Langsung ke konten utama

Pengalaman Supranatural Pertama yang Tertangkap Kamera

Berbagai cerita mengenai fenomena supranatural yang tertangkap kamera kerap beredar di internet. Meski sering menemui foto atau video semacam itu, saya belum pernah mengalaminya secara langsung. Namun, hal itu berubah saat libur Lebaran 2023, ketika saya secara langsung menyaksikan fenomena yang tidak biasa melalui layar ponsel.

Pada suatu hari di liburan Lebaran tahun tersebut, saya, Ibu, serta dua tante saya, Tante Puri dan Tante Vit, merencanakan kunjungan ke Bedugul, Bali. Kami berencana mengunjungi Pura Ulun Danu, pura yang terletak di tepi Danau Beratan dan dikenal melalui gambar di uang kertas Rp50.000. Selama perjalanan, Ibu mengingat bahwa Bedugul juga terkenal dengan kebun rayanya. Saya sendiri belum pernah mengunjungi tempat tersebut, atau mungkin saya pernah saat masih kecil tetapi sekarang sudah lupa. Tante Vit menambahkan bahwa kebun raya tersebut kerap menjadi tempat wisata edukasi untuk anak sekolah dan bahkan ada yang merayakan wisuda TK di sana. Akhirnya, kami memutuskan untuk mampir ke Kebun Raya Bedugul sebelum melanjutkan ke Pura Ulun Danu.

Kami berangkat dari Denpasar pukul 9 pagi dan tiba di Kebun Raya Bedugul sekitar pukul 11 siang. Kebun Raya tersebut cukup ramai dengan wisatawan asing dan domestik yang menikmati keindahan alamnya. Beberapa di antaranya tampak berkeliling, berpiknik, hingga bersepeda di area kebun. Kebun Raya Bedugul, dengan rumputnya yang dipotong pendek dan rapi serta jalanan yang bersih, tampak seperti destinasi wisata keluarga yang santai dan menyenangkan.

Di kebun raya tersebut, terdapat sebuah pohon Ficus (Giant Ficus Tree) yang berusia lebih dari 100 tahun dan menjadi salah satu pohon tertua di sana. Warga setempat menyebutnya pohon bunut. Pohon ini tumbuh begitu rimbun hingga batangnya membentuk semacam pilar-pilar, menciptakan ruang di bagian tengahnya. Di bagian bawah pohon, warga biasa meletakkan sesajen.

Ukurannya yang besar dan bentuknya yang unik membuatnya menjadi salah satu tempat foto favorit. Ketika saya berkunjung, cukup ramai pengunjung dan saya pun ikut mengantri giliran berfoto. Di depan saya ada dua orang, seorang perempuan dan ibunya. Saya pun menawarkan diri untuk membantu mereka berfoto. Dua orang itu berpose di bagian bawah pohon.

Giant Ficus Tree Kebun Raya Bedugul
Besarnya Ukuran Pohon Ficus Membuat Orang Dewasa Terlihat Kecil

Ketika mengarahkan ponsel ke arah pohon, mode ponselnya secara otomatis mendeteksi wajah pada layar. Terdapat ikon kotak kuning yang muncul. Namun tidak hanya dua kotak kuning yang muncul pada wajah anak dan ibunya. Di belakang mereka saya lihat ada cukup banyak kotak kuning lainnya yang terdeteksi. Terdapat sekitar 6-7 kotak. Padahal jelas-jelas hanya ada dua orang yang berdiri menghadap kamera

Saya merinding ketika melihat hal tersebut. Saya sempat bilang kepada mereka tentang hal ini. Namun reaksi mereka biasa saja. Saya malah mendapatkan informasi dari si Mbak bahwa pohon ini pernah jadi tempat shooting klip video salah satu boyband asal Korea Selatan.

Tante Vit yang membantu memfotokan saya mendengar juga hal tersebut. Ketika giliran saya difoto, Tante Vit mengiyakan bahwa ada kotak kuning yang “ikut berfoto” juga. Namun jumlahnya hanya 2-3 buah saja, tidak sebanyak sebelumnya. Mendengar hal tersebut, saya jadi tidak berani berlama-lama berfoto. Setelah mendapatkan gambar, kami pun melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Setelah peristiwa tersebut, saya tidak berani berlama-lama berfoto dan segera melanjutkan perjalanan. Namun, rasa penasaran menggoda saya untuk kembali ke pohon Ficus tersebut. Saya ingin merekam fenomena tersebut dengan dua ponsel: satu mengarah ke pohon dan satu lagi merekam layar ponsel pertama. Namun, ketika kami kembali dan mencoba mengambil gambar lagi, tidak ada kotak deteksi wajah yang muncul.

Pengalaman ini benar-benar pertama bagi saya. Sejak itu, saya mulai berpikir bahwa kita hidup berdampingan dengan alam yang tidak kasat mata. Mungkin penghuni alam gaib tersebut, baik secara sengaja ataupun tidak, seringkali bersinggungan dengan manusia. Asalkan kita bijak dan saling menghormati, kita bisa hidup berdampingan dengan nyaman. Jika manusia tidak mengganggu, mereka pun seharusnya tidak akan mengusik kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali