Langsung ke konten utama

Pelajaran Menyikapi Keadaan Kelahiran dari Anime Handyman Saitou in Another World

Kita tidak dapat memilih pada keluarga mana dan dalam kondisi apa kita dilahirkan. Namun kita dapat memilih bagaimana bersikap tentang keadaan kita dilahirkan. Ada pelajaran yang dapat diambil dari sebuah anime bergenre isekai yang ditayangkan di musim semi 2023.

Anime Benriya Saitou-san Isekai ni Iku (Handyman Saitou in Another World) bercerita tentang Saitou, seorang handyman (tukang seba bisa, mulai dari membuka kunci hingga menjahit tas), yang bereinkarnasi ke dunia lain dan tergabung dalam sebuah party untuk menjelajahi dungeon. Kelompok tersebut terdiri dari seorang mage (penyihir) tua, heavy armor warrior (ksatria berbaju besi berat), moonlight fairy (peri cahaya bulan), dan Saitou sendiri.

              Lafanpan, si Peri Cahaya Bulan, awalnya terkesan saat perhitungan dan mata duitan. Ia menguasai sihir penyembuhan dan penguatan. Kalau sedang bertarung dengan musuh dan anggota timnya ada yang terluka parah hingga sekarat, ia dapat segera menyembuhkan mereka. Namun, jika timnya mengalami sakit yang tidak, Lafanpan akan meminta biaya. Misalnya saat Morlock, sang penyihir, merasa sakit pinggang dan meminta Lafanpan untuk meredakan nyerinya, si peri menekan biaya satu keping emas untuk biaya berobatnya.

benriya saitou-san isekai ni iku
Pinggangmu Sakit? Biaya Berobatnya Satu Keping Emas!

              Ternyata, sifat perhitungan Lafanpan berasal dari latar belakang kelahirannya. Usut punya usut, ras Moonlight Fairy pernah dikutuk oleh Dewi Bulan dahulu kala. Peri memiliki fitur yang elegan dan paras yang cantik. Mereka jadi angkuh dan sombong. Karena kesombongannya itu, mereka dikenakan kutukan. Para peri harus menghaturkan persembahan berupa emas dan logam mulia setiap malam bulan purnama. Jika tidak, tubuh peri akan mengecil setiap bulan purnama. Raelza, sang ksatria, bercerita pertama kali bertemu Lafanpan ukurannya lebih besar dari badannya sekarang yang hanya sepanjang 30 cm. Jika tidak memberikan persembahan, dalam lima tahun ia akan berukuran sebesar beras.

              Tokoh Peri Cahaya Bulan ini mengingatkan kita agar tidak cepat menghakimi orang berdasarkan perlakuannya. Bisa jadi ada hal lain yang kita tidah tahu, yang membuatnya berlaku seperti itu. Contohnya apabila ada orang yang pelit atau perhitungan terhadap sesuatu, bisa jadi keluarganya ketat secara ekonomi atau mungkin banyak tanggungan sehingga pengeluarannya harus dihemat. Jadi dengan berasumsi bahwa setiap orang punya latar belakang tertentu yang membuatnya bersikap atau berperilaku tertentu, hendaknya kita berasumsi ada hal yang mendasari hal tersebut yang tidak diketahui.

              Walaupun punya kebutuhan emas yang berkaitan langsung dengan hidupnya, Lafanpan tidak pernah mengemis dan tidak mau menerima santuan. Jika ada orang yang memberikan koin emas secara cuma-Cuma, si peri akan menolaknya dengan halus. Ia ingin emas yang dihaturkan pada bulan purnama merupakan hasil kerja kerasnya.

benriya saitou-san isekai ni iku
Persembahan Emas Saat Bulan Purnama

Cerita dari anime ini tidak berhenti sampai sini saja. Ada pesan bijak yang disampaikan terhadap bagaimana kita bersikap. Mengetahui hal ini, Saitou jadi beberapa kali meminta bantuan Lafanpan untuk diberikan enhancement magic (sihir penguatan) ketika mau membuka kunci kotak harga karun. Dan Saitou memberikan imbalan sekeping emas pada Lafanpan. Padahal tanpa bantuan dari Lapanfan, si tukang buka kunci juga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Ini mengajarkan kita bahwa cara terbaik untuk membantu orang yang tidak ingin dikasihani adalah dengan menggunakan jasa atau membeli produknya, bukan hanya memberikan uang.

Keadaan, ras, maupun orang tua yang melahirkan sudah ditakdirkan. Bagaimana kita mensyukuri dan bersikap untuk menyikapi keadaan merupakan pilihan individu masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali