Langsung ke konten utama

Mengenalkan Jurusan dengan Kunjungan

Keputusan memilih jurusan kuliah sering kali menjadi krusial dan membingungkan bagi para siswa SMA. Antara ekspektasi dan keraguan, beragam informasi mengenai pilihan jurusan dan universitas membanjiri pikiran mereka. Di tengah kondisi ini, mengenalkan jurusan di kampus kepada siswa dengan cara langsung, seperti melalui kunjungan ke universitas, menjadi sangat penting.      

Beberapa sekolah, baik negeri atau swasta, memiliki program kunjungan belajar (study tour) yang mengunjung kampus-kampus favorit di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Program ini sangat baik, karena selain mengenalkan jurusan juga memberikan kesempatan berkunjung langsung ke lingkungan kampus. Para siswa SMA bisa memvisualisasikan bagaimana mereka apabila sudah diterima di jurusan dan kampus impiannya.

Kunjungan Sekolah ke ITB
Kunjungan Sekolah ke Teknik Industri & Manajemen Rekayasa ITB

Sayangnya, SMA saya di Bandung tidak pernah mengajakan kunjungan langsung ke kampus. Namun, sebagai kompensasi pihak sekolah mengadakan acara LAJUR MISI, singkatan dari PengenaLAn JURusan dan seMInar motivaSI. Program ini mengundang alumni dari berbagai jurusan di perguruan tinggi untuk memberikan penjelasan dan memotivasi siswa melalui seminar dan pameran. . Mereka membuka stand dan ada juga seminar pengenalan jurusan, tips kuliah, informasi beasiswa, kampus, dan lainnya.

Saya mengenal jurusan saya ketika kuliah, Manajemen Rekayasa Industri (MRI), salah satunya karena LAJUR MISI. Ketika sesi seminar, ada Kang Ghiffi (Ghifary Fadiamanto) yang ketika itu merupakan mahasiswa jurusan MRI angkatan pertama. Ia bercerita tentang MRI yang belajar tentang inovasi, pengembangan produk, dan manajemen proyek. Mendengar keseruan hal yang dipelajari, akhirnya ketika seleksi masuk perguruan tinggi saya memilih Fakultas Teknologi Industri (FTI) agar dapat masuk ke jurusan MRI.

Cukup banyak sekolah yang berkunjung ke jurusan Teknik Industri (TI) dan Manajemen Rekayasa (MR) di ITB. Ada beberapa hal menarik yang saya jumpai ketika menerima kunjungan sekolah. Salah satunya adalah menggunakan istilah-istilah yang belum tentu dipahami anak SMA ketika bercerita.

Ketika membicarakan hal teknis jurusan seperti Teknik Industri kepada siswa SMA, sering kali kita bertemu dengan istilah-istilah yang terasa asing bagi mereka, seperti bottle neck, root cause, atau quality control. Hal ini sudah biasa diucapkan di perkuliahan, jadi sudah terasa natural penggunaannya dalam percakapan sehari-hari bagi mahasiswa. Padahal telinga anak SMA mungkin baru pertama kali mendengarnya.

 Oleh karena itu, penting bagi kami, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa, untuk menyampaikan informasi dengan bahasa yang sederhana namun tetap informatif. Pengalaman menunjukkan bahwa informasi cenderung lebih mudah diterima ketika disampaikan oleh mahasiswa. Pasalnya, adanya kedekatan usia membuat bahasa dan gaya komunikasi menjadi lebih relatable dan dapat dipahami dengan baik oleh siswa SMA.

Pemateri dari SMA juga membuat sesi tanya jawab terasa tanpa jarak. Tak jarang, sesi tanya jawab mengenai kehidupan kampus menjadi sangat interaktif. Tapi terkadang ada siswa yang bingung ketika dijelaskan kehidupan mahasiswa. Ada yang pernah bertanya, “Kok bisa jadwal kuliah ada yang mulai jam 7-9 pagi terus lanjut jam 3-5 sore? Di tengah-tengahnya ngapain aja?”

Kunjungan Sekolah ke ITB
Penjelasan Tentang Jurusan oleh Mahasiswa

Pernah ada kunjungan dari SMA Labschool Kebayoran. Mahasiswa yang menerima kunjungan adalah alumni dari SMA “Labsky” ini. Mereka juga senang karena bisa cerita ke adik-adik kelas dan memotivasi mereka untuk bisa melanjutkan studi ke kampus tempat berkunjungnya ini. Apalagi mereka bisa bertemu guru yang menemani kunjungan.

Saya juga menemukan bahwa tur kampus menjadi salah satu segmen yang efektif untuk menarik minat siswa. Ketika mereka diperkenalkan dengan bangunan-bangunan dan fitur unik yang ada di kampus ITB Ganesha, kami melihat antusiasme dan rasa ingin tahu mereka yang tinggi. Misalnya banyak yang terkesima dengan kolam di Plaza Widya yang menampilkan not lagu Indonesia Raya pada musik boks, titik gaung, dan pantuan double helix di Labtek Biru.  Jadi walau surat permohonan kunjungan hanya ditujukan untuk jurusan atau fakultas, jangan langsung masuk di ruang seminar jurusan untuk mendengarkan penjelasan. Ajak dulu mengelilingi kampus.                        

Orang tua dan guru yang mendampingi kunjungan pun tentunya memiliki kepentingan dan perhatian yang berbeda. Mereka lebih fokus bertanya mengenai aspek-aspek formal dan teknis seperti biaya kuliah, fasilitas, dan ekstrakurikuler yang ada di universitas. Keberagaman informasi ini perlu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan informasi seluruh pihak yang hadir.

Kunjungan Labschool Kebayoran ke ITB
Penjelasan Jurusan Langsung oleh Alumni Sekolah. Sumber: Dokumentasi Labschool Kebayoran

Namun, sayangnya kunjungan ini terbatas dan biasanya hanya mencakup beberapa jurusan atau fakultas. Sebagai solusi, ITB biasanya mengadakan Open House pendidikan yang menjadi ajang pameran seluruh jurusan. Sehingga siswa dan orang tua bisa mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai seluruh opsi yang tersedia.

Kunjungan ke kampus dan program-program seperti LAJUR MISI dan Open House secara keseluruhan membantu menjembatani gap informasi antara calon mahasiswa dan universitas. Calon mahasiswa dan orang tua perlu memanfaatkan kesempatan ini. Pihak kampus perlu terus berinovasi dan mencari metode-metode baru untuk menyampaikan informasi dan motivasi kepada generasi penerus bangsa ini, agar mereka dapat memilih jurusan dan universitas yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali