Langsung ke konten utama

Mengambil Paket di Minimarket

 Ketika membicarakan minimarket atau yang kerap disebut convenience store, gambaran yang muncul di benak kebanyakan orang mungkin adalah toko kecil yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Namun, di Taiwan, convenience store seperti 7-11, Family Mart, dan Hi-Life membawa definisi tersebut ke level yang lebih tinggi dengan beragam fasilitas yang mereka tawarkan.

 Dalam menjawab kebutuhan konsumen, minimarket di Taiwan tak hanya menyediakan barang-barang konsumen seperti di Indonesia, tapi juga melengkapi layanan mereka dengan mesin cetak dan fotokopi, serta menyediakan majalah dan koran. Bahkan, untuk mencicipi kuliner lokal, mereka juga menyediakan tea egg (telur rebus dalam rempah-rempah) dan ubi bakar. Tak perlu khawatir tentang waktu, karena minimarket ini buka 24 jam dan tersebar di berbagai tempat, memudahkan pengunjung untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya kapan saja. Bahkan ketika tahun baru Imlek, saat semua restoran dan toko lainnya tutup, beberapa minimarket masih membuka pintu tokonya.

Satu hal yang sangat membantu dan membedakan minimarket Taiwan adalah layanan mereka untuk menerima barang dari belanja online. Di Indonesia, barang yang dibeli dari marketplace biasanya dikirim ke alamat rumah atau kantor. Kendala yang kerap ditemui adalah ketika tidak ada orang di rumah atau kurir harus menghubungi nomor penerima hingga beberapa kali untuk keluar rumah dan mengambil paketnya.

Berbeda dengan Taiwan, alamat pengiriman bisa ditujukan ke toko convenience store terdekat, bisa dekat rumah atau tempat kerja. Misalnya, saat saya baru datang ke Taipei dan ingin membeli SIM Card Telkomsel. Mereka menawarkan paket internet yang relatif murah dibandingkan provider Taiwan. Saya membelinya melalui Facebook official dan memilih paketnya diantarkan ke gerai 7-11 dekat kampus. Pengambilannya biasanya diminta nomor resi dan nomor telepon. Pembayarannya juga melalui kasir 7-11.

Ongkos kirimnya juga relatif terjangkau. Bahkan, pengiriman barang juga bisa dilakukan melalui convenience store. Sebagai contoh, teman saya menjual speaker melalui platform jual beli barang pre-loved, Carrousel. Setelah sepakat dengan pembeli, teman saya yang tinggal di Taipei mengirimkan barangnya ke pembeli di Kota Tainan melalui toko 7-11 dekat rumahnya. Pembeli di Tainan tinggal mengambil dan membayarnya melalui minimarket yang dipilih. Setelah itu, penjual bisa mengambil uangnya di gerai 7-11 di Taipei.

Dengan layanan yang demikian lengkap, minimarket di Taiwan memberikan kemudahan yang luar biasa dalam urusan kirim dan terima barang, khususnya untuk transaksi jual beli online. Fasilitas seperti ini mungkin belum dapat diterapkan dalam waktu dekat di Indonesia karena jangkauan gerai minimarket belum seluas di Taiwan. Namun, konsep ini menarik juga untuk dicoba di kota-kota besar, yang jumlah minimarketnya cukup banyak dan para pembeli online memiliki kendala sering tidak berada di rumah ketika pesanannya diantarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali