Langsung ke konten utama

Rekomendasi "Restoran Sedjak" di Bandung

 Kota Bandung terkenal dengan wisata kulinernya. Dengan beragam pilihan makanan yang tersedia, mulai dari panganan tradisional seperti nasi timbel, batagor, baso tahu, colenak, dan seblak, hingga makanan internasional seperti steak, dim sum, dan sushi, Bandung tidak pernah kehabisan pilihan untuk menyenangkan lidah.

Kalau memberikan rekomendasi tempat makan sampai kebingunan karena banyak yang memanjakan lidah dan menarik untuk dicoba. Namun, kalau ada teman lokal ataupun internasional yang berkunjung ke Bandung, saya selalu mengajaknya ke tempat-tempat legendaris yang sudah berdiri sejak lama. Jarang saya mengajak orang yang wisata ke Bandung untuk mencoba tempat kekinian yang baru viral belakangan.

Braga Permai Bandung
Restoran Braga Permai yang Merayakan Ulang Tahun ke-100 di Tahun 2023

Mengapa? Karena tempat-tempat legendaris ini memiliki rasa yang sudah teruji dan tak lekang oleh waktu. Tempat-tempat ini telah berdiri selama puluhan tahun dan masih beroperasi sampai hari ini, yang menjadi bukti keberhasilan dan konsistensi mereka dalam mempertahankan kualitas makanan.

Contohnya adalah Roti Gempol, toko roti legendaris yang berdiri sejak tahun 1958, atau Sumber Hidangan, yang telah memanggang roti sejak tahun 1929. Kemudian ada Braga Permai yang sudah menyajikan makanan sejak tahun 1918 dan Toko You yang membuka usaha sejak tahun 1947. Semua tempat ini telah melayani generasi demi generasi pelanggan dengan menu-menu mereka yang lezat dan konsisten. Itulah salah satu alasan mengapa mereka masih bisa bertahan dan bersaing di tengah maraknya restoran dan kafe baru.

Braga Permai Bandung
Bangunan Braga Permai (Dulu Maison Bogerijen) yang Menjadi Cagar Budaya

Untuk menandai tempat-tempat bersejarah ini, saya sering menyebut mereka dengan istilah "Restoran Sedjak". Istilah ini mewakili keberadaan mereka yang sudah lama dan keahlian mereka dalam mengolah makanan. Bahkan keluarga saya juga menikmati makan di restoran-restoran ini. Misalnya Bakso Linggarjati di alun-alun, yang telah menjadi favorit kakek dan ayah saya sejak dulu.

Tentu saja, ini hanya sebagian kecil dari restoran legendaris yang ada di Bandung. Banyak restoran lainnya yang patut dicoba. Oleh karena itu, saya merasa sedikit sayang ketika orang Bandung lebih sering merekomendasikan makanan viral kekinian kepada orang yang baru pertama kali datang ke Bandung. Menurut saya, mencicipi makanan dari restoran-restoran legendaris inilah yang bisa memberi pengalaman kuliner Bandung yang sebenarnya.

Jadi, jika berencana mengunjungi Bandung, pastikan untuk mencoba beberapa Restoran Sedjak ini. Percayalah, kamu tidak akan kecewa dengan keunikan dan kelezatan rasa makanan yang mereka sajikan. Selamat mencoba dan menikmati wisata kuliner Bandung!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali