Langsung ke konten utama

Menghadapi Kompleksitas Materi dengan Pendekatan Kreatif

Dalam dunia pendidikan, terdapat banyak metode untuk mengajarkan konsep-konsep yang kompleks agar mudah dipahami. Seperti yang digambarkan dalam manga Mairimashita! Iruma-kun, tentang Iruma, seorang manusia yang dijual oleh keluarganya kepada iblis dan akhirnya bersekolah di sekolah iblis. Materi yang diajarkan sungguh asing bagi Iruma; mulai dari sihir, hewan magis, hingga sejarah bangsa iblis. Bagaimana mungkin Iruma dapat memahami materi tersebut?

Pada suatu hari, Iruma tanpa sengaja mengungkapkan rahasianya sebagai manusia kepada Balam-sensei, salah satu guru di sekolahnya. Ia bercerita bagaimana kesulitannya dalam memahami materi pelajaran, terutama tentang sihir, hewan magis, dan sejarah bangsa iblis. Dengan kecerdasan dan empati, Balam-sensei menciptakan pendekatan yang unik untuk Iruma. Guru tersebut membuat buku bergambar yang menjelaskan konsep-konsep pelajaran melalui cerita. Misalnya, untuk menjelaskan tentang jenis-jenis sihir, bukunya menggambarkan tiga tokoh dengan kemampuan sihir yang berbeda yang saling berinteraksi, membantu Iruma untuk memahami konsepnya dengan lebih mudah.

Mairimashita Iruma-kun
Buku Cerita yang Akhirnya Membuat Paham

Tidak hanya Balam-sensei, teman-teman Iruma juga memberikan saran kreatif. Dalam memahami tanaman iblis, seorang teman menyarankan Iruma untuk membuat nyanyian dan tarian. Sementara untuk memahami sejarah iblis, mereka bermain gim yang berbasis pada peristiwa sejarah dan perang di dunia iblis. Pendekatan ini mengubah pembelajaran menjadi sesuatu yang menarik dan mudah diingat.

Mairimashita Iruma-kun
Belajar Sejarah dari Gim

Sebagai pengajar, saya sering menemui materi yang dianggap abstrak oleh mahasiswa. Menggunakan metode interaktif seringkali menjadi solusi. Misalnya, ketika mengajarkan probabilitas dan statistika, alat peraga seperti dadu, kelereng, dan kartu remi dapat menjadi alat bantu yang efektif.

Dadu yang memiliki enam sisi memiliki probabilitas 1/6 untuk setiap angkanya. Untuk menguji teori ini, saya meminta mahasiswa di kelas untuk mengocok dadu dan mencatat hasilnya. Jika mereka hanya mengocoknya enam kali, mungkin hasilnya tidak akan sesuai dengan probabilitas teoritis. Misalnya, angka 1 mungkin keluar dua kali, angka 2 keluar sekali, dan angka 3 muncul tiga kali, sementara angka lainnya tidak muncul sama sekali. Namun, jika pengocokan dilakukan berulang-ulang, hingga ratusan atau ribuan kali, hasilnya akan semakin mendekati probabilitas teoritis 1/6 untuk setiap angka.

Demikian juga saat saya belajar manajemen kontrak di kuliah. Awalnya saya masih belum begitu pemahami tentang bagaimana proses penyusunan dokumen penawaran dan apa saja yang harus dituliskan di dalamnya. Terlebih saya dan peserta kelas lainnya belum pernah mengalami proses tender secara langsung. Pemahaman saya jauh lebih mendalam ketika kami diminta melakukan simulasi antara pembeli dan penjual. Melalui permainan peran, kami dapat menyelami materi dan memahami apa yang harus dicantumkan dalam kontrak.

Pembelajaran yang efektif tidak hanya tergantung pada pemaparan materi, tetapi juga bagaimana materi tersebut disajikan. Metode interaktif, seperti yang diterapkan Balam-sensei atau oleh dosen saya, menjadikan proses pembelajaran jauh lebih menarik dan berkesan. Dengan pendekatan yang tepat, konsep yang abstrak sekalipun menjadi dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali