Langsung ke konten utama

Belajar Mindfulness dari One Shot Manga

Kebanyakan manga merupakan karya serial yang terbit secara berkala, baik mingguan ataupun bulanan. Sang pengarang dengan lihai membuat setiap akhir chapter menggantung sedemikian rupa sehingga membuat pembaca penasaran menunggu kelanjutannya. 

            Penulisan karakter juga disusun agar menarik. Misalnya pada cerita One Piece, pembaca dibuat ingin tahu latar belakang cerita masing-masing anggota kru Topi Jerami serta menanti-nanti bagaimana mereka dapat meraih impiannya. Seiring bertambahnya jumlah chapter, perlahan pengarang memperlihatkan gambaran masa lalu para karakter. 

            Selain berbentuk serial, ada juga manga yang hanya terbit dalam satu chapter saja. Jenis ini disebut sebagai one-shot manga. Manga yang terdiri dari satu chapter ini dapat menyampaikan pesan utamanya hanya dalam beberapa halaman saja. Penulis menggunakan narasi, interaksi tokoh, latar tempat, dan alur cerita untuk memperkuat pesan tersebut. Terlepas dari bagaimana pembaca menangkapnya, manga one-shot biasanya memiliki sebuah inti cerita dan pesan yang diangkat.

Di samping memiliki pesan, kita sebagai pembaca juga dapat belajar konsep mindfullness dari one-shot manga. Konsep hadir seutuhnya ini memiliki prinsip untuk fokus pada saat ini dan apa yang dikerjakan sekarang. Jangan terlalu terlarut di dalam masa lalu dan jangan juga terlalu khawatir atas masa depan yang belum datang. Fokuskan energi dan pikiran untuk menjalani apa yang terjadi di masa ini.

Manga yang terdiri dari satu chapter ini biasanya mengambil sebuah titik waktu pada cerita. Latar belakang tokoh dan kejadian masa lalu tidak digali terlalu dalam. Cerita di masa depan juga seringkali dilewatkan. Pembaca diajak menikmati cerita yang terjadi pada waktu tersebut. Tidak perlu tertinggal di masa lalu dan tidak usah cemas di waktu yang akan datang.

Misalnya, manga berjudul Gaikotsu to Koi wa Dekiru no ka? (Can You Fall in Love With the Skeleton?) memberikan gambaran bagaimana pembaca bisa menikmati cerita dengan hadir seutuhnya pada saat ini. Cerita fiksi fantasi ini dimulai saat Arwen, seorang petualang yang sehari-hari hidup dari berburu monster, membangkitkan sebuah kerangka pada kastil tua.

Kerangka hidup itu ternyata adalah mantan putri dari kastil tersebut yang bernama Lucia. Menurut pengakuan sang putri, seratus tahun lalu ada penyihir jahat yang mengutuknya menjadi kerangka. Selama satu abad ia tertidur sebelum akhirnya segelnya dilepaskan oleh Arwen. Untuk mengangkat kutukan tersebut dan mengembalikan Lucia menjadi manusia, dibutuhkan ciuman dari orang yang mencintainya. Dan Lucia berharap Arwen jatuh hati padanya. 

Can you fall in love with the skeleton?
Arwen yang Membangkitkan Kerangka Lucia

Loving a skeleton is impossible,” kata Arwen. Saya mungkin akan berkata hal yang sama jika berada pada posisi Arwen. Lucia menambahkan bahwa jika setelah tujuh hari kutukannya tidak terangkat, ia akan menjadi monster tanpa pikiran yang dapat menyerang orang-orang. Dan Lucia tidak ingin hal tersebut terjadi. Akhirnya Arwen setuju untuk menjalankan hidup seminggu bersama kerangka Lucia terlebih dahulu.

Singkat cerita, tujuh hari berlalu dan ternyata ada plot twist. Hingga akhirnya cerita ditutup dengan mengharukan. Banyak pembaca yang menitikkan air mata di ujung cerita. Hanya dengan satu chapter, manga ini dapat memberikan kesan mendalam bagi saya dan para pembaca lainnya. Kolom komentar dibanjiri testimoni masterpiece, beautiful, amazing, dan kata-kata pujian lainnya.

Selama cerita sama sekali tidak disinggung tentang latar belakang tokoh Arwen, apa yang dia lakukan sebelum sampai di kastil, dan kisah-kisah masa lalunya. Setelah halaman terakhir, pengarang juga membiarkan para pembaca menginterpretasikan secara bebas kelanjutan dari perjalanan Arwen. Pembaca cukup menyimak cerita Arwen dan Lucia selama tujuh hari bersama.

Can you fall in love with the skeleton?
Sepekan Bersama Kerangka

Pengalaman membaca one-shot manga ini dapat juga direfleksikan pada bagaimana kita menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal yang membuat kita tidak dapat menikmati saat ini adalah terlampau memikirkan masa lalu dan cemas akan masa depan. Misalnya, saya akan mengikuti periode pelatihan sebelum keberangkatan (Pre-Departure Training, PDT) selama enam minggu. PDT ini merupakan fasilitas dari pemberi beasiswa untuk melanjutkan studi. 

Walaupun belum mulai pelatihan, sudah terasa beberapa peserta merasakan kegalauan. Ada yang terus-menerus bertanya tentang dokumen yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Ia bertanya-tanya tentang apakah dokumennya perlu dilegalisasi lagi atau tidak, hingga apakah kalau sudah pernah mengumpulkan maka perlu membawa lagi atau tidak. Sebagian bahkan sudah mulai mengkhawatirkan tentang bagaimana mencari akomodasi yang terjangkau di kota tempat tujuan studi. Kebanyakan akomodasi di dekat kampus harganya meroket. Biaya hidup dari pemberi beasiswa bisa jadi tidak cukup untuk hidup. Masalahnya, PDT bahkan belum dimulai dan berangkat ke universitas masih tahun depan. Kepanikan ini juga menular kepada peserta yang lain.

Memang, hal-hal tersebut perlu dipikirkan dan disiapkan dengan baik. Namun, jika sudah sampai menyita pikiran dan membuat kita tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan saat ini, maka sudah menjadi hal yang negatif. Untungnya, ada salah satu peserta yang mengingatkan untuk fokus saja kepada PDT dahulu. Nikmati prosesnya, ambil banyak ilmu, persiapan diri dengan sebaik-baiknya, dan jalin relasi dengan kawan baru. Masa PDT merupakan waktu yang krusial untuk membekali diri dengan kemampuan teknis dan nonteknis yang dapat mendukung perkuliahan.

One-shot manga fokus menangkap cerita pada satu titik waktu. Dengan keterbatasan jumlah halaman, tidak terlalu banyak flashback dan cerita masa depan yang dapat diakomodasi. Namun, tetap dapat membuat pembaca menikmati ceritanya. Begitu juga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita perlu lebih membiasakan untuk fokus pada momen sekarang. Jangan terlalu terikat dengan masa lalu dan was-was terhadap masa depan. Dengan begitu, kita dapat menikmati setiap momen yang dijalani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali