Langsung ke konten utama

A Place Further than the Universe: Salah Satu Anime Paling Berkesan

 Seperti cukup banyak anak lainnya, saya senang menonton film kartun di televisi. Dan kebanyakan kartun yang ditayangkan di Indonesia berasal dari Jepang. Jadi sejak kecil saya sudah menyukai film animasi dari Negeri Sakura.

Ketika kecil, anime yang saya suka merupakan anime bergenre shounen yang memang ditujukan untuk anak-anak seperti Naruto, Digimon dan Dragonball. Bagian paling saya suka adalah pertarungannya yang menggunakan kekuatan super.

Sekarang, genre favorit saya bergeser menjadi slice of life, yang menceritakan berbagai sisi kehidupan. Kebanyakan berlatar di dunia yang bukan fantasi, tanpa kekuatan super dan tanpa makhluk mitologi. Beberapa judul anime yang menduduki peringkat sepuluh besar anime kesukaan saya di antaranya ada Gin no Saji (Silver Spoon), Anohana, dan Barakamon. Hingga tulisan ini dibuat, anime yang paling berkesan bagi saya adalah Sora Yori to Mooi Basho (A Place Further than Universe).

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe
Anime yang Banyak Menampilkan Keindahan Alam Antarktika

Serial anime yang tayang tahun 2018 ini menceritakan kisah Mari Tamaki, seorang gadis Sekolah Menengah Atas yang bermimpi untuk memanfaatkan masa mudanya sebaik mungkin, namun biasanya terlalu takut untuk keluar dari zona nyamannya. Suatu hari, dia bertemu dengan Shirase Kobuchizawa, seorang gadis yang sedang menabung untuk bepergian ke Antarktika, tempat ibunya menghilang pada sebuah ekspedisi. Termotivasi oleh tekad Shirase, Mari bergabung dengannya dalam perjalanan ke tempat yang lebih jauh dari alam semesta. Sepanjang perjalanan, mereka ditemani oleh dua gadis lainnya, Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi.

Anime ini memiliki visual yang indah, musik yang enak didengar, dan menyajikan pemandangan alam Kutub Selatan yang menakjubkan. Di samping semua itu, poin yang paling unggul adalah dari jalan cerita.

Ada beberapa hal yang membuat anime garapan studio Madhouse ini membekas bagi saya pribadi. Pertama, anime ini berlatar cerita di tempat yang unik. Tema utama anime ini adalah mengejar impian untuk menjelajahi tempat baru. Perjalanan ke Kutub Selatan sangat sulit, berat, dan membutuhkan persiapan yang komprehensif. Tak sembarang orang bisa ke sana. Keempat siswi SMA dalam cerita bisa ikut karena mereka menjadi semacam relawan dalam ekspedisi penelitian dari Jepang. Saya menonton anime ini ketika pandemi COVID-19, saat pembatasan sosial yang membuat kita tidak dapat keluar dari rumah. Membayangkan suatu saat nanti setelah pandemi selesai saya bisa pergi bertualang lagi, salah satunya ke Antarktika, membuat kejenuhan dan kepenatan karena berdiam di rumah saja sedikit terobati.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe
Aurora Australis di Kutub Selatan

Kedua, pengembangan karakter dalam cerita ini juga menarik untuk diikuti. Para tokoh dalam anime ini, meskipun merupakan gadis SMA, menunjukkan tingkat kedewasaan dan pertumbuhan sepanjang perjalanan mereka. Ada aspek kepribadian dari diri saya yang tercermin dalam salah satu tokoh. Mari, yang awalnya diceritakan takut keluar dari zona nyamannya, akhirnya mengambil keputusan besar untuk ikut pergi ke Kutub Selatan. Pada perjalanan tersebut ia belajar banyak hal dan tumbuh semakin dewasa. Saya pun demikian. Ada kalanya saya cenderung enggan melakukan hal dan mengambil keputusan yang memaksa untuk melangkahkan kaki ke luar zona nyaman. Padahal, kalau saya memberanikan diri banyak hal baru yang bisa saya pelajari dan pengembangan diri yang didapat. Melihat perkembangan karakter pada setiap episodenya membuat saya cukup terharu ketika menonton.

Sora Yori to Mooi Basho A Place Further than the Universe
Empat Gadis SMA yang Bertualang ke Kutub Selatan

Ketiga, kisah tentang menghadapi kehilangan dan duka yang mengharukan. Salah satu aspek yang paling menyentuh dari anime ini adalah bagaimana tokonya menangani tema kehilangan dan duka. Shirase, awalnya menolak (denial) terhadap fakta bahwa ibunya hilang pada saat badai salju di Kutub Selatan. Ia masih sering mengirimkan email kepada akun ibunya tentang kabar dan aktivitasnya sehari-hari. (Spoiler alert) Bagian yang menguras air mata adalah ketika Shirase membuka unread email pada laptop ibunya yang ditemuinya di sebuah shelter di Antarktika, dan akhirnya menerima kehilangannya (acceptance).  Ketika ayah wafat pada tahun 2009, saya pun awalnya menunjukkan penolakan. Namun lama-kelamaan bisa menerima keadaannya.

Menonton anime, selain menjadi salah satu sarana hiburan, dapat juga digunakan untuk mengambil pelajaran. Anime ini memberikan saya perspektif baru mengenai Kutub Selatan. Bahkan saya memasukkan Antarktika sebagai salah satu rute tur untuk kegiatan virtual tour yang saya inisiasi bersama kakak ketika pandemi. Sora Yori to Mooi Basho menjadi berkesan karena menyajikan inspirasi untuk menjelajahi tempat baru yang indah, berani keluar dari zona nyaman, dan mengajarkan penerimaan dalam menghadapi kesedihan.

 

“The real thing is 10000 times more beautiful”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali