Langsung ke konten utama

Melodi Memori: Bagaimana Konteks dan Musik Membangkitkan Kenangan

 Saat saya tinggal di Taipei, saya pertama kali mendengarkan lagu Lemon oleh Kenshi Yonezu. Saya menyukai lagu tersebut karena nada dan liriknya. Setelahnya saya jadi cukup sering mendengarkannya. Kemudian, pada kesempatan lain dan mendengarkan lagu itu di tempat lain juga, otak saya segera melemparkan saya kembali ke Taipei. Saya merasakan aroma udara kota, mendengar hiruk-pikuk jalanan, dan bahkan merasakan suasana kota yang khas.

Fenomena yang sama juga terjadi dengan lagu Paprika karya musisi yang sama. Saya pertama kali mendengarkan lagu tersebut ketika sedang berada di Tainan. Walaupun saya hanya sekali berkunjung ke kota pelabuhan di selatan Taiwan ini, setiap mendengar lagu Paprika memori saya memutar kembali ingatan ketika berada di sana.    

Fenomena ini sering disebut sebagai context-based memory (memori berdasarkan konteks), suatu fenomena ketika sebuah konteks dapat meningkatkan pemulihan suatu memori tertentu. Salah satu cara otak kita menyimpan memori adalah dengan menghubungkannya dengan keadaan saat itu terjadi. Hal ini bisa mencakup berbagai faktor, termasuk lokasi tempat kita berada, orang-orang yang bersama kita, dan bahkan emosi yang kita rasakan saat itu. Semua elemen ini saling terkait, menciptakan jaringan asosiasi yang membantu kita mengambil memori tersebut nanti.

Musik merupakan sebuah konteks yang bisa menjadi pemicu memori yang kuat karena melibatkan banyak bagian dari otak kita. Ketika mendengarkan sebuah lagu, terutama jika itu lagu yang disukai, otak kita tidak hanya memproses suara, tetapi juga melibatkan pusat emosi, pusat memori, dan lainnya. Jadi jika mendengarkan lagu tertentu di suatu tempat, otak kita mungkin membentuk asosiasi antara lagu itu dan lokasi tersebut.           

Ketika kemudian mendengar lagu tersebut lagi, meskipun kita berada di tempat yang berbeda, otak akan mengambil kembali memori dari lokasi asli tempat pertama kali mendengarkannya. Ini karena lagu tersebut memicu pemulihan memori yang terkait.

              Selain lagu, konteks yang dapat memingatkan pada sebuah memori dapat beruba hal yang menstimulasi indera lain, contohnya indera pengecapan. Ketika SMA, salah satu guru saya pernah memberikan tips agar dapat mengingat kembali materi yang telah dipelajari saat belajar kita dapat memakan permen karet dengan rasa tertentu, misalnya rasa anggur. Kemudian saay ujian, kunyah lagi permen karet dengan rasa yang sama. Dengan begitu ingatan materi yang dipelajari saat persiapan, dapat dimunculkan kembali saat ujian. Penelitan dari Baker dkk (2004) telah membuktikan hal ini.

Fenomena bagaimana otak kita dapat membuat, menyimpan, dan mengambil memori berdasarkan konteks yang berbeda sangat menarik. Musik tidak hanya hiburan, tetapi juga alat yang membantu kita mengingat dan merasakan kembali pengalaman masa lalu. Bukan hanya melalui musik, fenomena ini juga bisa kita temukan dalam hal-hal lain yang kita alami sehari-hari, seperti aroma, rasa, atau bahkan suasana hati. Dengan lebih memahami cara kerja memori berdasarkan konteks ini, kita mungkin bisa menciptakan teknik belajar yang lebih efektif, atau sekadar merasakan kembali kenangan indah dari masa lalu.

            

Referensi

Baker, J. R., Bezance, J. B., Zellaby, E., & Aggleton, J. P. (2004). Chewing gun can produce context-dependents effect upon memory. Appetite 43, 207-210.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali