Langsung ke konten utama

3 Alasan Konser Musik Bisa Berkesan

 Belakangan banyak grup band luar negeri yang mengadakan konser di Indonesia. Salah satu yang paling heboh adalah Coldplay. Mulai dari war (perang) pembelian tiket, berembut venue dengan acara sepak bola, hingga banyak tempat yang memutar lagu-lagu grup band dari Inggris ini membuat antusiasme konsernya semakin tinggi.

Coldplay memang memiliki basis penggemar yang besar. Selain itu, konsernya sangat layak untuk dinantikan. Kata teman saya Rodrigo, ada tiga kunci yang membuat sebuah konser itu menarik untuk ditonton. Dan Colplay punya ketiga hal tersebut.          

Pertama, tentunya lagu-lagu yang putarkan harus enak didengar. Enak didengar bisa berarti memiliki nada yang nyaman di telinga ataupun memiliki lirik dengan arti yang bagus. Lagu yang enak didengar juga bisa membuat pendengar mendengarnya berulang-ulang hingga hafal. Dan nantinya apabila hafal dapat menyanyikan lagunya bersama ketika konser. Lagu-lagu konser menggunakan kunci musik dan nada-nada yang nyaman diputar terus-menerus. Lirik lagunya juga ada yang memiliki arti mendalam, seperti Yellow dan Fix You.

Berikutnya, poin kedua adalah antusiasme peserta konser. Hal yang membedakan hadir di konser musik secara langsung dengan hanya mendengarkan musiknya dari platform streaming musik adalah adanya atmosfer yang dibangun dari penataan panggung, lampu, suara, dan semangat audiensnya. Apabila mendengarkan sendirian, jika lompat-lompat saat mendengarkan lagu mungkin akan dicap aneh. Tetapi apabila berjingkrak-jingkrak bersama ketika konser akan ada banyak penggemar lainnya yang lompat bersama. Semangat dari satu audiens bisa menular ke audiens lainnya dalam sebuah konser. Kata Rodrigo, pada setiap konser Coldplay, di kota manapun itu di seluruh dunia, para penggemarnya pasti antusias ketika lagu-lagunya dimainkan.

Ketiga, poin yang jadi utamanya adalah interaktivitas sang penyanyi. Saat menonton konser, hal yang ingin dilihat adalah bagaimana grup band atau penyanyi favoritnya membawakan lagu. Penyanyi yang semangat bergerak dan berinteraksi dengan audiens dapat membuat konser lebih hidup dan audiens merasa dilibatkan dalam konsernya. Ada penyanyi yang ketika konser hanya duduk diam di tempat sepanjang acara. Jadi audiens tidak merasa dilibatkan. 

Biasanya untuk band-band besar konser diselenggarakan dalam stadium atau lapang yang luas. Orang yang membeli tiket di luar tempat duduk premium hanya akan melihat sang penyanyi berupa titik kecil di atas panggung, walaupun sudah dibantu dengan layar besar. Namun, dengan penyanyi yang penguasaan audiens dan panggungnya bagus, walau mereka hanya terlihat kecil dan jauh, semangatnya masih dapat terasa di seluruh bangku. Sang vokalis utama Coldplay katanya sangat jago dalam membuat audiennya terlibat dalam konser.

Jadi, menurut versi teman saya tiga kunci untuk membuat sebuah konser layak untuk dihadiri adalah penyanyi atau grup yang akan tampil punya lagu-lagu yang enak didengar, penonton yang semangat, dan penyanyi yang dapat merangkul audiens. Lagu dari band-band terkenal memang tidak boleh langsung diduplikasi karena ada hak cipta. Namun, teknik mereka dalam menciptakan lagu, membuat basis audiens yang kuat, hingga kemampuan menguasai panggung dapat ditiru oleh musisi lokal untuk bisa memiliki konser yang berkesan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali