Langsung ke konten utama

13 Aktivitas Menarik di Antarktika Berdasarkan Anime Sora Yori mo Tooi Basho

Antarktika merupakan salah satu benua yang terluas di dunia, tetapi tidak ada manusia yang bermukim di sana. Suhu yang sangat rendah dan kondisi alam yang ekstrem membuat benua ini tidak layak untuk dihuni. Manusia yang tinggal di sana hanyalah para peneliti dan ilmuan. Mereka pun tidak tinggal secara tetap. Biasanya mereka hanya datang pada musim panas dan kembali ketika musim dingin.

Lalu di benua yang luas dengan sedikit orang apa yang dapat dilakukan? Anime Sora Yori mo Tooi Basho (A Place Further than the Universe) memberikan gambaran beberapa kegiatan yang dilakukan orang-orang di pusat penelitian yang ada di Benua Antarktika. Anime ini menceritakan petualangan -empat siswi SMA–Mari, Shirase, Hinata, dan Yuzuki–ke Antarktika. Melalui perjalanan ke Benua Penguin ini, mereka menemukan lebih banyak tentang diri mereka sendiri, tentang dunia, dan tentang arti dari persahabatan dan petualangan. Berikut ini adalah 11 hal menarik yang bisa dilakukan di Antarktika, terinspirasi oleh anime ini:

1.       Mengunjungi Stasiun Penelitian: Antarktika memiliki beberapa stasiun penelitian internasional. Mengunjungi salah satu dari mereka bisa memberikan wawasan tentang penelitian ilmiah dan bagaimana kehidupan di tempat yang begitu ekstrem. Terdapat 12 negara yang memiliki basis pusat penelitian di Antarktika, dan Jepang merupakan salah satunya. Keempat gadis ini diceritakan membantu pekerjaan sehari-hari di pusat penelitian, mulai dari menyiapkan makanan, membersihkan gedung, hingga membuang sisa kotoran dari toilet. Di Kutub Selatan biasanya bekas kotoran dibuang dengan cara menggali lubang dan menanamnya di sana.

Showa Station Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 2.       Menjelajah Bentang Alam: Antarktika adalah tempat dengan keindahan alam yang belum tersentuh, mulai dari gunung es yang megah hingga matahari tengah malam yang mempesona. Sejauh mata memandang, hanya bentang alam yang terlihat. Jarang sekali akan ditemukan manusia. Salah satu cara untuk menjelajah area yang tertutup es adalah dengan mengendari snowcat, sebuah mobil khusus untuk medan batuan yang dilapisi es. Selain memiliki fitur eksterior yang kuat, mobil ini juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk makan, minum, dan tidur, untuk memfasilitasi peneliti yang terpaksa harus bermalam di tengah perjalanannya.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

 3.       Berpetualang dengan Kapal Pemecah Es: Untuk mencapai bagian tengah es, biasanya menggunakan kapal ice breaker (kapal pemecah es) untuk membuka jalan. Kapal ini eksteriornya kuat dan memang dirancang untuk dapat kuat berbenturan dengan es. Jadi kapal tersebut tidak akan tenggelam karena menabrak es seperti kapal pesiar yang tenggelam tahun 1912 di pelayaran pertamanya dari Inggris ke New York.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

4.       Mendaki Gunung: Bentang alam di Kutub Selatan termasuk juga gunung-gunung yang diselimuti es. Kita masih mungkin mendaki gunung yang pendek apabila cuaca cerah dan tidak ada badai salju. Jangan lupa untuk memakai tabir surya. Karena tidak ada pepohonan rindang dan matahari menyinari kita secara langsung, kulit bisa terbakar tanpa perlindungan. Namun setelah sampai di puncak, perjuangan akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe
 

5.       Mengamati Fenomena Matahari: Terdapat beberapa fenomena untuk yang berkaitan dengan cahaya matahari yang dapat diamati dari Kutub Selatan. Pertama ada sun pillar (pilar matahari), yang merupakan fenomena optik yang terjadi ketika cahaya matahari dipantulkan oleh kristal es yang mengapung di atmosfer bawah. Fenomena ini sering terlihat sebagai pilar vertikal cahaya yang membentang ke atas atau ke bawah dari matahari. Selain itu ada juga sun halo, sebuah fenomena optik yang terjadi ketika cahaya matahari dipantulkan atau dibiaskan oleh kristal es di atmosfer. Sun halo terlihat sebagai cincin cahaya atau lingkaran berwarna sekitar matahari.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

 

6.       Mengamati Aurora Australis: Antarktika adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Aurora Australis, fenomena cahaya langit yang mempesona. Fenomena langit ini disebabkan oleh interaksi antara partikel bermuatan (elektron dan proton) yang berasal dari matahari dengan medan magnet dan atmosfer Bumi.  Hanya ada dua tempat untuk melihat aurora: di bagian utara bumi yang bisa mengamati Aurora Borealis, dan bagian selatan yang terkadang muncul Aurora Australis.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

7.       Mengobservasi Bintang: Sedikitnya orang dan bangunan yang ada di Kutub Selatan membuat tempat ini merupakan tempat dengan polusi cahaya paling minim di bumi. Dengan begitu rasi dan gugusan bintang dapat terlihat jelas di langit malam yang tak berawan. Kita bisa bersantai sambil mengamati rasi-rasi bintang favorit. Kiasan “bintang di langit yang tak terhitung” juga akan terkesan logis karena kita bisa melihat hamparan langit yang penuh dengan taburan bintang.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe


8.       Berolahraga: Menggerakkan tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap hangat. Selain olahraga di dalam ruangan seperti tenis meja dan biliar, olahraga outdoor juga bisa menjadi opsi. Walaupun kita sudah terbiasa olahraga di kondisi suhu normal, bisa jadi performa tubuh tidak sebaik yang biasanya saat beraktivitas di cuaca ekstrem. Untuk pendukung olahraga, seperti batas gawang atau area bermain, bisa langsung digambar di es.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

9.       Berkemah: Menginap dengan kemah di tengah es Antarktika bisa menjadi pengalaman yang menantang dan membangkitkan adrenalin. Tentunya perlengkapan camping dan pakaian hangat yang digunakan harus mendukung untuk iklim ekstem. Di dalam tenda, berbagi cerita sambil menegak secangkir kopi panas akan menjadi pengalaman yang menghangatkan badan dan hati. Mie instan panas juga menjadi pilihan yang menarik untuk dinikmati selagi cuaca dingin di luar.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe
 

10.   Minum Air Terbersih di Dunia: Tidak ada polutan yang mengotori air di Kutub Selatan. Air di sini juga merupakan lelehan dari es yang bersih. Jadi mata air di Antarktika bisa dibilang sebagai mata air paling murni di muka bumi. Tanpa perlu dimasak dahulu airnya dapat langsung dikonsumsi. Bayangkan betapa segarnya ketika air tersebut mengalir membahasi kerongkongan.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

11.   Makan Es Serut: Mengambil sampel es bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah iklim Bumi jika diteliti. Es juga bisa langsung dikonsumsi jika tujuannya untuk dimakan. Ketika membeku, es memerangkap udara di dalamnya. Es-es di Antarktika sudah tidak tersentuh selama ribuan bahkan jutaan tahun. Bayangkan bagaimana rasanya memakan es dengan udara berusia ribuan tahun di dalamnya. Kira-kira apakah rasanya berbeda dengan es buatan kulkas di rumah atau ternyata sama saja, ya?

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

12.   Bereksperimen dengan Makanan: Mencoba memasak di lingkungan ekstrem seperti Antarktika bisa menjadi tantangan yang seru. Saking dinginnya udara di sana, bahan makanan akan cepat membeku. Misalnya cobalah menyeduh mie instan, kemudian kita tarik mie ke atas dengan sumpit. Tunggu beberapa saat. Mie tersebut akan membeku dan mengeras. Bentuknya akan tetap seperti ketika ditarik. Apabila kita membiarkan sebuah pisang di luar ruangan. Pisang tersebut akan langsung membeku. Pisang beku ini akan menjadi sangat keras, bahkan bisa digunakan untuk memalu paku.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

 

13.   Berfoto dengan Penguin: Ada kesempatan untuk melihat penguin di habitat aslinya. Biasanya penguin hidup berkelompok. Jadi sekali bertemu dengan seekor penguin kita dapat langsung berjumpa dengan populasi penguin dengan jumlah yang besar. Secara umum asalkan manusia tidak mengusiknya, penguin bukanlah hewan yang akresif.  Meski harus menjaga jarak, kita masih bisa mengambil foto mereka.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe

 

Dari anime A Place Further than the Universe dan dari aktivitas-aktivitas di Antarktika ini, kita bisa belajar banyak hal. Pertama, pentingnya persiapan dan pengetahuan sebelum melangkah ke tempat yang asing dan ekstrem. Kedua, pentingnya rasa penasaran dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman kita. Selain itu, anime ini juga mengajarkan kita tentang nilai persahabatan dan kerja sama dalam menghadapi tantangan. Juga tentang menghargai keindahan alam dan pentingnya menjaga lingkungan. Terakhir, mungkin pelajaran yang paling penting, adalah bahwa tidak ada tujuan yang terlalu jauh atau mimpi yang terlalu besar jika kita memiliki keinginan dan semangat untuk mencapainya. Seperti petualangan empat gadis muda ini, kadang-kadang tujuan kita mungkin tampak lebih jauh dari alam semesta, tapi dengan tekad dan usaha, kita bisa mencapainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali