Langsung ke konten utama

Respek terhadap Logo Ganesha

Ketika berbicara tentang simbol atau ikon, persepsi setiap orang pastilah berbeda-beda. Sebuah simbol yang terlihat biasa bagi sebagian orang mungkin memiliki makna yang mendalam bagi yang lainnya. Ada logo yang sering saya lihat dan tidak bergitu menggetarkan, tetapi bagi teman saya merupakan sesuatu yang diagungkan.

Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) memilih logo Ganesha, dewa dengan wajah gajah, sebagai identitas mereka. Sebagai seseorang yang mendapat pendidikan di kampus tersebut, saya memandang logo ini sebagai lambang kebanggaan. Ganesha adalah dewa ilmu pengetahuan, dan bagi saya logo ini hanya mencerminkan tujuan utama dari institusi pendidikan - untuk mempromosikan dan mengejar ilmu.

Namun, tak semua orang memiliki pandangan yang sama. Beberapa oknum bahkan menganggap penggunaan logo ini sebagai suatu bentuk kesesatan, mengklaim bahwa mendapatkan ilmu di ITB adalah haram dan tanpa keberkahan. Pandangan ekstrem seperti ini sering membuat saya berfikir, betapa setiap simbol bisa memiliki interpretasi yang begitu beragam.

Patung Ganesha di Candi Prambanan
Patung Ganesha di Candi Prambanan

Kejutan terbesar datang dari Tanisha Rawal, teman saya dari India. Kami berdua memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Mandarin di Taiwan. Periode beasiswa yang kami terima dari Kementerian Pendidikan Taiwan terbatas. Saya dapat untuk durasi enam bulan dan Tanisha tiga bulan. Sedangkan kami ingin tinggal lebih lama untuk belajar bahasa. Kebetulan kampus tempat kami belajar, National Taiwan Normal University (NTNU), juga memberikan pendanaan untuk belajar bahasa mandarin. Oleh karena itu kami ingin mendaftar beasiswa kampus. Ketika sedang mengecek dokumen persyaratan, mata Tanisha tertuju pada fotokopi ijazah dan transkrip saya yang memiliki logo Ganesha.

Tak diduga, dengan penuh penghormatan, ia menempelkan keningnya ke lembar fotokopi tersebut. Dengan mata berbinar, Tanisha yang merupakan seorang penganut Hindu, menjelaskan bahwa Ganesha adalah dewa ilmu pengetahuan, lambang kebijaksanaan dan keberuntungan. Bahkan sampai mengatakan bahwa saya beruntung dapat berkuliah di kampus yang dinaungi oleh dewa ini.

Meski tampak sepele, momen itu memberikan saya pelajaran yang mendalam. Terkadang kita melihat sesuatu dengan sudut pandang yang sempit, lupa bahwa dunia ini penuh dengan keragaman dan keunikan. Logo Ganesha, yang bagi saya hanyalah simbol kebanggaan kampus, bagi Tanisha adalah representasi dari dewa yang ia sembah. Itu mengingatkan saya untuk selalu menghargai pandangan dan keyakinan orang lain, meski berbeda dengan pandangan saya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali