Langsung ke konten utama

Inspirasi dari Ikan, Laron dan Semut

 Saya tidak berlangganan Spotify, dan juga tidak menggunakan aplikasi streaming musik tersebut. Kalau ditanya alasannya, sering kali saya menjawab, “Lagu-lagu saya jarang ada di Spotify”. Saya sering mendengarkan lagu dari banyak negara, mulai dari Jepang, Korea, Taiwan, hingga Brazil. Paling banyak proporsinya lagu anime dan pop dari Jepang sih.

Salah satu lagu favorit saya, yang berjudul Ikan, Laron, dan Semut, juga tidak ada pada daftar lagu yang dapat dinikmati pada aplikasi Spotify. Lagu dari grup band Fatih ini bercerita tentang seseorang yang melakukan dialog dengan tiga ekor hewan. Pertama, ia bertanya kepada ikan yang berenang di kolam tentang apakah si ikan tidak bosan berada di sana. Kedua, ia bertanya kepada laron apakah si serangga merasa sia-sia karena hidupnya hanya semalam. Lalu, ia juga penasaran kepada semut yang tidak perlah lelah bekerja.

Jawaban dari ketiga hewan ini cukup mengejutkan. Si ikan bilang walupun berada di kolam yang kecil, ia bersama Tuhannya setiap hari. Laron-laron tak merasa hidup sia-sia karena walau singkat selama hidup ia menyebut nama Tuhannya. Para semut pun tidak merasa lelah karena dalam setiap pekerjaannya bersama Tuhannya. Respon dari para hewa ini membuat si tokoh dalam cerita merefleksikan hidupnya. Sudah sedekat apa ia dengan Tuhannya.

Saya pertama kali mendengarkan lagu akapela ini saat SMA. Kegiatan ekstrakulikuler DKM (Dewan Keluarga Masjid) yang saya ikuti memutarkan lagu ini. Hal yang membuat saya terpikat dengan lagu Ikan, Laron, dan Semut adalah liriknya. Tak hanya orang dalam lagu, saya pun ikut merenungkan bagaimana usaha saya dalam beribadan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Apakah saya selalu ingat kepada Tuhan setiap saat seperti si ikan? Apakah saya selalu berdzikir dan beribah jika ada keluangan waktu walau sebentar layaknya laron yang dihupnya singkat? Apakah saya selalu ikhlas dalam bekerja dan meniatkannya untuk beribadah bak si semut?

Lagu yang baik, tidak hanya membuat kita menikmatinya, tetapi juga memberikan pelajaran. Lagu Ikan, Laron, dan Semut mengajak kita merefleksikan diri tentang seberapa dekat diri dengan Tuhan. Namun sayangnya, lagu yang inspiratif ini belum tersedia di platform streaming musik populer.

Berikut lirik dari lagu Ikan, Laron, dan Semut

*)
Aku senang, aku senang
Tapi bingung, aku bingung
Aku senang, aku senang
Tapi heran, aku heran

Dan akupun bertanya
Pada semua ikan di kolam
Tiadakah kau bosan, disitu
Dan diapun menjawab,tiada bosan
Walau berada di tempat sekecil ini
Karena ku di sini, setiap hari, bersama Tuhanku

Dan akupun bertanya
Pada laron-laron berterbangan
Kenapa kau hidup semalam
Dan Iapun menjawab,Tiada tersiap
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam
aku hidup, Ku sebut Tuhanku
back to *)

Dan akupun bertanya
Pada semut-semut di sarangnya
Tidakkah kau merasa lelah bekerja
Dan Dia pun menjawab, Tiada lelah
Walau sepanjang hidup aku terus bekerja
Karna setiap saat dalam bekerja, bersama Tuhanku

Dan ikanpun menjawab,tiada bosan
Walau berada di tempat sekecil ini
Karena ku di sini, setiap hari, bersama Tuhanku

Dan laronpun menjawab,Tiada tersiap
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam,aku hidup, Ku sebut Tuhanku

Dan semutpun menjawab, Tiada lelah
Walau sepanjang hidup aku terus bekerja
Karna setiap saat, dalam bekerja, bersama Tuhanku

Dan aku bertanya, pada jiwaku
Sejauh apa hidup tanpa Tuhanku
Dan aku bertanya, pada hatiku
Sedalam apa hidup tanpa Tuhanku
Dan aku bertanya, pada diriku
Sekeras apa kerja tanpa Tuhanku (3x)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali