Langsung ke konten utama

Ide Oleh-oleh dari Perjalanan yang Khas dan Personal

 Budaya saling memberi oleh-oleh ketika pulang dari bepergian sudah menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia. Namun, ada teman internasional yang pernah kebingungan ketika mengetahui bahwa saya membeli banyak oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, dan teman saat pulang dari perjalanan. Mereka bertanya, "Bukankah barang-barang itu akan memberatkan dan merepotkan?"

Saya pribadi tidak keberatan melakukan ini. Malah, saya sangat menyukai budaya ini. Dari keluarga dan teman, saya pernah mendapatkan berbagai barang dan mencoba makanan atau minuman dari tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Sebagai contoh, Ario memberikan saya magnet kulkas dari Denmark. Yuan juga pernah memberikan saya miniatur boneka matryoshka dari Rusia. Kedua teman tersebut adalah teman seangkatan saya.

Selain itu, Ilham dan Mbak Anggi memberikan saya sajadah setelah mereka pulang dari umrah di tanah suci. Ketika Om Mike pulang dari Norwegia, beliau juga membawakan oleh-oleh berupa coklat dari sana. Saya merasa memberikan oleh-oleh juga merupakan bentuk sarana berbagi kebahagiaan dan keseruan dari tempat yang kita kunjungi.

Saya sering melakukan perjalanan dengan cara backpacking untuk menghemat biaya. Seringkali, saya menggunakan maskapai penerbangan dengan biaya murah (Low Cost Career, LCC) dan tidak membeli bagasi. Oleh karena itu, jika saya ingin membawa oleh-oleh pulang, hal tersebut cukup membingungkan.

Akhirnya, saya menemukan inspirasi mengenai bentuk oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada teman-teman saat pulang dari perjalanan. Ada dua parameter yang saya pertimbangkan, yaitu harus khas dari kota atau tempat tersebut serta harus personal, disesuaikan dengan penerima oleh-oleh.

Salah satu bentuk oleh-oleh yang cocok dengan kedua kriteria tersebut, terutama jika berasal dari luar negeri, adalah kartu pos. Biasanya, di tempat-tempat wisata masih banyak penjual kartu pos. Kartu pos tersebut biasanya memuat gambar pemandangan, objek, atau hal lain yang khas dari tempat tersebut.

Kartu Pos Hong Kong
Kartu Pos Pemandangan Kota Hong Kong yang Sibuk. Saya Memberikannya untuk Teh Sifat (Siti Fatimah) Karena Ingat Kesibukannya yang Banyak

Kita dapat menulis pesan personal yang ingin disampaikan kepada orang yang akan menerima kartu pos tersebut. Saya sering menuliskan pengalaman yang saya temui di tempat tersebut yang mengingatkan saya pada teman yang akan menerimanya. Di akhir tulisan kartu pos, saya juga suka menambahkan harapan agar teman tersebut dapat berkunjung ke tempat tersebut dalam waktu dekat.

Harga kartu pos juga relatif terjangkau. Selain itu, karena ukurannya hanya satu lembar kertas, kartu pos tidak akan memakan banyak tempat jika kita membawa banyak oleh-oleh. Kartu pos ini dapat dikirim melalui jasa pos dengan biaya yang terjangkau. Namun, saya lebih suka memberikannya langsung kepada teman-teman saya. Pengiriman melalui pos dapat memakan waktu antara satu hingga tiga bulan.

Oleh karena itu, kartu pos dapat menjadi salah satu alternatif oleh-oleh yang khas dari tempat wisata yang dikunjungi dan dapat ditulis sesuai keinginan kita. Hal ini memberikan kesan personal dan mengingatkan teman-teman kita akan perjalanan yang telah kita lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali