Langsung ke konten utama

Beragam Jadwal Rotasi Kerja

 Sebelumnya saya hanya tahu hari kerja yang umum, antara Senin sampai Jumat dan Sabtu Minggu libur. Makanya hari Senin sampai Jumat disebut dengan weekdays atau hari kerja serta hari Sabtu dan Minggu dikenal dengan weekend atau akhir pekan. Ada juga jadwal kerja yang masuk dari hari Senin sampai Sabtu dan libu pada hari Minggu.

Jadwal kerja yang agak berbeda saya pernah mendengarnya di industri tambang dan migas. Ada yang jadwalnya setiap dua bulan sekali mendapatkan jatah libur selama tujug hari. Ketika kuliah, saya menghindari bekerja di perusahaan ini karena merasa waktunya tidak bebas dan liburnya hanya sedikit. Walaupun ternyata akhirnya saya berkarir di salah satu perusahaan migas setelah lulus.

Saya dapat penempatan di kantor pusat Balikpapan di bagian Human Resource Management. Jadwal pekerjaan di kantor Balikpapan yang banyak berurusan dengan administrasi, seperti di perusahaan pada umumnya. Hari kerja dari Senin sampai Jumat dan liburnya pada akhir pekan. Jadwal ini dikenal dengan 5:2, 5 hari kerja (on) dan 2 hari libur (off). Karyawan dapat mengambil cuti pada hari kerja.

Lapangan penggalian (site) minyak dan gas perusahaan saya ada di beberapa lokasi di Delta Sungai Mahakam. Karyawan lapangan bekerja dengan jadwal rotasi 2:2, yang berarti dua minggu on dan dua minggu off. Satu posisi pekerjaan dipegang oleh dua orang, yang sering disebut dengan back-to-back. Ketika satu karyawan on, karyawan yang lan off. Dan jadwalnya bergantian. Karyawan lapangan kalau dihitung waktu efektif kerja hanya satu tahun.

Sebelum pertukaran shift akan ada setengah hari yang mereka dapat bertemu dan bekerja bersama untuk melakukan handover. Misalnya karyawan A dan B merupakan back-to-back untuk suatu posisi engineer. Setelah bekerja dua pekan, giliran kerja karyawan A berakhir tanggal 14 Januari. Karyawan B akan datang di pagi hari tanggal 14 Januari. Mereka bekerja sama sampai sekitar pukul 12 atau 13. Berikutnya karyawan A akan pulang dan pekerjaan selama dua pekan ke depan akan dilanjutkan dengan karyawan B. 

Ketika waktu off karyawan lapangan, perusahaan memberikan fasilitas transportasi pulang ke domisilinya. Tidak semua karyawan berdomisili di Balikpapan atau Kalimantan Timur. Tiket pesawat pulang pergi ke kota domisili juga ditanggung oleh perusahaan. Jadi karyawan bisa tinggal di kota manapun di seluruh Indonesia. Bahkan, untuk beberapa level jabatan tertentu disediakan fasilitas helikopter pulang pergi dari site ke bandara. Durasi tempuhnya jadi lebih cepat.

Jarak site cukup jauh dari bandara. Untuk sampai ke bandara Sepinggan di balikpapan dari site terjauh di bagian utara Delta Sungai Mahakam, dibutuhkan waktu tempuh tiga jam dengan speed boat dan dilanjutkan dengan dua jam perjalanan darat. Namun, jika menggunakan helikopter jarak tempuhnya hanya dua puluh menit.

Dengan waktu off selama dua minggu dan tiket transportasi yang ditanggung, karyawan lapangan dapat menghabiskan waktu tersebut sesuai dengan keinginannya masing-masing. Ada karyawan yang memilih untuk menghabiskan waktu di rumah bersama keluarganya. Beberapa karyawan yang masih muda dan belum menikah lebih senang untuk memanfaatkan waktu liburnya untuk jalan-jalan. Ada teman saya yang punya target mengunjung satu kota atau negara baru setiap waktu jeda tersebut.

Dian, adik ipar saya yang bekerja di salah satu perusahaan tambang, pernah bilang alasannya masih tetap bertahan untuk bekerja di perusahannya yang sekarang adalah karena punya waktu libur panjang untuk memfasilitasi hobi jalan-jalannya. Dian yang merupakan orang lapangan juga, memiliki jadwal rotasi 3:2. Namun, bukan tiga minggu waktu kerjanya, melainkan tiga bulan. Setiap tiga bulan sekali, ia mendapatkan jatah libur dua minggu.

Setahu saya, tidak banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan jadwal rotasi seperti perusahaan saya yang dulu. Bianya yang dikeluarkan cukup besar karena setiap dua pekan harus menanggung tiket pulang pergi karyawan ke tempat tinggalnya. Beberapa perusahaan migas lain ada yang menerapkan jadwal rotasi 4:1 (empat minggu kerja dan satu mingu libur) dan 8:2 (delapan minggu kerja dan dua mingu libur). Sebagian ada yang memiliki jadwal kerja di lapangan seperti perusahaan tempat Dian bekerja (3 bulan on, 2 minggu off). Bahkan ada juga yang menerapkan jadwal kerja 6:1, enam bulan bekerja dan satu bulan libur.

Bentuk rotasi kerja 2:2 cukup efektif untuk menjaga semangat kerja karyawan dan mencegah kebosanan. Jika terlalu lama bekerja di site yang tempat terbatas, bisa membuat jenuh. Belum lagi jam kerja di lapangan adalah selama dua belas jam dari pukul 6 pagi hingga 6 sore. Walaupun di lapangan sudah disediakan beragam fasilitas hiburan dan olahraga serta makanan yang lezat, tetap tidak dapat menandingi kebebasan bisa keluar dan jalan-jalan seperti karyawan yang bekerja di kota.

Ternyata, jawal kerja tidak hanya lima hari kerja dan dua hari libur saja. Pada beberapa industri, seperti tambang dan migas, ada jadwal rotasi kerja lainnya. Di antara semuanya, rooster yang menurut saya paling seru adalah 2:2. Karyawan terhindar dari bosan karena terlalu lama bekerja di lapangan dan ketika libur dapat memanfaatkannya sesuai dengan keinginan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali