sang tengkorak ini. Dikisahkan Ainz mendirikan kerajaan baru di tanah negara yang kalah perang akibat pasukannya dibantai itu.  Kerajaan Ainz sedang mengirimkan ransum berupa gandum dan bahan makanan lainnya untuk kerajaan tetanga. Di tengah perjalanan, rombongan kereta kuda yang mengangkut bahan makanan tersebut dirampok. Ainz marah besar. Ia menyatakan perang terhadap negara yang warganya mencuri dari karavan milik kerajaan Ainz.

Satu negara benar-benar dihancurkan. Ainz dan pasukannya menyerang seluruh kota yang ada di negara tersebut, mulai dari kota terluar hingga ibu kota yang berada di tengah. Di akhir season digambarkan ibu kota sudah rata dengan tanah. Tidak ada lagi manusia yang masih hidup.

Dengan seluruh kekejaman yang diperlihatkan tokoh ini, saya bingung mengapa ada orang yang suka dengan karakter Ainz dan anime Overlord. Membaca komentar dari penggemar di beberapa forum dikusi, ada beberapa poin yang diutarakan yang menjadi dasar mengapa beberapa orang tetap menyukai Ainz, diantaranya:

·       Kompleksitas: Ainz adalah karakter kompleks dengan latar belakang yang unik dan kepribadian yang beragam. Dia tidak hanya jahat hanya untuk menjadi jahat, tetapi memiliki serangkaian motivasi dan keyakinan yang kompleks yang mendorong tindakannya. Misalnya serangan-serangan yang dilakukannya sebenarnnya bertujuan untuk melindungi para penghuni Nazarick.

·       Empati: Meskipun menjadi karakter jahat, Ainz sering ditunjukkan memiliki momen-momen kasih sayang dan empati terhadap bawahannya dan karakter lain dalam seri. Ia jahat terhadap musuhnya, tetapi digambarkan lembut untuk orang-orang yang dianggap sebagai keluarga dan rekannya.  Ini dapat membuatnya menjadi karakter yang lebih dapat dirasakan dan disukai oleh beberapa penonton.

·       Kekuatan: Ainz adalah karakter yang sangat kuat, yang dapat membuatnya menjadi karakter yang menarik bagi beberapa penonton yang menyukai karakter yang kuat dalam aksi. Ia tidak tanggung-tanggung dalam memperlihatkan kekuatannya. Tidak seperti pada kebanyakan anime yang menceritakan tokoh utama terkadang kalah oleh lawannya, Ainz merupakan wujud kekuatan absolut. Di dunia Overlord, ialah karakter tingkat kekuatannya paling tinggi. Tidak ada yang lebih kuat darinya.

·       Moralitas: Beberapa penonton mungkin tertarik pada ambiguitas moral Ainz. Bagaimana Anime mengeksplorasi dilema etis yang kompleks dan konsekuensi dari kekuasaan dan otoritas menarik untuk diikuti. Pembantaian Ainz terhadap satu kerajaan hanya karena sedikit persediaan gandumnya diambil merupakan hal yang bisa diperbebatkan secara moral. Di satu sisi ada yang berpikir bahwa balasan tersebut tidak setimpal. Namun pada sisi lain ada yang berpendapat bahwa sekecil apapun gangguan yang diberikan harus dibalas agar jera.

·       Daya tarik anti-hero: Ainz dapat dianggap sebagai anti-hero, jenis protagonis yang memiliki karakteristik yang biasanya dikaitkan dengan penjahat. Ini dapat membuatnya menjadi karakter yang menarik dan menarik untuk diikuti bagi beberapa penonton. Karakter utamanya tidak hanya seperti cerita lain pada umumnya yang lurus untuk membela kebenaran. Adanya bumbu sifat jahat pada protagonist membuat cerita semakin pedas untuk disimak.

Pada akhirnya, kesenangan orang terhadap Ainz sebagai karakter mungkin berbeda-beda tergantung pada preferensi dan pandangan pribadi mereka terhadap moralitas dalam fiksi. Beberapa alasan yang mendasari mengapa Overlord memiliki fan base yang besar dan karakter Ainz disukai diantaranya karena kompleksnya karakter ini, punya empati yang tinggi, sangat kuat, membuat moral bertanya tanya, hingga ada unsur menarik dari tipe protagonis anti-hero. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali