Langsung ke konten utama

Mabuk Kendaraan: Faktor Genetik dan Cara Mengatasinya

 Terkadang saya heran. Pada perjalanan, baik melalui moda transportasi laut, darat ataupun udara, ada orang yang mudah merasa mabuk kendaraan. Tetapi ada juga orang yang bisa bermain ponsel atau bahkan membaca dengan tenang saat kendaraan sedang melaju. Hal ini membuat saya penasaran apakah hal ini dapat dipelajari, atau mungkin sudah bawaan.

Ada sebuah anime yang memiliki tokoh yang diceritakan mudah mengalami mabuk kendaraan (motion sickness). Anime tersebut adalah Fairy Tail karya Hiro Mashima. Sang tokoh utama, Natsu Dragneel, dikenal sebagai penyihir dengan kemampuan mengendalikan api naga. Namun, ada satu sisi Natsu yang selalu menjadi bahan tertawaan rekan-rekannya: ketidakmampuannya untuk berpergian menggunakan kendaraan tanpa mabuk. Baik itu kereta, kapal, atau jenis kendaraan lain, Natsu selalu merasa mual dan pusing. Ironisnya, penyihir yang tangguh ini selalu terjatuh lemas ketika harus berurusan dengan kendaraan.

Kalau di anime, penyebab Natsu menginap motion sickness adalah karena kekuatan naga yang ada dalam dirinya membuatnya tidak dapat terkekang di dalam kendaraan dan menuntutnya untuk selalu bebas seperti naga. Namun, dalam kehidupan nyata pasti penyebab mabuk kendaraan bukanlah karena ada suatu kekuatan tersembunyi dalam diri seseorang. Tetapi pasti ada alasan lainnya.

Natsu yang Mengalami Mabuk Kendaraan

Menurut beberapa penelitian, mabuk kendaraan bukanlah sekedar kondisi psikologis. Ada faktor genetik yang mempengaruhi seseorang untuk mengalami motion sickness (Hromatka et al, 2015). Ini berarti, seseorang yang kerap mabuk kendaraan mungkin mendapatkannya dari garis keturunan keluarganya. Namun, ini bukan berarti jika orang tua mabuk kendaraan, kita pasti akan mewarisi kondisi yang sama, tetapi kemungkinannya menjadi lebih tinggi.

Salah satu solusi yang sering direkomendasikan adalah tidur selama perjalanan. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi dengan tidur, otak kita lebih mudah untuk mengabaikan sinyal yang dikirim oleh sistem vestibular di telinga dalam, yang biasanya menjadi penyebab utama dari motion sickness. Dengan mata tertutup dan tubuh yang rileks, kita bisa mengurangi risiko mual dan pusing selama perjalanan.

Namun, bagi sebagian orang, tidur selama perjalanan mungkin bukan solusi yang mudah. Pada tulisan sebelumnya saya pernah berhipotesis bahwa kemungkinan untuk tidur cepat di mana saja dapat dilatih. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan sering melakukan perjalanan jarak jauh. Lama-lama kemampuan untuk tidur di dalam kendaraan akan terlatih kerena dibutuhkan. Lalu kita juga dapat memilih posisi duduk yang menghadap ke arah perjalanan. Terutama apabila menaiki kereta api kelas ekonomi, duduknya bisa dua arah: yang menghadap ke arah perjalanan atau yang membelakangi arah perjalanan. Maka pilihlah yang menghadap ke depan sehingga tidak merasa mundur. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bantuan alat tambahan seperti penutup mata dan penyumbat telinga atau dengan konsumsi obat seperti Antimo.

Fairy Tail mungkin adalah karya fiksi. Namun kondisi yang dialami oleh Natsu Dragneel dimodelkan berdasarkan kisah nyata. Jika mabuk kendaraan ada kecenderungan diwariskan secara genetik, kemampuan untuk bisa tidur cepat saat di dalam kendaraan sebagai solusinya dapat dilatih.

 

Referensi

Hromatka, Brethann S., Tung, Joyce Y., Kiefer, Amy K., Do, Chuong B., Hinds, David A., Eriksson, Nicholas. 2015. Genetic variants associated with motion sickness point to roles for inner ear development, neurological processes and glucose homeostasis. Human Molecular Genetics, Volume 24, Issue 9, Pages 2700–2708, https://doi.org/10.1093/hmg/ddv028

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali