Langsung ke konten utama

Membagikan Pengetahuan yang Bermanfaat untuk Kemajuan

 Di tengah gempuran anime Isekai yang ceritanya tidak jauh dari pahlaman melawan raja iblis, adalah salah satu anime dengan genre ini yang cukup membawa angin segar. Isekai, yang secara harfiah berarti dunia lain, merupakan jenis cerita yang tokoh utamanya terkirim ke dunia lain, baik melalui reinkarnasi ataupun berpindah dimensi. Plot cerita yang paling umum adalah karakter utama dipanggil ke dunia lain untuk dijadikan pahlawan (hero) yang nantinya akan melawan raja iblis. Anime Isekai Yakkokyu (Parallel World Pharmacy) menawarkan cerita yang berfokus tentang peran apoteker yang menyembuhkan pasiennya.

Mengembangkan Pengetahuan Kesehatan di Abad Pertengahan

Seorang apoteker di bumi wafat karena kelelahan bekerja. Kemudian ia terbangun di tubuh lainnya dan dunia yang asing baginya. Ternyata si apoteker bereinkarnasi di tubuh Farma, seorang apoteker muda dari sebuah keluarga apoteker ternama. Seperti biasa, latar belakang tempatnya adalah medieval fantasy—Eropa di abad pertengahan dengan tambahan bumbu sihir. Di kerajaan tempat Farma bereinkarnasi, ilmu farmasi dan teknologinya belum seperti di dunia asal Farma.

Berbekal pengetahuan farmasi dan kedokteran abad ke-21, Farma mulai mengembangkan bidang kesehataan di tempatnya. Banyak hal yang oleh awam, bahkan tabib kerajaan, belum tahu. Misalnya penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri disenangi di kalangan bangsawan karena efek pemutihan kulitnya yang instan. Padahal penggunaan dalam jangka panjang bisa membahayakan kesehatan penggunany. Setelah meyakinkan ratu penguasa kerajaan, akhirnya ada aturan tentang pelarangan edar kosmetik berbahan merkuri.

Pada kerajaan di dunia baru ini, ada dua golongan apoteker: apoteker untuk golongan elit, serta apoteker masyarakat biasa. Apoteker yang biasa menangani pasien-pasien bangsawan dan keluarga kerajaan memiliki akses terhadap pengetahuan dan riset terbaru di bidang kesehatan. Mereka juga dapat memperoleh bahan baku obat yang relatif langka di pasaran dengan lebih mudah. Hasilnya obat-obat yang diresepkan biasanya lebih manjur.

Apoteker masyarakat biasa akses informasi dan material lebih terbatas. Walaupun mereka menjual jasa dan obat dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi ada obat dan metode perawatan yang tidak efekti. Akibatnya terdapat kasus-kasus penanganan yang salah, hingga menyebabkan kehilangan nyawa. Masalahnya, warga kelas bawah tidak mampu membayar biaya apoteker elit yang harganya selangit. Para apoteker tersebut juga biasanya enggan untuk memberikan perawatan kepada selain golongan bangsawan.

Melihat fenomena ini Farma merasa miris karena di kehidupan sebelumnya ia merasa akses kesehatan sudah terbuka lebar. Semua lapisan masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan dan obat yang sama. Ia berkeinginan untuk membuka toko obat yang dengan harga terjangkau dan bisa diakses oleh semua orang. Ia miliki tekad, “Useful knowledge is ough to share with anyone.”

Isekai Yakkokyu
Farma yang Semangat Berbagi Ilmu Kesehatan

Keinginan Farma ini sempat mendapatkan kecaman dari para apoteker kerajaan. Mereka menuduh bahwa Farma bisa tidak patuh tradisi dan bisa mengancam keutuhan negeri. Alasan lainnya mungkin mereka khawatir akan kehilangan ceruk pasar dengan apotek revolusionernya Farma. Singkat cerita, Farma yang berhasil menyembuhkan sang ratu dari sakit kerasnya, akhirnya mendapatkan dukungan kerajaan dan berhasil membuka apotek impiannya.

Menyebarkan Luaran Penelitian

Saya setuju dengan prinsip Farma yang mendukung untuk penyebaran informasi yang berguna untuk masyarakat luas. Di lingkungan akademik, banyak riset yang dihasilkan oleh peneliti yang hasilnya penting untuk diketahui orang banyak. Sayangnya hasil-hasil penelitian tersebut tidak semuanya dapat diakses dengan terbuka. Ada jurnal yang sifatnya open akses—semua orang dapat membaca kontennya. Namun lebih banyak lagi jurnal yang jika ingin membaca kontennya, kita harus berlangganan dan berbayar.

Sebagai peneliti, salah satu harapan saya setelah melakukan kajian dan mendapatkan hasilnya adalah ingin agar sebanyak-banyaknya orang dapat memperoleh manfaat dari penelitian ini. Saya tidak ingin penelitiannya hanya berakhir di publikasi paper jurnal ilmiah saja, tetapi juga dapat diterapkan langsung. Terlebih kalau risetnya bisa membawa dampak positif bagi orang lain. Amat bahagia rasanya.    

Misalnya ada beberapa penelitian yang dilakukan di Kelompok Keilmuan Manajemen Industri (KKMI) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menggunakan alat eye tracker dalam konteks pemasaran daring. Eye tracker merupakan sebuah alat untuk mendeteksi gerakan pupil pada mata. Data yang dikumpulkan adalah urutan melihat dan durasi melihat suatu stimulus. Menurut teori, gerakan mata akan fokus dan durasinya lebih lama jika melihat objek yang disukai. Hal ini yang menjadi basis penelitian yang menggunakan alat ini.

Beberapa penelitian dengan eye tracker ingin mencari tahu metode pemasaran yang efetif dengan menggunakan media sosial. Ada topik penelitian yang menjawab pertanyaan seperti, “Kalau mau promosi tas perempuan di Instagram baiknya posting yang ditampilkan apakah cukup produknya saja atau ada model yang sedang menggunakan produknya ya?” Ada juga yang membahas, “Kalau mau menampilkan iklan di Facebook, apa saja informasi yang perlu ditampilkan?” Topik lainnya berusaha mencari solusi tentang desain website yang efektif. Harapannya dengan menggunakan desain website yang efektif serta posting promosi yang menarik dapat meningkatkan intensi pembelian produk atau jasa.

Selain dipublikasikan di jurnal ilmuah, hasil penelitian ini juga didiseminasikan kepada masyarakat umum. Penyampaian hasil risetnya berupa seminar, pelatihan dan workshop. Target utama pengguna pengetahuan ini adalah pelaku usaha kecil dan menengah. Sebelum pandemi, kami mengadakan seminar gratis di kampus. Pesertanya biasanya terbatas dari UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di area Bandung dan sekitarnya. Sejak pandemi, seminar dilakukan dalam format daring dan dapat diikuti oleh pemilik bisnis dari seluruh Indonesia.

Diseminasi Hasil Riset Eye Tracker KKMI ITB
Diseminasi Hasil Riset Eye Tracker KKMI ITB

Kesenangan dan rasa puas didapat setelah menjalankan diseminasi riset ini. Apabila hasil penelitian kami dapat berdampak secara langsung dengan membantu teman-teman penggiat usaha untuk meningkatkan penjualannya merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Semangat ini yang menjadi salah satu pendorong untuk terus menjalankan riset yang berkualitas agar hasilnya dapat terus membantu orang lain.

Seperti cerita Farma yang membagikan pengetahuan yang relevan untuk meningkatkan hajat hidup orang banyak, hasil penelitian ilmiah yang bermanfaat bagi khalayak dan tidak rahasia sebaiknya dibuka juga aksesnya. Selain publikasi pada jurnal, salah satu cara lainnya adalah dengan langsung mendiseminasikannya kepada target. Misalnya dalam bentuk seminar dan pelatihan. Dengan demikian, hasil riset yang berguna tidak hanya diketahui peneliti dan segelintir orang yang berkerja di bidang tersebut, tetapi juga dapat berkontribusi bagi masyarakat luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali